Memilih Souvenir Pernikahan yang Mengesankan

Pernikahan selalu menjadi momen yang sangat membahagiakan. Kita akhirnya bisa bertemu dengan pendamping hidup yang sejati. Kebahagiaan berhasil menikah biasanya diungkapkan lewat perayaan pesta pernikahan. Tidak perlu mewah. Terpenting adalah kita bisa membagi rasa kebahagiaan tersebut bersama dengan orang-orang terkasih. Sebab bagaimana pun atas berkat mereka pula kita bisa menemukan si pendamping hidup.

Apalah artinya pesta pernikahan tanpa adanya souvenir? Souvenir merupakan perlambang dari rasa terima kasih kita atas kehadiran para tamu undangan. Souvenir juga sekaligus menjadi buah tangan dan kenang-kenangan agar mereka senantiasa ingat dengan kita serta memberi doa dan restu terhadap bahtera rumah tangga yang akan kita bangun. Oleh sebab itu, souvenir harus dipilih sebaik-baiknya sehingga berguna dan memberi kesan yang mendalam.

memilih-souvenir-pernikahan.jpg

Tidak usah bingung dalam memilih souvenir pernikahan. Kami mempunyai kiat-kiatnya sebagai berikut!

  1. Hitung Berapa Banyak Souvenir yang Dibutuhkan

Sebaiknya Anda membeli souvenir dalam jumlah yang sedikit lebih banyak daripada jumlah surat undangan yang dibagi-bagikan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya souvenir yang rusak, cacat, atau hilang. Satukan anggaran pembelian souvenir ini dengan anggaran pengadaan surat undangan. Meskipun nanti ada souvenir yang tersisa, Anda bisa membagikannya kepada orang yang membantu kelancaran pesta. Trik untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa membeli langsung ke pengrajinnya.

  1. Carilah Referensi Souvenir Sebanyak-banyaknya

Souvenir yang mengesankan bisa diperoleh dari benda-benda yang bentuknya unik, barang yang sedang trendi, atau barang yang bisa digunakan setiap hari. Kalau bisa hindari memilih souvenir berupa pajangan karena biasanya akan berakhir di dalam kardus. Anda bisa mendapatkan referensi dengan bertanya ke teman-teman dekat atau mencari informasi di internet. Semakin banyak ide-ide souvenir pernikahan yang didapatkan, semakin dekat pula Anda dengan souvenir yang paling mengesankan.

  1. Utamakan Kualitas Souvenir, Jangan Harganya

Sering kali calon pasangan pengantin terbentur dengan harga pada saat ingin membeli souvenir. Anggapan mereka yang penting ada souvenir, soal berguna atau tidak, tak perlu dipusingkan. Padahal ini kesalahan besar. Souvenir seharusnya berkualitas bagus agar penerimanya pun mau menggunakan, merawat, dan menyimpan souvenir tadi dengan baik. Anda harus tetap mengutamakan faktor kualitas. Saat memilihnya, coba tanyakan kepada diri Anda sendiri, maukah Anda menyimpan souvenir tersebut?

  1. Berikan dengan Cara yang Sopan

Tak jarang souvenir diberikan begitu saja tanpa ada pembungkusnya. Mungkin karena kedua mempelai sudah terlalu sibuk dengan urusan lainnya sehingga perkara souvenir ini luput dari perhatian. Padahal memberikan souvenir tanpa dibungkus yang rapi itu tidak sopan. Seharusnya Anda membungkus souvenir tersebut minimal menggunakan plastik dan tali pita sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan kepada tamu. Maka tamu yang menerimanya pun akan merasa senang dan terkesan.

  1. Beli Souvenir yang Ukurannya Pas

Tidak disarankan membeli souvenir yang berukuran besar. Mengapa? Sebab para tamu yang menerima souvenir tersebut akan kesulitan membawanya. Tidak semua tamu yang datang ke pesta pernikahan Anda membawa tas. Apalagi bagi kalangan pria yang memang jarang sekali membawa tas saat kondangan. Jadi sebaiknya Anda memilih souvenir yang ukurannya pas sehingga muat saat dimasukkan ke dalam saku celana atau kemeja. Jangan repotkan tamu dengan souvenir Anda.

  1. Inisial Nama Pengantin yang Kecil

Survei membuktikan kalau tamu undangan yang menerima souvenir tidak suka dengan barang-barang yang menampilkan foto pengantin. Mereka biasanya akan langsung menyimpan souvenir tersebut serta tidak berniat memajangnya. Hal yang sama juga berlaku apabila souvenir tadi dihiasi dengan nama kedua pengantin. Kalau Anda ingin menandai souvenir pernikahan, sebaiknya gunakan inisial nama dengan ukuran huruf yang kecil. Letakkan cetakan inisial nama ini di sudut yang tersembunyi.