Tips Mengatur Pengeluaran di Hari Raya

Menjelang Hari Raya, tentunya pos pengeluaran kita akan melonjak tinggi, terutama dengan kenaikan harga-harga barang pokok di pasaran. Dalam situasi seperti itu sering kali kita terjebak dalam kondisi ketidaksiapan keuangan. Pinjaman pun akhirnya dijadikan salah satu cara mengatasi problem atau dengan penggunaan kartu kredit untuk pembelanjaan ekstra tersebut. Bahkan harus membobol tabungan yang telah susah payah kita sisihkan tiap bulannya.

Sebenarnya, hal itu tidak perlu terjadi apabila kita pandai merencanakan keuangan. Tentu saja dengan kedisiplinan dan kesadaran penuh untuk berkomitmen melakukan pembelanjaan sesuai dengan budget. Pengaturan anggaran di Hari Raya bisa disesuaikan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasa kita terima setahun sekali menjelang Hari Raya dari perusahaan tempat kita bekerja.

tips-mengatur-pengeluaran.jpg

THR sebaiknya digunakan untuk membayar cicilan hutang dan menabungkannya. Namun pada prakteknya, hal ini amat sulit dilakukan karena keinginan untuk berbelanja di Hari Raya merupakan satu hal yang sangat sulit dihindari. Tetapi taktik belanja pintar sesuai rencana perlu tetap harus diterapkan. Berikut tipsnya!

  • Buatlah list prioritas kebutuhan atau pos wajib pengeluaran. Seperti belanja kebutuhan pokok, zakat, membayarkan THR orang-orang yang bekerja dalam keluarga seperti pembantu, supir, dan babysitter.
  • Pos pengeluaran tidak wajib. Salurkan amal berupa infak dan sedekah bagi kaum tidak mampu. Sediakan uang, jika kita mempunyai tradisi membagi uang amplop.
  • Pos belanja ekstra. Siapkan pengeluaran untuk penganan tambahan. Perhitungkan jumlah tamu yang akan datang atau siapkan jika kita ingin membawa hantaran saat bersilaturahmi. Setelah itu, pengeluaran untuk membeli pakaian. Jika mencukupi, kita bisa membeli barang alat elektronik atau sofa yang perlu diganti.
  • Anggaran tidak terduga. Ada baiknya jumlah THR disisihkan karena kita tidak pernah tahu jika terjadi biaya tak terduga. Jika tidak terpakai bisa ditabungkan.

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Apabila penggunaan kartu kredit tidak bisa dihindarkan, maka kita perlu menggunakannya dengan bijak. Tips penggunaan kartu kredit secara bijak di Hari Raya :

  1. Disiplin menggunakannya. Tetap anggarkan pengeluaran kartu kredit ibarat menggunakan uang tunai, tapi dengan kelebihan tenggat.
  2. Tidak mengambil uang tunai melalui ATM karena selain bunganya yang lebih besar, beban biaya, dan penerapan perhitungan bunganya langsung. Kecuali benar-benar darurat.
  3. Jangan memakai cek yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbit kartu kredit. Penggunaan cek ini sama halnya dengan menarik uang kontan memakai kartu kredit. Ada biaya transaksi dan suku bunga tinggi.