Tips Berbelanja Souvenir Khas Jogja di Malioboro

Kota Jogja memang tidak pernah ada matinya. Selalu ada sesuatu yang baru setiap kali kita berkunjung ke kota ini. Mulai dari kebudayaannya, makanannya, sampai keramahan orang-orangnya sungguh menarik di hati. Kota Jogja memang istimewa. Sehingga kita tidak akan merasa bosan untuk terus pergi ke Jogja. Begitu pula dengan souvenir yang tersedia di sini begitu unik, bermacam-macam, serta dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Pusat souvenir di Kota Jogja di mana lagi kalau bukan di Malioboro. Malioboro bisa diibaratkan sebagai Jogja dalam ukuran yang lebih kecil. Segala sesuatu yang menarik di Kota Jogja dapat ditemukan di sini. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk mendapatkan souvenir khas Jogja. Sebab semuanya sudah tersedia di Malioboro. Kuliner yang lezat, pernik-pernik yang unik, kerajinan tradisional, alat musik, buku yang menarik, dan lain-lain tersedia di sini.

souvenir-di-malioboro-jogja.jpg

Selain banyaknya ragam souvenir yang tersedia, Malioboro juga menyediakan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Seharusnya Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk memborong semua souvenir di sini. Sebab produk souvenir di Malioboro memang murah meriah. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini agar bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di Malioboro .

Buat Daftar Produk yang Ingin Dibeli

Pokoknya wajib banget deh membawa selembar catatan yang berisi daftar barang-barang yang ingin Anda beli saat mengunjungi Malioboro. Mengapa? Sebab Malioboro mempunyai koleksi berbagai barang menarik yang jumlahnya banyak sekali. Kami jamin Anda pasti akan langsung mengalami lapar mata begitu tiba di sini. Semua produk yang dijual siap menggoda mata dan keimanan Anda untuk segera membelinya. Namun bila Anda menuruti nafsu ini, dompet Anda bisa jebol. Jadi siapkan sebuah catatan kecil sejak dari rumah.

Jangan Sungkan Menawar Harga

Sudah menjadi tradisi umum di Malioboro bahwa proses jual beli di sini masih mengusung konsep tradisional. Artinya harga produk di sini bukan harga yang mati, melainkan harga hidup sehingga boleh ditawar. Jangan pernah merasa sungkan, malu, atau kasihan ketika menawar harga produk. Karena memang sudah lumrahnya setiap orang yang berbelanja di Malioboro pasti akan melakukan penawaran harga. Bahkan kalau memungkinkan, Anda dapat menawar harga sampai 50% dari harga yang disebutkan penjual.

Bersikap Seperti Warga Asli Jogja

Percaya atau tidak, penjual souvenir biasanya akan mematok harga lebih mahal kepada para turis, terutama turis mancanegara. Para turis yang sedang berwisata ini menjadi peluang emas bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Sebab para turis memang biasanya buta harga alias tidak mengetahui harga asli dari produk tersebut. Jangan sampai Anda juga menjadi korban dari para penjual nakal ini. Salah satu triknya yaitu berpakaian lah ala masyarakat Jogja. Kalau bisa, Anda juga sebaiknya memakai bahasa jawa saat mengobrol dengan pedagang.

Berdandan Secara Sederhana

Sebisa mungkin berdandan dengan riasan yang sederhana. Jangan pernah terlihat mencolok. Apalagi berdandan secara berlebihan dengan memakai banyak perhiasan. Selain bisa menjadi target para perampok dan penjambret, para pedagang nakal juga biasanya akan mematok produknya dengan harga tinggi kalau Anda mencoba bertanya. Sebab mereka sudah tahu kalau Anda mempunyai banyak uang. Jadi sejak dari rumah cobalah tampil dengan dandandan yang sesederhana mungkin.

Berakting Seolah-olah Tidak Butuh

Semakin Anda menginginkan suatu produk, maka semakin sulit pula Anda bisa membujuk penjual supaya mau menurunkan harganya. Penjual biasanya dapat mengetahui seberapa besar minat Anda terhadap suatu produk dari mimik muka, gelagat, dan percakapan yang Anda lontarkan. Trik biar Anda lebih mudah mendapatkan souvenir dengan harga yang murah yaitu bersikap lah seolah-olah Anda tidak tertarik atau tidak membutuhkan barang tersebut. Kalau penjual tidak mau menerima tawaran Anda, segera tinggalkan saja. Biasanya dia akan memanggil Anda lagi.

Jangan Hanya Satu Penjual Saja

Ketika Anda mencoba menawar harga dari suatu produk souvenir, lalu penjual mengajukan harga baru yang Anda pikir masih cukup mahal, maka Anda tidak perlu ambil pusing atau bingung menyikapinya. Langsung saja tolak tawaran harga penjual tersebut secara halus, lalu cari produk yang serupa di penjual lainnya. Ada begitu banyak jumlah penjual di Malioboro. Biasanya suatu produk tersedia di lebih dari 10 penjual. Kalau Anda gagal mendapatkan harga yang murah di salah satu penjual, Anda bisa mencoba menawarnya lagi di penjual yang lain.