Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Cocok

Memilih cincin sebagai lambang pengikat cinta dan janji setia antara dua insan dalam satu ikatan perkawinan kadang bukan suatu hal yang mudah bagi banyak pasangan. Selain model yang terus berkembang dan variatif, bahan dan batu yang menghias cincin juga banyak rupanya.

Harus ada chemistry-nya. Begitu pendapat sebagian pasangan akan cincin yang dipilih untuk merepresentasikan komitmen sehidup semati, sampai maut memisahkan. Seperti filosofinya yang melambangkan keabadian karena bentuknya yang melingkar, cincin kawin diibaratkan sebagai tanda cinta dan kesetiaan dari ikatan yang tidak bisa diputus.

Selam ribuan tahun, cincin dipercaya sebagai simbol kepercayaan, tradisi, dan bagian hal yang tak terpisahkan dari pernikahan. Menurut tradisi Romawi Kuno, pemberian cincin yang merupakan lambang siklus kehidupan dan keabadian adalah upaya menghormati hubungan perkawinan antara pria dan wanita.

tips-memilih-cincin-pernikahan.jpg

Sejak abad ke-15, berlian sudah digunakan sebagai batu yang menghiasi cincin perkawinan bagi raja dan ratu di Benua Eropa. Kekuatan dan kemilaunya yang tidak tertandingi, ditambah filosofi cincin menjadikan keduanya paduan sempurna untuk simbol ikatan perkawinan yang harmonis. Berlian merupakan representasi sempurna akan cinta yang abadi untuk pengikat dua insan dalam satu ikatan suci perkawinan.

Jika dulunya cincin kawin hanya berupa ring besi belaka, kini sematan berlian pada ring platina atau emas putih lebih dipilih sebagai bagian dari gaya hidup dan budaya modern. Kalau berlian akan terlihat lebih mencolok ketika digunakan pada ring emas berwarna putih dibandingkan dengan emas yang warnanya kuning.

Walaupun berlian memiliki warna lain seperti pink, merah, dan biru, namun berlian dengan warna putih jernih tetap menjadi pilihan utama banyak pasangan. Bisa jadi karena berlian berwarna lain juga lebih jarang dan mahal. Selain itu, ada pula yang menyematkan batu mulia lain seperti rubi yang melambangkan cinta yang agung atau zamrud yang penuh akan harapan di masa datang.

Umumnya semakin rumit desainnya maka semakin mahal pula harganya. Namun kini banyak toko perhiasan yang menyediakan cincin berpasangan dengan segala ukuran yang bervariasi. Tinggal pilih, sesuaikan dengan budget, dan ukuran pun bisa diselaraskan. Begitu pula dengan pemilihan set perhiasan untuk seserahan. Satu set biasanya berupa gelang, kalung, dan anting yang senada.

Akhirnya, semua berpulang pada pilihan dan selera masing-masing pasangan. Cincin hanya simbol cinta yang akan kehilangan makna jika kesetiaan dan komitmen tidak dijaga. Harta dan kecantikan bisa sirna, tetapi cinta yang setia akan selalu abadi sepanjang masa. Semoga Anda dan pasangan menjadi keluarga yang sangat bahagia.