Macam-macam Souvenir Pernikahan Khas Jogja

Pernikahan adalah peristiwa yang sangat sakral di kehidupan kita. Untuk merayakan momen yang istimewa ini, kita perlu menyelenggarakan acara yang penuh dengan kenangan. Bukan bermewah-mewahan, tetapi sekadar berbagi kebahagiaan dengan sanak saudara dan orang-orang sekitar. Pernikahan ini patut dirayakan sebagai bentuk rasa syukur. Anda dapat berdiskusi dengan pasangan untuk membicarakan detail acaranya.

Salah satu pokok bahasan yang wajib didiskusikan oleh Anda bersama pasangan ialah souvenir. Souvenir merupakan barang yang berfungsi sebagai kenang-kenangan. Acara pernikahan akan menjadi lebih sempurna dengan adanya souvenir di dalamnya. Souvenir untuk pernikahan hendaknya dipilih dari souvenir yang mampu memberikan gambaran tentang asal usul kedua calon mempelai. Jika Anda termasuk suku Jawa, tak ada salahnya memilih souvenir khas Jogja.

souvenir-pernikahan-khas-jogja.jpg

Berikut ini macam-macam souvenir khas Jogja yang cocok dijadikan sebagai souvenir acara pernikahan, di antaranya :

Batik

Salah satu daerah di Indonesia yang menjadi sentra pembuatan batik adalah Jogja. Maka tidak heran, batik begitu kental dengan nuansa khas Jogja. Jogja mempunyai batik dengan motif khas tersendiri. Anda bisa menggunakan batik asli dari Jogja ini sebagai souvenir. Harga kain batik memang terbilang mahal. Jadi Anda bisa menyiasatinya dengan memilih benda lain yang memiliki motif batik. Misalnya handuk, kain lap, dan lukisan.

Blangkon atau Konde

Anda juga bisa kok menjadikan busana khas suku Jawa sebagai souvenir untuk pernikahan. Tapi Anda tentu harus tetap memperhatikan harga dari souvenir tersebut supaya anggaran pernikahan tidak membengkak. Di sini Anda bisa memilih blangkon atau konde sebagai hadiah yang unik dan menarik. Blangkon merupakan topi khas suku Jawa yang dipakai oleh para pria. Sedangkan konde adalah rambut palsu yang biasa dikenakan oleh wanita suku Jawa.

Wayang Kulit

Berbicara tentang Jogja tidak lengkap tanpa adanya wayang kulit. Wayang kulit merupakan kesenian asli milik suku Jawa, termasuk Jogja salah satunya. Jadi Anda bisa menggunakan wayang kulit sebagai souvenir khas Jogja. Sayangnya harga wayang kulit yang asli sangat mahal. Anda pasti akan pusing kalau harus membeli wayang kulit asli. Oleh sebab itu, Anda bisa membeli wayang kulit tiruan yang biasanya terbuat dari tripleks atau kertas.

Gerabah

Tidak usah bingung kalau ingin menggunakan benda-benda khas Jogja sebagai souvenir sebab pilihannya banyak sekali. Salah satunya yaitu gerabah. Gerabah adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk sedemikian rupa. Contohnya pot, vas bunga, teko, gelas, piring, panci, celengan, patung, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan gerabah ini untuk oleh-oleh pernikahan. Usahakan pilih bentuk yang bervariasi sehingga tamu merasa terkesan.

Perak

Ada salah satu daerah di Jogja yang menjadi pusat pembuatan kerajinan perak skala Nasional. Jadi jangan heran kalau kerajinan perak kini telah menjadi salah satu identitas dari Jogjakarta. Anda pun bisa menggunakannya sebagai souvenir pernikahan yang menarik dan tentunya sangat disukai oleh kaum hawa. Pilihlah kerajinan perak yang mempunyai bentuk perhiasan. Usahakan pilihannya banyak sehingga tamu Anda merasa lebih senang saat memilihnya.