Macam-macam Souvenir Khas yang Hanya Ada di Vietnam

Pergi ke luar negeri akan semakin sempurna jika kita membeli souvenir yang khas dari negara tersebut. Termasuk pada saat Anda pergi ke Vietnam nanti, jangan lupa membeli oleh-olehnya ya. Memang kalau dibandingkan negara-negara tetangga lainnya seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand, maka Vetnam ini tergolong negara yang jarang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Namun tanpa diketahui, negara Vietnam ternyata menyimpan banyak pesona alam.

Beberapa tempat wisata yang patut Anda kunjungi ketika berada di Vietnam antara lain :

  • Sa Pa Terraces, tempat untuk menikmati kesejukan alam khas Vietnam.
  • Nha Trang, sebuah kota resort yang sangat menegangkan untuk dijelajahi.
  • Halong Bay, situs warisan dunia yang menjadi tempat menapak tilas yang tepat.
  • Bau Trang, sempatkan diri Anda untuk berpetualang seru di bukit pasir.
  • Hoan Kiem, sebuah danau yang sangat menarik untuk dikunjungi.
  • Kompleks Monumen Hue, belajar mengenal sejarah Vietnam di sini.

Selain pesona dari tempat wisatanya, Vietnam juga memiliki daya tarik pada souvenir-souvenir khasnya. Souvenir khas Vietnam ini begitu unik. Anda tak akan bisa memperolehnya di Indonesia maupun negara-negara yang lain. Nah, berikut ini merupakan macam-macam souvenir khas yang paling unik di Vietnam.

Kain Sutera

kain-sutera-souvenir-vietnam.jpg

Ketika berada di Vietnam, Anda tidak boleh lupa berburu kain sutera ya. Sebab Vietnam dikenal sebagai salah satu negara penghasil kain sutera terbesar di dunia. Kualitas kainnya pun sangat bagus. Hal ini tak terlepas dari banyaknya petani lokal yang membudidayakan ulat sutera. Kepompong dari ulat inilah yang menjadi bahan baku pembuatan benang sutera. Untuk mendapatkan kain sutera dengan harga miring, Anda bisa berbelanja di kawasan Han Gai Street atau Silk Village.

Ao Dai

ao-dai-souvenir-vietnam.jpg

Ao dai merupakan pakaian adat tradisional Vietnam untuk wanita. Sekilas desain ao dai ini mirip seperti cheongsam. Namun ao dai mempunyai belahan pada bagian sampingnya hingga ke pinggang. Untuk menambah keindahannya, ao dai dihiasi dengan detail bordir yang menawan serta beberapa gambar penghias yang sangat menarik. Pakaian adat ini pantas Anda bawa pulang untuk oleh-oleh kepada ibu, kekasih, atau teman wanita Anda.

Banh Pia

banh-pia-souvenir-vietnam.jpg

Ini namanya banh pia ya. Sekilas bentuknya mirip seperti pia khas Yogyakarta dengan rasa yang mirip sekali dengan pia rasa durian. Tapi tentu saja banh pia khas Vietnam ini memiliki perbedaan, terutama pada karakteristik daging buah durian yang digunakan. Banh pia memakai buah durian khas Vietnam yang memiliki tekstur cukup legit dengan rasa manis yang pas. Bagi Anda yang memang sangat suka memakan buah durian wajib mencobanya.

Lotus Seed

lotus-seed-souvenir-vietnam.jpg

Di Indonesia, biji lotus hanya digunakan untuk menanam tumbuhan lotus saja. Biji ini sama sekali tidak pernah dikonsumsi oleh masyarakat kita. Namun berbeda dengan di Negara Vietnam. Terdapat sebuah camilan lezat yang terbuat dari biji lotus. Namanya yaitu kacang lotus. Entah bagaimana biji lotus dapat diolah menjadi makanan ringan yang sangat enak seperti ini. Sedikit bocoran bagi Anda, kacang lotus memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang menyerupai kacang koro.

Lotus Tea

teh-vietnam-souvenir-vietnam.jpg

Masyarakat Vietnam memang hobi sekali membuat olahan dari tanaman lotus. Selain kacang lotus, Anda juga bisa menemukan teh yang terbuat dari lotus di sini. Teh lotus ini terbuat dari daun dan bunga tanaman lotus yang dilayukan, kemudian disangrai sampai matang. Melalui proses pengolahan yang sangat baik terciptalah sebuah minuman teh dari lotus yang sangat nikmat. Konon katanya teh lotus ini ampuh sekali mengobati masalah sakit perut loh.

Snake Wine

snake-wine-souvenir-vietnam.jpg

Minuman wine yang terbuat dari buah anggur sih sudah biasa. Kalau mau mencicipi minuman wine yang luar biasa, cobalah wine yang terbuat dari ular. Cuma di Vietnam Anda bisa menemukan minuman wine yang menggunakan ular sebagai bahan bakunya. Bahkan tak tanggung-tanggung, jenis ular yang dipakai di sini yaitu ular kobra yang terkenal mempunyai bisa yang sangat beracun. Minuman wine ular ini dapat Anda temukan di toko-toko pinggir jalan. Katanya sih wine ini bisa meningkatkan vitalitas pria.

Kopi Vietnam

kopi-vietnam-souvenir-vietnam.jpg

Meskipun di Indonesia kita bisa menemukan berbagai variasi kopi yang sangat nikmat, namun tidak ada salahnya Anda menambah pengetahuan tentang kopi dengan mencicipi kopi khas Vietnam. Faktanya ialah kopi Vietnam termasuk salah satu kopi terkenal di dunia. Tidak hanya biji kopinya saja, proses penyeduhan kopi ala Vietnam juga sudah sangat masyhur seantero dunia. Anda bisa membeli kopi Vietnam dengan harga terjangkau di Ben Thanh Market serta Halong Night Market.

Lacquerware

lacquerware-souvenir-vietnam.jpg

Lacquerware yaitu benda-benda yang dilukis dengan gaya Vietnam. Tidak hanya pada perabotan saja, seniman asal Vietnam pun gemar menuangkan karya lukisnya di peralatan dapur seperti piring, guci, mangkuk, vas bunga, dan sebagainya. Umumnya tema yang diusung pada gambar tersebut ialah Sungai Mekong yang menjadi kebanggaan masyarakat Vietnam. Ada pula lacquerware yang menggambarkan pesona wanita Vietnam serta keindahan alam.