Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Paling Tepat

Anda butuh tips dalam memilih cincin pernikahan? Sudah menjadi sebuah tradisi pada saat menikah, kita akan memakaikan cincin kepada pasangan. Cincin tersebut merupakan simbol bahwa kita telah mengikatkan janji kesetiaan untuk sehidup dan semati dengannya. Secara fisik, wujud cincin pernikahan memang layaknya cincin pada umumnya. Tetapi di dalam cincin pernikahan tersebut terkandung makna yang teramat dalam.

Oleh karena itu, cincin pernikahan wajib dipilih secara matang. Cincin ini menjadi satu-satunya barang yang mengukuhkan kisah cinta Anda dan pasangan. Anda akan terus mengenakannya di hari-hari mendatang. Cincin itu juga akan diperlihatkan kepada anak dan cucu Anda kelak bagaimana perjalanan Anda dan pasangan akhirnya berbuah manis sampai ke pelaminan. Pastikan Anda mendapatkan cincin yang mampu mewakili itu semua.

tips-memilih-cincin-pernikahan.jpg

Pilihan cincin yang dibeli tentunya akan berpengaruh besar terhadap daya tarik cincin tersebut ketika Anda dan pasangan mengenakannya.

  1. Diskusikan Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mengajak pasangan pergi ke toko perhiasan untuk membeli cincin pernikahan, alangkah baiknya Anda mendiskusikannya terlebih dahulu di rumah. Jangan bersikap egois. Pastikan cincin tersebut sesuai dengan hati Anda berdua. Bicarakanlah baik-baik tentang bahan baku cincin, bentuk modelnya, ada ornamen atau tidak, serta beberapa pertimbangan yang lain.

  1. Siapkan Waktu yang Cukup

Cincin pernikahan merupakan barang yang sangat berharga karena di dalamnya terkandung janji kesetiaan sehidup semati Anda dan pasangan. Usahakan sediakan waktu 2-3 bulan sebelum tanggal pernikahan untuk Anda memilih cincin tersebut. Hal ini membuat Anda bisa mendapatkan pilihan cincin yang begitu banyak dan paling pas. Anda juga bisa mendapatkan harga yang miring bila jeli.

  1. Tidak Masalah Berbeda

Anda mungkin memiliki selera yang berbeda soal pemilihan cincin pernikahan. Hal tersebut sangatlah wajar dan semua orang mengalaminya. Yang penting adalah Anda bisa menyelesaikan ketidakcocokan tersebut dengan baik. Jangan khawatir dengan perbedaan tersebut. Anda masih bisa menyiasatinya dengan memesan cincin custom yang memadukan ide Anda berdua. Kini cincin Anda pun menjadi semakin spesial.

  1. Tetapkan Besar Anggaran

Anda harus bersikap rasional dalam memilih cincin pernikahan. Saran kami adalah anggaran untuk membeli cincin tersebut tidak boleh lebih dari 3 persen dari total budget pernikahan Anda. Jika Anda terlalu banyak menggunakan uang untuk membeli cincin, maka dikhawatirkan anggaran untuk keperluan acara yang lain malah harus dikurangi. Hindari menghiasi cincin tersebut dengan ornamen-ornamen yang tidak perlu.

  1. Pastikan Terasa Nyaman

Setelah resmi menikah nanti, Anda akan menggunakan cincin pernikahan setiap hari. Jadi pastikan Anda mengutamakan kenyamanan dan keseusaian cincin tersebut dengan gaya hidup Anda. Cincin nikah yang dipenuhi ornamen rumit dan berharga mahal tidak ada gunanya bila jari Anda sering merasa sakit ketika mengenakannya. Di sisi lain cincin dari logam solid tanpa hiasan permata terasa nyaman dipakai di berbagai kesempatan.