Souvenir Khas Candi Borobudur buat Orang di Rumah

Candi Borobudur yang ada di Kabupaten Magelang adalah salah satu bukti betapa hebatnya nenek moyang Bangsa Indonesia pada zaman dahulu kala. Dibangun pada Wangsa Syailendra oleh Gunadharma, Candi Borobudur merupakan bangunan tua yang sungguh menakjubkan. Desainnya pun indah sekali dengan berjuta makna tersirat yang terkandung di dalamnya. Bahkan dunia pun mengakui keindahan Candi Borobudur.

Setelah puas berjalan-jalan di Candi Borobudur, kini waktunya bagi Anda untuk berburu oleh-oleh. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh yang dapat dibeli di sini. Mulai dari cenderamata, souvenir, kerajinan tangan, pernak-pernik, sampai barang-barang tradisional pun ada di sini. Tidak sulit menemukan tempat di mana membeli oleh-oleh khas Candi Borobudur. Sebab di kompleks wisata ini juga sudah dilengkapi pasar tradisional khusus untuk souvenir. Selain itu, Anda juga bisa membelinya dari pedagang asongan.

Macam-macam souvenir yang bisa Anda dapatkan di Taman Wisata Candi Borobudur antara lain :

Miniatur

souvenir-khas-borobudur.jpg

Miniatur Candi Borobudur merupakan oleh-oleh yang paling dicari oleh turis kalau berkunjung ke sini. Miniatur berbentuk bangunan Candi Borobudur dengan ukuran yang kecil ini tentu akan membuat pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selain itu, di sini juga Anda bisa memperoleh miniatur lainnya seperti arca, relief, dan stupa dalam ukuran mini. Ada juga loh miniatur alat transportasi tradisional seperti sepeda, becak, dan delman. Bedanya kalau miniatur candi terbuat dari batu, miniatur kendaraan ini dibuat memakai tembaga.

Gantungan Kunci

souvenir-gantungan-kunci-borobudur.jpg

Sama seperti tempat wisata yang lainnya, di Candi Borobudur, Anda juga bisa mendapatkan gantungan kunci yang sangat khas. Bagi Anda yang hobi mengoleksi gantungan kunci, barang yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ada banyak sekali pilihan model gantungan kunci yang bisa Anda beli di sini. Mulai dari gantungan kunci berbentuk Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan candi-candi lainnya serta arca dan stupa. Kalau mau yang unik, Anda bisa memilih gantungan kunci yang berisi kata-kata mutiara khas Suku Jawa.

Tirai Bambu

tirai-bambu-candi-borobudur.jpg

Tirai bambu tidak hanya ada di China loh. Masyarakat Jawa sudah lama mengetahui tirai dari bahan bambu, bahkan sebelum adanya tirai dari bahan kain. Tirai ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun dengan rapi sehingga membentuk papan yang utuh. Kemudian di bagian permukaannya dihiasi dengan gambar tertentu. Kalau di Borobudur, tirai bambu dengan gambar Candi Borobudur dan tanaman di sekitarnya tentu yang paling laris dibeli oleh turis. Anda juga bisa membelinya untuk orang-orang di rumah.

Aksesori

aksesori-candi-borobudur.jpg

Bagi Anda penggemar aksesori fashion seperti gelang, jam tangan, atau kacamata, Anda akan merasa sangat gembira saat berada di kompleks pasar tradisional di kawasan Candi Borobudur. Pasalnya ada begitu banyak pilihan aksesori yang tersedia di sini. Menariknya lagi adalah harga aksesori tersebut sangat murah. Bahkan harganya bisa lebih murah lagi kalau Anda pandai menawarnya. Misalnya untuk gelang gaya etnik cuma dibanderol Rp 1-2 ribu/item saja. Sedangkan jam tangan dan kacamata harganya sekitar Rp 20 ribuan.

Pakaian

kaos-khas-borobudur.jpg

Di Candi Borobudur juga banyak terdapat pakaian yang unik dan lucu sehingga cocok sekali untuk Anda jadikan sebagai souvenir liburan. Kaos yang umum contohnya kaos oblong dengan tulisan Candi Borobudur atau I Love Candi Borobudur di bagian dadanya. Kaos-kaos seperti ini dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per 3 pcs. Kalau Anda ingin yang lebih menarik, Anda bisa membeli pakaian batik. Di sini banyak sekali tersedia pakaian batik, baik itu untuk anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Ingat, jangan ragu untuk menawar harganya ya!