Oleh-oleh untuk Orang yang Sakit Tipes, dari Bubur sampai Jamu

Kita memang tidak selamanya dalam keadaan yang sehat. Ada masanya kita akan mengalami sakit. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu sehat sebaik mungkin. Apabila Anda mendengar ada keluarga, saudara, atau kerabat yang jatuh sakit, jangan lupa untuk datang menjenguknya. Pergilah melihat keadaannya. Hiburlah dia serta doakan agar lekas sembuh dari penyakitnya. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh saat menjenguknya.

Sebenarnya oleh-oleh untuk orang sakit ini tidak wajib dibawa, melainkan sebuah pilihan saja supaya orang yang sakit tersebut merasa semakin senang dengan kedatangan kita. Setidaknya oleh-oleh Anda bisa dinikmati bersama di sana sehingga kedatangan Anda tidak merepotkan bagi orang yang sedang sakit tersebut. Catatan khusus bagi orang yang terkena penyakit tipes, Anda harus membawa makanan yang aman baginya. Mengingat penderita tipes memang memiliki cukup banyak pantangan.

Berikut oleh-oleh yang paling cocok diberikan kepada penderita sakit tipes, antara lain :

Bubur

bubur-untuk-sakit-tipes.jpg

Orang yang sedang sakit tipes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur halus, lembut, dan memiliki serat yang rendah. Salah satu contohnya yaitu bubur. Bubur sangat baik dikonsumsi oleh penderita sakit tipes untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Jadi Anda bisa membawa oleh-oleh berupa bubur. Anda bisa membawa bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur kampiun, atau bubur-bubur yang lainnya.

Nasi Tim

nasi-untuk-sakit-tipes.jpg

Untuk sementara waktu, penderita sakit tipes tak boleh mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur yang keras dan padat. Mereka harus memakan makanan-makanan dengan tekstur yang lembut terlebih dahulu. Bahkan untuk nasi pun harus nasi yang lembek. Untuknya, Anda bisa membuat nasi tim spesial yang mempunyai tekstur lembek. Caranya yaitu dengan menambahkan lebih banyak pada saat memasaknya.

Kentang Tumbuk

kentang-tumbuk-untuk-sakit-tipes.jpg

Kalau ingin membawa suatu makanan yang unik tapi tetap aman dikonsumsi oleh orang yang sakit tipes, Anda bisa membawakan kentang tumbuk. Makanan ini memang sekarang sedang populer di Indonesia. Untungnya kentang tumbuk aman dimakan oleh penderita sakit tipes. Cobalah Anda membuat sendiri kentang tumbuk ini. Mudah banget kok caranya. Anda tinggal merebus kentang tersebut, lalu tumbuk sampai halus.

Puding Susu

pudding-untuk-sakit-tipes.jpg

Puding juga termasuk kudapan yang boleh dikonsumsi oleh para pasien tipes. Namun dengan catatan tidak ada santan di dalamnya. Kalau Anda membuat puding yang ditambahi santan, jelas dia tidak mau memakannya. Tapi jika harus meninggalkan santan ini, rasa puding menjadi seperti agar-agar. Solusinya adalah ganti santan tersebut dengan susu rendah lemak. Selain lebih sehat, rasa puding yang Anda buat akan semakin nikmat.

Ikan Kukus

ikan-kukus-untuk-sakit-tipes.jpg

Daging ikan sangat bagus bagi orang yang sakit tipes karena banyak mengandung protein yang dapat mendukung kesehatannya. Dengan rutin memakan makanan berprotein tinggi, maka dia akan lebih cepat sembuh dari kondisi sakitnya. Olahan daging ikan yang paling cocok diberikan oleh penderita tipes ialah ikan kukus. Mengukus ikan akan membuat tekstur daging ikan menjadi lebih lembut serta kandungan nutrisinya pun tetap terjaga.

Dada Ayam

dada-ayam-untuk-sakit-tipes.jpg

Selain daging ikan yang dikukus, Anda juga bisa memberikan daging ayam yang dikukus. Proses memasak daging ayam dengan cara dikukus juga akan membuat teksturnya menjadi lebih halus dan lembut daripada daging ayam yang direbus atau digoreng. Sehingga dia bakal tetap aman memakannya. Adapun bagian dari daging ayam yang paling cocok diberikan adalah dada ayam yang memang mempunyai tekstur daging yang lembut.

Telur Rebus

telur-rebus-untuk-sakit-tipes.jpg

Telur rebus juga sangat cocok dibawa ketika Anda datang menjenguk orang sakit tipes. Jangan sepelekan bahan makanan yang satu ini. Di dalam telur rebus terdapat kandungan zat protein yang begitu banyak sehingga dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan orang-orang yang sedang jatuh sakit. Anda bisa membawa oleh-oleh berupa telur rebus yang telah dimasak sampai matang. Sehingga dia tinggal memakannya langsung.

Buah

buah-untuk-sakit-tipes.jpg

Anda juga boleh kok membawa buah-buahan sebagai oleh-oleh ketika datang mengunjungi kerabat Anda yang sedang terkena tipes. Namun Anda harus cermat dalam memilihnya. Sebab tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh orang yang sakit tipes. Hindari membawa buah-buahan yang memiliki rasa masam serta berserat tinggi. Sebaiknya bawalah buah-buahan yang manis dan memiliki tekstur daging buah yang halus. Contohnya seperti alpukat, pisang, pepaya, mangga, dan lain-lain.

Sup Sayur

sup-sayur-untuk-sakit-tipes.jpg

Anda mungkin jago memasak di rumah? Daripada bingung mau membawa makanan apa saat menjenguk orang yang sakit tipes nanti, mending masak sendiri saja buah tangannya. Anda bisa kok membuat sup sayur yang lezat untuk diberikan kepadanya. Berbagai jenis sayuran memiliki manfaat yang bagus untuk pasien tipes. Mulai dari bayam, buncis, hingga wortel. Tapi ingat, masaklah sup sayur ini sedikit lebih lama agar teksturnya menjadi lebih halus.

Madu

madu-untuk-sakit-tipes.jpg

Saat menjenguk orang di rumah sakit, Anda bisa membawakannya madu. Madu merupakan obat herbal yang mempunyai banyak manfaat. Cairan alami ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia serta melenyapkan semua penyakit. Bagi orang yang sedang sakit sangat dianjurkan untuk rutin meminum madu. Buatlah teman Anda yang sedang terkena tipes agar lekas sembuh dengan memberikannya sebotol madu murni.

Jamu Kunyit

jamu-kunyit-untuk-sakit-tipes.jpg

Penyakit tipes berhubungan dengan sistem pencernaan yang terganggu. Sebenarnya nenek moyang kita sudah mempunyai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan ini. Tidak lain dengan menggunakan jamu berbahan kunyit. Untuk obat tipes, gunakan hanya kunyit saja tanpa tambahan asam jawa. Kalau mau rasanya lebih nikmat, Anda boleh menambahkan madu secukupnya. Jadikan jamu kunyit racikan Anda sendiri sebagai oleh-oleh.