Macam-macam Souvenir Khas Negara China

Ada begitu banyak pesona yang dimiliki oleh Negara China. Dari mulai tempat wisata, tradisi, adat istiadat, kebudayaan, kuliner, sampai kehidupan masyarakatnya. Kami jamin Anda tidak akan pernah merasa bosan berjalan-jalan di negeri ini. Tentu saja perjalanan ini harus dimulai dari Tembok Besar China yang sudah terkenal di seluruh dunia. Saking besarnya tembok ini, bahkan bisa dilihat dari luar angkasa loh. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke tempat-tempat yang lainnya.

Soal souvenir, China merupakan surganya. Souvenir yang ada di sini bermacam-macam. Kabar baiknya lagi, harga souvenir di China bisa dibilang sangat murah. Bahkan apabila dibandingkan dengan harga rata-rata souvenir di Indonesia, masih lebih murah di China. Tak heran beberapa turis sengaja membeli souvenir di sini dalam jumlah yang banyak sekaligus untuk dijual lagi di negara asalnya. Jika mau, Anda pun dapat mengikutinya. Hasil keuntungannya lumayan banget loh apalagi kalau dijalankan dengan serius.

Dari sekian banyak pilihan souvenir yang ada di China, kami mempunyai daftar souvenir yang paling khas dari negara tersebut.

Teh

souvenir-khas-china-teh.jpg

Teh begitu terkenal di China, sama seperti di negara-negara Asia Timur lainnya. Tidak hanya sekadar minuman, teh bahkan sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat China. Minuman teh selalu disajikan di berbagai kesempatan. Bahkan ada pula aturan meminum teh di sini. Walaupun di Indonesia, kita juga bisa menemukan teh dengan mudah. Namun teh dari China ini memiliki sensasi cita rasa dan aromatik yang berbeda. Anda tidak boleh melewatkannya.

Kain

souvenir-china-pakaian-baju.jpg

Negara China juga mempunyai kain tradisional. Kain ini biasanya terbuat dari bahan sutera yang halus. Kain inilah yang sering digunakan untuk membuat pakaian adat cheongsam atau qipao. Pakaian ini memiliki kekhasan pada bentuk kerahnya yang tinggi. Masyarakat China paling suka mengenakan pakaian berwarna merah karena dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan kesejahteraan. Beberapa warna lain yang juga disukai yaitu emas, biru, putih, dan hitam. Anda bisa membeli kain ini sebagai buah kenangan.

Perhiasan

souvenir-dari-china-perhiasan.jpg

Di Negara China, Anda bisa menemukan berbagai perhiasan menarik yang dibanderol dengan harga lebih murah. Ada banyak sekali toko yang menjual kalung, gelang dan manik-manik di sini. Bagi Anda yang memang suka mengoleksi perhiasan dan aksesori pasti akan merasa senang. Biasanya harga perhiasan di sekitar kuil agak lebih murah jika dibandingkan dengan toko-toko perhiasan. Silakan Anda dapat memborongnya di tempat ini.

Sumpit

souvenir-sumpit-china.jpg

Anda pasti sudah tahu kalau masyarakat China biasa menggunakan sumpit sebagai alat bantu untuk mengambil makanan. Mereka bahkan lebih senang memakai sumpit daripada sendok dan garpu. Tidak hanya saat memakan mie, sumpit juga digunakan ketika memakan nasi, lauk-pauk, dan makanan lainnya. Memang benar jika ada begitu banyak sumpit di Indonesia. Tetapi di China, Anda bisa menemukan sumpit yang unik dan menarik. Pastinya cocok sekali digunakan untuk oleh-oleh.

Gerabah

souvenir-keramik-china.jpg

Masyarakat di China menggunakan gerabah sebagai alat masak-memasaknya. Dari mulai panci, wajan, mangkuk, dan piring terbuat dari gerabah tanah liat. Bagi Anda yang memang suka mengoleksi gerabah dan keramik, wajib nih berbelanja barang-barang gerabah di China. Pilihannya ada banyak sekali loh. Dan pastinya bentuk gerabah tersebut sangat unik karena berbeda dengan kebanyakan gerabah yang ada di pasar-pasar tradisional di Indonesia.

Rumbai-rumbai

souvenir-rumbai-china.jpg

Aksen berupa rumbai-rumbai sering digunakan dalam dekorasi di Negeri China. Tidak hanya untuk pakaian, aksen ini pun banyak ditemukan pada bangunan dan interior rumah. Misalnya pada gantungan angin pada plafon yang banyak memakai rumbai-rumbai sebagai penghiasnya. Nah, buat Anda yang memang ingin menciptakan desain rumah atau pakaian dengan desain ala China, Anda bisa memanfaatkan hiasan yang satu ini.

Kaligrafi

souvenir-kaligrafi-china.jpg

Tidak hanya Arab atau Jepang, seni kaligrafi juga dikenal oleh Bangsa China. Tentunya seni kaligrafi di negara ini menggunakan huruf mandarin. Biasanya seniman membuat kaligrafi yang berisi peribahasa atau kata-kata mutiara. Seni ini dibuat menggunakan kuas dan tinta khusus yang dilukis secara manual memakai tangan. Tak lupa gambar ilustrasi pun turut disematkan untuk menambah keindahannya. Anda bisa membeli kaligrafi ini untuk dijadikan hiasan atau pajangan dinding.

Topeng

souvenir-china-topeng.jpg

Di China, Anda bisa menemukan berbagai topeng yang sangat menarik. Topeng-topeng tersebut begitu unik dan lucu. Karakternya berbeda dari kebanyakan topeng yang ada di Indonesia. Anda pasti akan langsung tertarik begitu melihatnya. Topeng-topeng ini cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, terutama bagi anak-anak. Sedangkan bagi Anda yang mempunyai hobi mengoleksi topeng dari berbagai daerah, topeng khas China ini bisa menambah koleksi Anda.