Tips Memilih Menu Makanan untuk Pesta Pernikahan

Anda perlu tips memilih menu makanan untuk pesta pernikahan? Faktanya anggaran untuk penyediaan makanan mengambil porsi yang paling besar ketika Anda akan menyelenggarakan pesta pernikahan. Buatlah semua tamu merasa senang dengan makanan-makanan yang Anda sajikan. Bagaimana pun tujuan Anda mengadakan pesta pernikahan tersebut untuk berbagai kebahagiaan kan? Jadi Anda tidak boleh mengecewakan mereka dengan memilih menu yang salah. Pastikan menu yang Anda sediakan benar-benar istimewa.

Namun bukan berarti Anda harus memilih menu makanan yang berharga mahal untuk pesta pernikahan ya. Kunci utama makanan yang cocok untuk acara pesta adalah kelezatan makanan serta penampilannya. Anda harus memperhatikan betul kedua faktor ini sebab berpengaruh besar terhadap citra yang dirasakan oleh para tamu. Sebisa mungkin pastikan semua makanan yang tersaji memiliki cita rasa yang super lezat. Kemudian sajikanlah makanan-makanan tersebut seindah mungkin layaknya penyajian dalam hotel bintang lima.

tips-memilih-menu-makanan.jpg

Selain dua tips di atas, kami masih mempunyai tips-tips yang lain supaya Anda tidak salah pilih menu makanan buat pesta pernikahan.

Menu yang Disukai Banyak Orang

Tahan sejenak keinginan Anda untuk menggunakan menu yang unik, aneh, dan tidak biasa untuk pesta pernikahan. Jangan pakai menu-menu tersebut karena pasti akan ada banyak orang yang tidak sependapat dengan Anda. Khusus untuk acara pernikahan, Anda sebaiknya memilih menu makanan yang umum, dikenal luas, dan banyak orang yang menyukainya. Pilihlah makanan-makanan yang biasa dijual di rumah makan atau restoran. Menu-menu makanan tersebut pasti akan disukai oleh para tamu Anda.

Menu yang Praktis dan Tidak Merepotkan

Menu untuk pesta pernikahan sebaiknya juga harus bersifat praktis dan tidak merepotkan. Menu makanan tersebut bisa dinikmati di alam suasana yang santai dan hangat. Hindari menyediakan menu berupa ikan atau iga sapi karena para tamu akan kerepotan saat memakannya. Hindari pula menu-menu yang dapat merusak dandanan khususnya lipstik. Begitu juga dengan menu yang berbau tajam atau rasanya terlalu pedas wajib dihindari.

Menu yang Sesuai Tema Pernikahan

Tidak masalah apakah Anda mengusung tema tradisional atau internasional dalam membuat pesta pernikahan, sebaiknya menu makanan yang tersedia harus sesuai dengan tema acara tersebut. Misalnya jika Anda menggelar acara pernikahan dengan tema adat istiadat Jawa, maka semua menu yang tersaji pun harus berupa masakan khas Jawa. Begitu pula jika Anda mengangkat tema internasional, pilihlah makanan khas dari negara tersebut. Namun Anda harus memastikan bahwa makanan-makanan ini disukai oleh banyak orang.

Menu dari Daerah Asal Mempelai

Bila Anda masih merasa bingung mau memilih menu apa buat pesta pernikahan nanti, langsung pilih saja masakan-masakan khas dari daerah Anda dan pasangan. Ini merupakan pilihan yang paling aman. Makanan-makanan tersebut pasti cocok dengan Anda berdua dan diterima baik oleh para tamu yang hadir. Mulailah melihat-lihat kembali kira-kira hidangan khas apa yang paling pas disajikan untuk pesta pernikahan. Lalu buatlah versi yang lebih elegan dari hidangan tersebut untuk mengangkat nilainya.

Menu yang Beraneka Ragam

Ingat loh jumlah tamu yang akan hadir di pesta pernikahan Anda ada banyak sekali. Pasti masing-masing dari tamu tersebut mempunyai selera tersendiri soal makanan. Tugas Anda adalah memastikan makanan yang disajikan bisa dinikmati dengan baik oleh tamu tersebut dan memberikan kesan positif. Karena Anda tidak mungkin bertanya satu per satu tentang menu makanan kesukaannya, Anda harus menyediakan pilihan menu yang bervariasi. Untuk amannya, minimal Anda harus menyediakan 8-10 jenis masakan yang berbeda-beda.

Menu yang Porsinya Cukup Banyak

Percayalah, Anda lebih baik menyediakan menu yang porsinya kebanyakan daripada Anda menyiapkan menu yang pas tapi akhirnya malah kekurangan. Jika ada menu yang tersisa, Anda masih bisa membagi-bagikannya kepada saudara sekitar dan seluruh orang yang bertugas membantu kelancaran pesta pernikahan Anda berdua. Makanan-makanan tersebut dijamin tidak akan mubazir. Sedangkan bila sampai kekurangan menu makanan, tamu Anda pasti akan merasa sangat kecewa sebab hanya disuguhi air mineral. Akhirnya Anda berdua selaku tuan rumah lah yang akan merasa malu bukan main.