Tips Memilih Jasa Wedding Organizer yang Tepat

Suksesnya sebuah acara pernikahan sangat tergantung pada bagaimana wedding organizer bekerja. Pekerjaan mengelola wedding event bukan pekerjaan yang mudah dan sederhana. Karena di dalamnya mengandung unsur seni dan manajemen yang keduanya saling terkait. Seni di sini merupakan imajinasi dari para wedding planner yang direalisasikan dalam bentuk party event tersebut. Banyak para wedding planner membuat tema-tema tertentu dalam acara pesta pernikahan. Sedangkan manajemen dibutuhkan untuk mewujudkan acara secara teliti dan rapi.

Tema adalah sesuatu yang sangat penting. Untuk menentukan tema biasanya, para penyedia jasa wedding organizer mengadakan brain storming atau diskusi dengan klien. Pada dasarnya tema apa yang akan dipakai dalam acara pernikahan sangat tergantung dengan klien. Klien akan memilih tema apa yang mereka inginkan. Event organizer di sini berfungsi untuk memberikan solusi. Mereka selalu berusaha memperluas wawasannya sehingga ide-ide yang muncul untuk sebuah acara wedding sanggup memberikan kepuasan bagi pengantin dan para tamu.

tips-memilih-wedding-organizer.jpg

Namun dalam menyelenggarakan acara wedding, masih ada hal-hal yang tak kalah penting dari tema. Consulting, planning, and directing adalah kerangka kerja dalam sebuah penyelenggaraan acara. Consulting di sini menyangkut undangan, menu makanan, dan rekomendasi untuk dekorasi. Sementara planning menyangkut schedule dan random event. Sedangkan directing adalah pelaksanaan acara, baik pra resepsi maupun resepsinya.

Untuk persiapan acaranya diperlukan waktu hingga 5 bulan. Untuk dekorasinya, unsur-unsur yang identik dengan tema harus mendominasi dekorasi. Oleh karena itu, dalam menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan, sebuah kesepakatan keluarga dalam memilih vendor sangat dibutuhkan. Vendor-vendor ini menyangkut catering, hiburan, dan undangan.

Sedangkan ruang lingkup wedding organizer adalah merancang tema yang diinginkan kedua mempelai, mencari tempat untuk resepsi pernikahan, merancang dekorasi, mencari catering, mencari musik atau entertainment, mencari MC yang tepat, mencari penata rias dan gaun pengantin yang sesuai, fotografer, serta kelengkapan lainnya. Semua ini adalah tugas dari wedding organizer yang harus diorganisir secara rapi.