Merawat Boneka agar Tetap Bersih dan Bulunya Lembut

Apakah Anda mempunyai banyak boneka di rumah? Anda harus merawat boneka-boneka ini dengan sebaik-baiknya. Boneka memang memiliki bentuk yang menarik dan lucu. Modelnya pun bermacam-macam. Dari mulai boneka seorang putri yang cantik, pangeran, binatang, tokoh kartun, superhero, dan masih banyak lagi. Jadi pantas saja kalau ada begitu banyak orang yang hobi mengoleksi boneka, termasuk diri Anda sendiri.

Tentunya Anda ingin boneka-boneka yang Anda miliki senantiasa bersih dan mempunyai bulu yang lembut. Perawatan adalah jawabannya. Anda harus merawat boneka tersebut agar tidak ada partikel-partikel debu dan kotoran yang menempel. Boneka pun menjadi bersih dan terasa nyaman saat dipeluk. Akan tetapi, merawat boneka membutuhkan trik tersendiri. Kalau salah, boneka tersebut justru akan kumal atau bahkan mengalami kerusakan.

cara-merawat-boneka.jpg

Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk merawat boneka!

Kiat I. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Partikel-partikel debu yang beterbangan di udara bisa mengotori boneka. Lambat laun jumlah debu tersebut akan semakin banyak. Boneka pun tampak kotor dan warnanya tampak kusam. Anda harus membersihkannya agar boneka terlihat menarik lagi. Cara membersihkan boneka yang benar yaitu menggunakan vacuum cleaner. Arahkan bagian moncong vacuum cleaner ini supaya menghisap partikel debu yang menempel di tubuh boneka. Arahkan secara merata ke seluruh bagian boneka sampai bersih tuntas.

Kiat II. Lap Memakai Kain yang Hangat

Kadang-kadang boneka terkena noda membandel dari tumpahan makanan, minuman, saus, tanah, dan sebagainya. Noda tersebut tampak kontras sekali dengan warna boneka sehingga keberadaannya sangat mengganggu. Jangan biarkan noda membandel ini mengotori boneka kesayangan Anda. Anda harus menghilangkannya. Bagaimanakah caranya? Anda bisa mencoba membersihkan noda tersebut memakai air hangat dan deterjen. Usapkan cairan deterjen ini secara berulang-ulang ke bagian yang kotor sampai nodanya hilang.

Kiat III. Hindari Mencuci Boneka

Boneka yang ada di pasaran terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Sehingga perawatan yang perlu diberikan pun pada dasarnya tidak sama. Kebanyakan boneka tersebut dibuat memakai bahan yang dapat mengembang. Tidak semua produk boneka boleh dicuci. Ada baiknya Anda memeriksa kembali label yang tertera pada boneka tersebut, apakah memperbolehkannya dicuci atau tidak. Jika Anda memaksakannya mencuci boneka yang sebenarnya tidak boleh dicuci, akibatnya yaitu bulu boneka tersebut menjadi kusut dan kumal.

Kiat IV. Angin-anginkan secara Berkala

Anda juga perlu menjaga kondisi boneka supaya tetap kering. Sebisa mungkin, kondisi boneka tidak boleh terlalu lembab, apalagi terkena air dalam waktu yang cukup lama. Untuk menjaga boneka agar tetap kering, Anda bisa menjemurnya secara berkala. Hindari menjemur boneka di tempat yang terbuka. Karena sinar matahari yang langsung mengenai boneka tersebut bisa merusak serta menyebabkan warnanya memudar. Lebih baik jemurlah boneka di tempat yang teduh. Biarkan saja angin yang mengeringkannya.

Kiat V. Rapikan Bulunya dengan Sisir

Merawat boneka tak ubahnya seperti merawat binatang peliharaan. Sama seperti ketika merawat kucing atau anjing, Anda perlu menyisir bulunya secara berkala. Begitu pula dengan bulu boneka pun harus disisir agar kondisinya tidak kusut. Bulu boneka yang tak pernah disisir lambat laun akan menjadi kumal sehingga tidak menarik lagi. Pakailah sisir khusus boneka untuk merapikan bulu-bulunya. Gerakkan sisir tersebut satu arah ke belakang atau bawah. Anda bisa menyisir bulu boneka minimal setiap seminggu sekali agar bulunya selalu rapi.