Tips Membeli Oleh-oleh di Tempat Wisata

Akhir pekan merupakan waktu yang paling tepat untuk pergi berwisata. Anda bisa menikmati kesempatan berkumpul bersama dengan keluarga tercinta dan menjalin hubungan yang lebih mendalam. Cobalah pergi jalan-jalan ke suatu objek wisata. Nikmati suasana yang ada. Anda bisa bersenang-senang serta menikmati keindahan dunia. Bukan menghambur-hamburkan uang sebab di sini kita pun akan merasakan manfaat dari pergi berwisata. Di antaranya pikiran menjadi lebih segar, perasaan menjadi bahagia, dan produktivitas akan semakin tinggi.

Setiap kali pergi ke suatu tempat, jangan lupa Anda membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Faktanya setiap daerah pasti memiliki souvenir yang khas dan bersifat unik. Hanya di daerah ini saja yang mempunyai souvenir tersebut. Ragam souvenir yang dimaksud mencakup makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Membeli souvenir di tempat wisata ketika pergi liburan akan membuat pengalaman jalan-jalan menjadi semakin berkesan. Kita juga bisa menambah ilmu dan wawasan akan khasanah budaya daerah tersebut melalui souvenir yang ada.

tips-membeli-souvenir.jpg

Tapi Anda harus bijaksana dalam membeli souvenir di tempat wisata. Sebab kenyataannya tak sedikit penjual di tempat wisata yang memasang harga produk jauh lebih mahal kepada para turis. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan kita terhadap harga asli produk tersebut. Sehingga meskipun harga produk tadi sebenarnya sangat mahal, tapi karena Anda tidak mengetahuinya, maka Anda akan tetap membelinya. Padahal jika Anda memiliki siasat yang lebih cerdik, Anda bisa mendapatkan produk-produk ini dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Yuk, ikuti kiat-kiat di bawah ini untuk mendapatkan oleh-oleh dengan harga yang miring ketika Anda bepergian ke suatu objek wisata!

Membawa Bekal dari Rumah

Catatan khusus bagi Anda yang ingin pergi berwisata, biasakanlah untuk membawa bekal dari rumah. Bekal ini berisi makanan dan minuman pokok yang akan kita nikmati di tempat wisata. Seharusnya Anda tidak memasukkan bekal ke dalam anggaran belanja wisata. Penyebabnya tak lain karena harga makanan dan minuman di tempat wisata umumnya mahal. Selain itu, rasanya pun mengecewakan. Tidak selezat ketika Anda membelinya di rumah makan atau restoran yang memang spesial menyajikan makanan/minuman tersebut.

membeli-makanan-tradisional.jpg

Membeli Makanan/Minuman di Minimarket

Jika Anda lupa membawa bekal berupa makanan dan minuman, segera carilah minimarket terdekat sesaat sebelum Anda memasuki objek wisata. Anda tidak perlu khawatir membeli berbagai makanan atau minuman di minimarket sebab harganya masih wajar. Berbeda dengan membelinya di pedagang asongan atau warung-warung di dalam tempat wisata, harga produk-produk makanan/minuman bisa naik berkali-kali lipat.

Belanja Kerajinan di Ujung Pintu Keluar

Tempat wisata selalu ramai oleh pedagang yang menjual berbagai produk. Ada makanan tradisional, minuman yang menyegarkan, sampai kerajinan tangan yang begitu unik. Khusus bagi Anda yang ingin membeli produk kerajinan, kami sarankan jangan langsung membelinya di pintu masuk atau pintu keluar. Mengapa? Sebab pembeli di area ini ada banyak sehingga penjual masih merasa bebas untuk menaikkan harga. Kami sarankan carilah lapak di ujung pintu keluar yang biasanya sepi pembeli. Anda bisa lebih bebas menawar harga di sini.

Hindari Jajan Makanan/Minuman di Kompleks

Kami ingatkan sekali lagi untuk tidak membeli makanan atau minuman di kompleks wisata. Sudah menjadi rahasia umum kalau harga produk-produk di tempat ini bisa sangat mahal. Tak tanggung-tanggung, penjual bahkan bisa menaikkan harga produknya sampai 30-50 persen dari harga normal. Apalagi kalau produk tersebut bersifat unik dan pembeli tidak tahu harga normalnya. Kami sarankan belilah makanan dan minuman di luar kompleks objek wisata. Selain lebih murah, rasa makanan/minuman tersebut pasti lebih lezat.

Beli Masakan Khas di Warung Pinggir Jalan

Kurang afdol rasanya apabila kita bepergian ke luar daerah tetapi tidak merasakan makanan atau minuman tradisionalnya. Lumayan kan Anda bisa menambah wawasan tentang kuliner setelah menikmati makanan/minuman tersebut. Adapun tempat terbaik untuk membeli kuliner tradisional khas suatu daerah adalah warung makan pinggir jalan. Di sini Anda akan menemukan makanan dan minuman yang benar-benar otentik khas daerah tersebut. Harganya pun dijamin miring jika dibandingkan membelinya di tempat wisata.

Dapatkan Jajanan di Pasar Tradisional

Sementara itu, kalau Anda ingin mendapatkan jajanan tradisional khas suatu daerah, Anda bisa membelinya di pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan tempat terbaik untuk mengenal daerah lain secara mendalam. Di pasar ini, Anda akan menemukan semua yang unik dan sudah menjadi kekhasan dari daerah tersebut. Ada begitu banyak jajanan tradisional yang tersedia di sini. Dari mulai jajanan zaman dahulu yang masih otentik sampai dengan jajanan yang unik dan sudah dimodifikasi dengan jajanan lainnya.