Kerajinan Tangan Khas Bali Ini Mesti Dibawa Pulang!

Sudah tak diragukan lagi jika Bali merupakan tempat wisata terbaik di Indonesia. Level Bali bahkan telah sampai di tingkat dunia. Bali adalah salah satu objek wisata tingkat dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Di Bali, Anda bisa menemukan berbagai kesenangan yang ada di dunia ini. Bali juga mempunyai kerajinan tangan yang begitu unik dan otentik. Menariknya lagi masyarakat di sini bangga dengan kebudayaannya. Sehingga nuansa di Bali pun menjadi benar-benar khas, berbeda dengan daerah-daerah lainnya.

Keunikan kerajinan tangan khas Bali membuatnya memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Anda pun dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh sepulangnya dari Pulau Dewata ini. Sebenarnya tidak terlalu susah kok mencari souvenir yang menarik di Bali. Bahkan kalau boleh dibilang Bali merupakan gudangnya souvenir yang unik, lucu, dan kekinian. Anda bisa membelinya di pedagang kaki lima yang ada di sepanjang jalan raya atau pergi ke toko souvenir khusus. Jangan lupa untuk menawar harganya ya!

Kalau ke Pulau Bali, jangan lupa Anda membeli kerajinan tangan khasnya ya!

Patung Batu

patung-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Kerajinan tradisional di Bali yang paling otentik apalagi jika bukan patung batu. Bali merupakan pusatnya patung batu di Indonesia. Patung-patung biasanya terbuat dari tanah liat atau logam, namun pengrajin patung di Bali lebih senang menggunakan batu sebagai bahan baku dalam membuat karyanya. Patung batu di Bali mempunyai bentuk yang sangat menarik. Kebanyakan bentuknya mengadopsi adat istiadat masyarakat setempat. Namun kini juga tersedia patung batu yang memiliki bentuk lebih modern.

Topeng

kerajinan-tangan-khas-bali-topeng.jpg

Bagi Anda yang suka sekali dengan kerajinan topeng dan mempunyai beberapa koleksi topeng di rumah, Anda pasti akan merasa senang tatkala berburu souvenir di Bali. Pasalnya Bali mempunyai banyak sekali topeng yang unik, otentik, dan khas dari kebudayaan tradisionalnya. Pilihan bentuk topeng, motif, dan warna topeng yang tersedia di sini ada banyak sekali. Pokoknya Anda bakalan puas deh berburu topeng di sini. Beberapa topeng tradisional Bali bahkan menjadi incaran masyarakat dunia loh.

Kaos

kaos-bali-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Jika Anda berlibur ke Pula Bali, jangan lupa membeli kerajinan berupa kaosnya ya. Faktanya kaos di Bali dibanderol dengan harga yang lumayan murah dibandingkan daerah-daerah lainnya. Di beberapa toko souvenir, Anda bahkan bisa memperoleh separuh harga dari wisatawan asing. Jangan khawatir dengan modelnya. Sebab tidak sedikit kaos khas Bali yang sudah terkena Se-Indonesia, bahkan dunia. Misalnya yaitu kaos joger, baju barong, dan kain pantai khas Bali. Kalau Anda mau berburu kain tradisional, Bali juga memiliki kain batik Bali serta kain endek.

Anyaman

anyaman-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Pulau Bali juga mempunyai produk kerajinan tangan tradisional yang dibuat dengan teknik anyaman. Tak hanya anyaman bambu saja yang tersedia di sini, ada pula produk kerajinan anyaman dari rotan, kayu, akar, eceng gondok, dan lain sebagainya. Produk-produk anyaman ini dibuat dengan mengusung konsep modern dan mewah sehingga nilainya dapat terangkat. Tapi bagi Anda penyuka gaya klasik dan vintage tak usah khawatir sebab di sini juga banyak tersedia produk anyaman kesukaan Anda.

Perhiasan

perhiasan-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Khususnya untuk kaum hawa nih, jangan lupa saat pergi ke Bali membeli perhiasan ya. Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas perhiasan asli Bali ini. Sebab mutunya sendiri sudah standar internasional loh. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berburu perhiasan di Bali, beberapa turis asing pun sengaja pergi ke sini hanya untuk memborong perhiasan. Di Bali, Anda dapat menemukan berbagai perhiasan yang terbuat dari aneka ragam bahan baku. Tak hanya perhiasan dari perak saja, Anda pun bisa berbelanja perhiasan emas, mutiara, berlian, sampai perhiasan tradisional dari tali dan tanaman.

Kerajinan Manik-manik

manik-manik-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Jika ke Bali, Anda tak boleh melewatkan kerajinan manik-maniknya. Di sini manik-manik dibuat menjadi aneka ragam kerajinan tangan yang sangat menarik dan mengesankan. Misalnya saja manik-manik ini digunakan untuk membuat kalung, gelang, cincin, atau bahkan anting-anting yang bergaya etnik. Ada pula produk aksesori rumah yang memakai manik-manik sebagai bahan utamanya. Manik-manik dibuat menjadi tirai, pigura, miniatur, vas bunga, dan lain-lain.

Kerajinan Kayu

kerajinan-kayu-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Selain di Pulau Jawa, Anda juga bisa menemukan souvenir kayu berkualitas tinggi di Pulau Bali. Pengrajin kayu di Pulau Bali pun sudah terkenal akan kelihaiannya dalam membuat produk kerajinan kayu. Tidak hanya produk kerajinan kayu yang bergaya tradisional saja, di sini juga banyak tersedia produk-produk modern yang dibuat dari material kayu. Anda bisa mendapatkan produk kerajinan kayu dari mulai ornamen, aksesori ruangan, hiasan dinding, sampai perabotan rumah tangga.

Kerajinan Kelapa

kerajinan-kelapa-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Cuma di Bali, Anda bisa menjumpai berbagai souvenir yang sepenuhnya terbuat dari tempurung kelapa. Tempurung atau batok kelapa ini biasanya berakhir di perapian saja. Namun di sini, batok kelapa dibuat menjadi kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi dan tentunya berharga mahal. Tempurung kelapa ini biasanya diolah menjadi peralatan masak serta ornamen-ornamen yang bentuknya lucu dan menarik. Ada pula patung-patung mini yang dibuat menggunakan batok kelapa ini.

Lukisan

lukisan-kerajinan-tangan-khas-bali.jpg

Tidak sedikit pelukis ternama Indonesia yang berasal dari Bali. Karya para pelukis di sini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Para pelukis tersebut mampu menciptakan suatu mahakarya yang otentik. Rata-rata lukisan di Bali dibuat menggunakan gaya naturalis, abstrak, modern, dan imperialis. Lukisan-lukisan ini nampak begitu menawan. Nah, bagi Anda yang juga penikmat seni dan lukisan, jangan lupa membeli sebuah lukisan untuk dibawa pulang.