Makanan-makanan Khas Klaten yang Unik dan Lezat Banget

Berada di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Klaten berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisi geografis kabupaten ini unik sekali. Bagaimana tidak? Sebab Klaten terletak di antara dua keraton besar di Indonesia yaitu Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Dengan posisi geografis seperti ini, maka secara praktis kebudayaan di Klaten pun sangat beragam. Begitu pula dengan makanan daerahnya.

Kabupaten Klaten mempunyai cukup banyak makanan khas yang memiliki cita rasa lezat sekali. Dari sekian banyak pilihan makanan asli dari Klaten, kami mempunyai 8 jenis makanan yang menurut kami paling lezat dan cocok dibeli sebagai oleh-oleh.

Sego Wiwit

sego-wiwit-dari-klaten.jpg

Awal mulanya sego wiwit hanya disajikan pada momen perayaan untuk menyambut musim panen padi saja. Namun saat ini Anda tetap bisa menemukannya di hari-hari biasa. Sego wiwit pada dasarnya sama seperti nasi campur. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan bersama dengan aneka lauk-pauk tradisional. Rasanya sudah pasti enak dan lezat. Berbagai makanan asli jawa ada di sini. Untuk menambah kekhasannya, sego wiwit disajikan di atas daun pisang.

Sego Gudangan

sego-gudangan-klaten.jpg

Masyarakat Klaten biasanya menyantap sego atau nasi gudangan sebagai menu sarapan di pagi hari. Porsinya yang pas dengan beraneka lauk pauk dan sayuran yang ada di dalamnya membuat sego gudangan ini cocok menjadi sumber tenaga untuk mengawali hari. Yang khas dari menu yaitu gudangannya. Gudangan ini terbuat dari mentimun yang diiris korek api lalu dicampur dengan parutan kelapa. Sekilas mirip seperti urap, tetapi memakai mentimun. Selain itu, sego gudangan juga diberi saus tempe dan kacang tanah.

Sego Lethok

sego-lethok-klaten.jpg

Ada satu lagi nasi yang khas dari Kabupaten Klaten. Namanya adalah sego lethok atau nasi lethok. Beberapa orang juga kerap menyebutnya sebagai sego tumpang lethok. Apa sih sego lethok? Sego lethok merupakan hidangan berupa nasi yang disiram dengan saus tempe. Saus tempe lethok ini terbuat dari tempe basi yang ditumbuk sampai halus, lalu dimasak dengan bawang putih dan cabai. Sego lethok ini biasanya disajikan bersama dengan telur rebus, daun singkong, dan krecek.

Geplak

geplak-souvenir-klaten.jpg

Geplak adalah camilan yang terbuat dari parutan singkong yang dikukus atau digoreng. Untuk menambah cita rasanya, geplak juga sering kali diisi dengan parutan kelapa serta gula jawa di dalamnya. Di Klaten, Anda bisa menemukan geplak yang sangat unik. Berbeda dengan geplak dari daerah lainnya, geplak di sini dibentuk menjadi bola-bola berukuran kecil dengan warna-warni yang memikat. Alhasil, geplak tersebut pun tampil lebih menarik dan menggugah selera makan.

Kepelan

kepelan-klaten.jpg

Sekilas kepelan ini mirip seperti geblek dari Kabupaten Wonosobo. Perbedaannya terletak pada bahan baku yang digunakan. Kalau geblek terbuat dari tepung kanji, berbeda dengan kepelan yang memakai tepung terigu sebagai bahan utamanya. Tepung terigu ini dibuat adonan dengan menambahkan garam dan bawang putih, lalu dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Kepelan dimasak dengan cara digoreng sampai matang. Sajikan kepelan ini saat kondisinya masih hangat bersama dengan saus atau sambal pelengkap.

Slondok

makanan-khas-klaten-slondok.jpg

Penganan khas lainnya dari Kabupaten Klaten ialah slondok. Slondok mirip sekali seperti lengko. Camilan ini terbuat dari singkong yang digiling halus, kemudian dibuat menjadi adonan dengan menambahkan bumbu gurih. Setelah itu, adonan dibentuk menyerupai gelang dan dijemur sampai kering. Jika sudah kering secara merata, adonan slondok lalu digoreng hingga matang. Untuk menambah cita rasanya, slondok yang baru saja digoreng segera dimasukkan ke saus pedas manis dan ditiriskan. Slondok memiliki tekstur yang garing dan renyah dengan rasa manis, pedas, dan gurih.

Wajik

wajik-khas-klaten.jpg

Sebenarnya hampir semua wilayah di Jawa Tengah mempunyai wajik yang khas daerahnya masing-masing. Begitu pula dengan Klaten yang mempunyai wajik yang sangat khas. Wajik sendiri adalah makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang direbus bersama dengan santan dan gula jawa. Rasanya sudah pasti sangat manis dan gurih dengan tekstur yang legit dan agak kenyal. Yang membedakan wajik khas Klaten dari daerah lainnya yaitu wajik tersebut dibungkus ke dalam kertas berwarna-warni.

Keripik Belut

keripik-belut-klaten.jpg

Hidangan yang terbuat dari belum terkenal memiliki cita rasa yang sungguh gurih. Daging belut ini memang cocok sekali diolah menjadi berbagai macam hidangan sebab rasanya memang sudah enak. Salah satu hidangan dari belut yang menjadi kekhasan dari Kabupaten Klaten ialah keripik belut. Layaknya keripik pada umumnya, penganan ini memilik tekstur yang sangat renyah. Rasa daging belutnya sungguh terasa. Anda pasti akan langsung menyukainya.