Ide-ide Souvenir Acara Walimatul Safar

Walimatul safar adalah sebuah acara selamatan yang dilakukan ketika seseorang melakukan perjalanan jauh. Menunaikan ibadah haji di Kota Mekah misalnya. Jika dilihat dari segi bahasa, walimatul/walimah artinya pesta sedangkan safar berarti perjalanan. Biasanya seseorang yang akan pergi ke tempat yang jauh, misalnya beraji, akan menyelenggarakan walimatul safar. Meskipun sebenarnya ini terbalik. Walimatul safar sebaiknya diadakan setelah orang tersebut pulang dari kepergiannya.

Namun karena sudah menjadi suatu tradisi yang kental khususnya di kalangan masyarakat Indonesia, walimatul safar atau walimatul haji memang biasanya dilakukan sebelum seseorang tersebut berangkat berhaji. Harapannya agar seluruh tamu hadirin bisa turut mendoakan keselamatan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah haji sehingga kelak sekembalinya pulang dari Tanah Suci bisa mendapatkan predikat haji yang mabrur. Sekali lagi ini merupakan tradisi masyarakat Indonesia, bukan rukun haji maupun sunnahnya.

ide-souvenir-walimatul-safar.jpg

Tidak ada yang salah di dalam acara walimatul safar ini selama Anda hanya menganggapnya sebagai sebuah tradisi belaka, bukan termasuk rangkaian dari ibadah haji. Yang penting harus ikhlas, inilah syarat utama dalam mengadakan walimatul safar. Supaya acara walimatul safar di rumah Anda bisa dikenang oleh para tamu dan hadirin yang datang, Anda bisa memberikan sebuah souvenir. Berikut ini ide-idenya!

  1. Barang yang Berhubungan dengan Kota Mekah

Biasanya orang mengadakan acara walimatul safar hanya pada saat hendak pergi ke Kota Mekah untuk berhaji. Jarang sekali orang yang mau pergi ke luar negeri untuk bekerja atau menempuh pendidikan yang mengadakan acara ini. Oleh sebab itu, aneka barang yang berhubungan dengan Kota Mekah pasti akan menjadi souvenir yang tepat sekali. Anda bisa membeli barang yang dihiasi dengan ornamen Kakbah, unta, pohon kurma, dan lain-lain. Atau pilihlah makanan dan minuman khas Mekah.

  1. Barang yang Identik dengan Ibadah Haji

Barang-barang yang identik dengan ibadah haji juga bisa menjadi souvenir yang paling tepat untuk acara walimatul safar. Di sini Anda bisa memilih miniatur Kakbah, lukisan pemandangan di sekitar Kakbah, lukisan di Padang Arafah, gambar Masjidil Haram, miniatur Masjid Nabawi, kain ihram, miniatur koper khas haji, dan sebagainya. Kalau mau souvenir yang unik, pilih saja miniatur pesawat Garuda Indonesia, kendaraan khas padang pasir, kopiah dengan label bendera Indonesia, dan lain-lain.

  1. Barang-barang Khas Agama Islam

Souvenir untuk acara walimatul safar memang hendaknya kental dengan nuansa yang islami. Apabila Anda masih bingung mau memilih souvenir yang seperti apa, coba putuskan mengambil souvenir berupa barang-barang yang biasa kita gunakan untuk beribadah. Contohnya seperti sarung, mukena, baju koko, sajadah, Al Quran, buku bacaan tahlil, tasbih, sorban, dan sebagainya. Dengan memberikan souvenir ini pasti akan bermanfaat bagi orang yang menerimanya.