Oleh-oleh Khas dari Kota Pontianak

Kota Pontianak yang menjadi ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat menawarkan pengalaman berwisata yang tiada duanya. Kota ini begitu istimewa karena terletak tepat di tengah-tengah Planet Bumi. Kota Pontianak dilintasi oleh garis khatulistiwa sehingga di kota ini juga dibangun monumen khatulistiwa. Anda tentu merasa penasaran kan bagaimana sih rasanya berada di tengah-tengah Planet Bumi? Cuacanya sangat panas itu sudah pasti.

 Tetapi bukan itu saja, Kota Pontianak juga mempunyai beragam tempat wisata yang menarik untuk disinggahi. Di antaranya yaitu Alun Kapuas Park, Keraton Kadriyah Pontianak, Monumen Digulis, Istana Kadriah, Museum Kalimantan Barat, dan Taman Digulis. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga tercinta untuk berlibur ke kota ini. Setelah puas mengelilingi Kota Pontianak, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh sebagai buah tangan sekaligus kenang-kenangan.

oleh-oleh-khas-pontianak.jpg

Kota Pontianak mempunyai oleh-oleh yang sangat khas di antaranya :

  1. Olahan Lidah Buaya

Kami yakin Anda pasti sudah akrab sekali dengan tanaman lidah buaya? Selain sebagai tanaman hias, kita biasa memanfaatkan tanaman ini untuk menyuburkan rambut. Nah, menariknya di Kota Pontianak, Anda bisa menemukan berbagai olahan makanan yang terbuat dari lidah buaya. Misalnya seperti minuman penyegar, dodol, teh, kerupuk, dan cokelat yang memakai lidah buaya sebagai bahan dasarnya.

  1. Olahan Durian

Stock buah durian di Kota Pontianak juga sangat melimpah. Jadi selain dijual dalam kondisi yang mentah, buah durian ini pun banyak dibuat menjadi makanan olahan. Ada banyak olahan durian yang khas dari Pontianak. Yang paling terkenal tentu saja adalah lempok durian. Lempok durian ini sekilas mirip sekali dengan dodol. Olahan durian lain yang bisa ditemukan seperti kue brownies dan gula durian.

  1. Bingke

Bingke adalah kue yang khas dari Kota Pontianak. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula yang diolah sedemikian rupa, kemudian dibentuk hingga menyerupai kelopak bunga. Pastinya bingke bisa menjadi oleh-oleh yang sangat manis dan cantik sekali. Kini bingke hadir dalam berbagai varian rasa, bukan hanya manis saja. Tetapi juga ada yang rasa keju, cokelat, durian, susu, vanila, dan kacang.

  1. Stick Mie Talas

Menikmati sticke mie yang terbuat dari tepung terigus pasti sudah biasa. Bagaimana kalau stick mie tersebut dibuat menggunakan talas? Pastinya rasa stick mie ini sangat unik dan lain daripada stick mie yang biasa kita makan. Stik mie talas bisa menjadi bahan pertimbangan oleh-oleh Anda kalau berkunjung ke Kota Pontianak. Rasa yang tersedia di antaranya keju, balado, dan BBQ.

  1. Kerupuk Amplang

Suka jajanan yang renyah? Kerupuk amplang yang khas ini bisa dibeli di Pontianak. Rasanya gurih karena terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan tenggiri. Beberapa orang juga kerap menyebutkan kuku macan. Kerupuk amplang merupakan salah satu buah tangan khas dari Pontianak yang paling digemari. Selain dimakan sebagai camilan, kerupuk ini juga terasa nikmat sebagai teman menyantap nasi.

  1. Juhi Bakar

Cuma di Kota Pontianak, Anda bisa menikmati bagaimana sedapnya cumi-cumi yang dibakar. Kalau di sini cumi-cumi bakar biasa disebut juhi bakar. Penganan ini terbuat dari daging cumi-cumi/sotong mentah yang digiling kasar, lalu dibakar sampai matang. Proses ini membuatnya bisa bertahan lama meskipun tanpa bahan pengawet. Membeli juhi bakar tentu tidak boleh terlewatkan oleh Anda.

  1. Sirup Sengkit

Sirup sengkit pada dasarnya merupakan sirup yang terbuat dari jeruk nipis. Jadi bisa Anda bayangkan kalau rasa asam mendominasi dari rasa sirup ini. Tapi berkat proses pembuatannya yang cukup panjang, rasa sirup sengkit ini sangat menyegarkan. Rasa asam masih ada, namun sedikit tertutup oleh rasa manis yang lebih mendominasi. Sirup sengkit hanya ada di Kota Pontianak. Jadi Anda harus membelinya.

  1. Pernik-pernik Suku Dayak

Untuk cenderamata berupa barang, Anda bisa membeli pernik-pernik khas suku Dayak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Suku Dayak merupakan suku asli Pulau Kalimantan. Suku ini memiliki kekayaan pada kerajinan tangan tradisionalnya. Di sini Anda bisa menemukan berbagai kalung, gelang, dan cincin yang bergaya etnik. Tas dan dompet juga ada loh. Yang pastinya pernik-pernik ini sangat unik dan menarik.