Ini Dia 9 Souvenir Khas Penang, Malaysia

Jalan-jalan ke Luar Negeri memang terasa kurang lengkap apabila kita tidak membeli oleh-oleh yang menjadi ciri khas negara tersebut. Tak hanya berfungsi sebagai buah tangan untuk orang di rumah, tetapi souvenir ini juga dapat menjadi kenang-kenangan. Sepulangnya di Tanah Air nanti, Anda masih mengingat kembali bagaimana pengalaman yang Anda dapatkan selama pergi ke Luar Negeri dengan hanya memandang souvenir yang telah dibeli.

Begitu pula saat Anda pergi ke Penang, jangan lupa untuk membeli souvenir-nya ya! Penang merupakan sebuah Negara Bagian Malaysia yang terdiri dari Pulau Pinang seluas dan Seberang Perai yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia. Dinamakan Pulau Pinang karena dulunya banyak tumbuh pohon pinang di sini. Ada banyak tempat wisata di Penang seperti Penang Bridge, Bukit Penang, Plaza Gurney, Kek Lok Si Temple, Sri Mahamariamman Temple, Pinang Peranakan Mansion, Queensbay Mall, dan Fort Cornwallis.

Contoh-contoh souvenir yang bisa Anda beli di Penang, Malaysia antara lain :

  1. Teh Tarik

souvenir-khas-malaysia.jpg

Teh tarik menjadi oleh-oleh khas Malaysia yang paling umum. Teh ini bisa ditemukan di hampir semua kedai makanan di Malaysia, termasuk di daerah Penang. Walaupun teh tarik sebenarnya merupakan bagian dari kebudayaan India, tapi teh ini kini begitu kental dengan masyarakat Malaysia. Jadi Anda tidak akan sah berlibur ke Penang dan daerah-daerah lain di Malaysia kalau belum mencicipi teh tarik.

  1. Cokelat

oleh-oleh-dari-penang.jpg

Buat apa pergi jauh ke Malaysia hanya untuk membeli cokelat? Bukankah di Indonesia juga ada, kan? Banyak malah variannya? Eits, jangan protes dulu ya. Sebab cokelat di Penang memiliki cita rasa dan sensasi aroma yang berbeda daripada cokelat di negeri kita. Dan yang paling terkenal adalah cokelat durian. Sesuai namanya, rasa cokelat ini berasal dari perpaduan antara rasa cokelat dan durian. Dijamin unik dan nikmat deh.

  1. Bumbu Kari

oleh-oleh-khas-penang.jpg

Siapa sangka kalau sekadar bumbu saja bisa menjadi souvenir yang sangat berkesan dari suatu daerah? Buktinya bumbu kari dari Penang, Malaysia memang tiada duanya. Meskipun Indonesia juga mempunyai makanan tradisional yang berbumbu kari, tetapi rasa karinya berbeda. Bumbu kari asal Malaysia memiliki rasa yang lebih kuat dengan aroma yang sangat menyengat. Pencinta masakan kari akan langsung menyukainya.

  1. Manisan Buah

souvenir-khas-penang-malaysia.jpg

Seakan tak mau kalah dengan Bogor yang terkenal dengan asinannya, Penang memiliki souvenir berbahan dasar buah yang sungguh dapat menggoda lidah Anda. Tidak lain yaitu manisan buah. Manisan buah pada hakikatnya merupakan buah yang diawetkan menggunakan gula pasir. Buah-buah ini dipotong, lalu ditaburi dengan gula pasir. Rasa yang dominan adalah manis yang bercampur dengan rasa asli masing-masing buah.

  1. Rujak Hitam Putih

rujak-hitam-putih-penang.jpg

Di Penang juga ada rujak loh. Sama seperti sajian rujak di Indonesia, rujak di sini pun berisi potongan-potongan berbagai buah seperti mangga, mentimun, nanas, jambu biji, bengkuang, kedondong, dan lain-lain. Perbedaannya terletak pada sausnya. Jika rujak di Indonesia memakai saus kental pedas manis dari gula jawa. Berbeda dengan rujak di Malaysia yang menggunakan saus petis berbahan dasari udang.

  1. Roti Jari

roti-jari-khas-penang.jpg

Roti jari merupakan roti kering asli dari Penang, Malaysia. Penganan ini begitu populer sejak dulu kala sehingga seperti sebuah kewajiban kita harus membelinya saat pergi ke Penang. Roti jari adalah biskuit yang sangat renyah. Biskuit ini biasa disajikan bersama dengan secangkir teh hangat pada saat sore hari sambil berkumpul bersama dengan keluarga. Keluarga Anda pasti akan sangat senang menerima souvenir ini.

  1. Nutmeg

souvenir-dari-penang.jpg

Apakah Anda tahu apa itu nutmeg? Bagaimana dengan biji pala? Ternyata di Penang, biji pala juga dapat diolah menjadi makanan ringan yang sangat lezat. Masyarakat di luar negeri biasa menyebutnya dengan nama nutmeg. Nutmeg terbuat dari biji pala yang dipanggang menggunakan oven sampai matang. Namun sebelumnya biji ini diberi bumbu terlebih dahulu. Hasilnya biji pala pun menjadi snack yang gurih nan lezat.

  1. White Coffee

souvenir-asli-penang.jpg

Penang di Malaysia juga mempunyai oleh-oleh yang khas yaitu white coffee. White coffee ini bukan termasuk salah satu jenis tanaman kopi, melainkan jenis minuman kopi. Warnanya putih karena penggunaan krimer yang lebih banyak daripada kopinya sendiri. Oleh sebab itu, white coffee cocok diminum bagi Anda yang tidak terlalu suka minuman kopi yang terlalu pekat atau memiliki masalah dalam sistem pencernaan.

  1. Kain Penang

kain-batik-penang.jpg

Kain penang pada dasarnya merupakan batik yang selama ini kita kenal. Alat, bahan, dan teknik pembuatannya pun sama persis. Pengrajin akan melukis suatu motif di atas kain ini menggunakan alat yang bernama canting. Perbedaannya terletak pada motif kain itu sendiri. Mayoritas kain penang dibuat dengan motif yang bernuansa khas melayu seperti kapal, gunung, laut, dan pepohonan.