Daftar Souvenir Khas Surabaya yang Wajib Diborong

Apakah souvenir yang khas dari Kota Surabaya? Kota Surabaya memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Bukan tanpa sebab julukan ini tersemat. Tidak lain karena ada banyak sekali para pahlawan yang berasal dari kota yang satu ini. Maka tak heran kalau Surabaya mempunyai bangunan-bangunan bersejarah yang kini telah menjelma menjadi objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagai warga negara Indonesia, Anda wajib mengunjungi Surabaya untuk mengenang sendiri betapa niatnya orang-orang dulu mendirikan bangsa ini.

Ngomong-ngomong Anda sudah tahu belum nih souvenir apa saja yang paling khas dari Kota Surabaya? Pergi ke Kota Surabaya tentu kurang lengkap rasanya kalau Anda tidak membeli oleh-oleh asli dari kota ini. Surabaya punya segudang souvenir yang siap memuaskan mata dan hati Anda. Anda tidak perlu bingung saat membelinya karena pilihannya sangat banyak. Silakan pilih sendiri souvenir yang sesuai dengan keinginan dan selera pribadi Anda. Saran kami pilih souvenir yang paling khas dan tidak bisa Anda temukan di tempat mana pun.

souvenir-khas-kota-surabaya.jpg

Berikut ini kami bantu pilihkan souvenir-souvenir yang paling khas dari Kota Surabaya. Silakan diborong yang banyak ya!

Kaos Cak Cuk

Jogja punya kaos dagadu. Bali juga punyai kaos joger. Masa iya Surabaya nggak punya kaos khasnya sih? Salah besar karena Kota Surabaya memiliki kaos khas yang bernama kaos cak cuk. Sebagai kaos khas daerah, kaos cak cuk didesain sedemikian rupa agar bisa merepresentasikan Kota Surabaya yang sesungguhnya. Beberapa tulisan dengan bahasa jawa kerap menghiasi kaos ini. Belum lagi kata-kata lucu dan tokoh nyentriknya. Bisa dibilang kaos cak cuk ini wajib Anda beli kalau melancong ke Surabaya.

Patung Sura dan Buaya

Tugu sura dan buaya menjadi landmark yang penting di Kota Surabaya. Tugu ini begitu ikonik berupa sura (ikan hiu) yang sedang bertarung dengan baya (buaya). Anda yang melancong ke Surabaya wajib membeli miniatur patung sura dan buaya untuk dibawa pulang sebab begitu unik. Dijamin perjalanan Anda bisa membawa kenang-kenangan yang sangat mengesankan dengan adanya patung ini. Bentuknya yang sangat menarik juga membuatnya bisa dijadikan hiasan di lemari kaca milik Anda.

Keripik Buah

Jawa Timur memang menjadi provinsi yang paling banyak memproduksi keripik buah. Salah satu sentranya berada di Kota Surabaya. Berbagai jenis buah diolah di sini menjadi keripik yang renyah tanpa menghilangkan cita rasa aslinya. Di antaranya yaitu apel, salak, nanas, mangga, nangka, pepaya, dan masih banyak lagi. Jika mau, Anda juga bisa membeli paket keripik buah yang isinya bermacam-macam buah kok. Jadi bisa lebih puas mencicipinya dan lebih hemat tentunya. Keripik buah di sini digoreng menggunakan metode vacuum frying sehingga tidak berminyak.

Kue Bikang

Kue bikang adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula, dan pewarna. Kue ini memang sudah menyebar luas ke seluruh penjuru negeri. Tapi tahukah Anda kalau kue bikang sebenarnya berasal dari Kota Surabaya? Bahkan di kota ini pun terdapat sentra pembuatan kue bikang yang menghadirkan varian rasa berbeda dari biasanya. Misalnya kue bikang rasa cokelat, pandan, nangka, keju, durian, dan lain-lain. Rasanya yang manis dan gurih berpadu dengan tekstur yang lembut membuat Anda tak kan berhenti memakannya.

Bebek Bakar

Kuliner lain yang berasal dari Kota Surabaya ialah bebek bakar bumbu kacang. Saking diminati bebek bakar asal Surabaya, bahkan banyak sekali warung-warung yang bermunculan. Namun tentu saja bebek bakar yang paling khas tentunya hanya bisa Anda dapatkan di Surabaya langsung. Siapa sangka bebek yang sebelumnya dipandang sebelah mata dibandingkan dengan ayam ternyata justru mempunyai daging yang rasa dan teksturnya lebih lezat. Itu sebabnya, olahan bebek bakar dan bebek goreng khas Surabaya wajib Anda beli sebagai oleh-oleh.

Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak dibuat dari kulit sapi atau kerbau yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi kerupuk yang gurih nan renyah. Kalau menurut kami, rasa kerupuk rambak sapi lebih mantap daripada kerupuk rambak kerbau. Kerupuk rambak ini kalau di Yogyakarta biasa disebut krecek dan sering diolah menjadi bahan masakan yang berkuah santan. Tetapi kalau di Surabaya, kerupuk rambak lebih sering dimakan sebagai camilan. Harga kerupuk rambak ini cukup murah kok. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila ingin memborongnya.

Kerupuk Lobster

Makan kerupuk udang sih sudah biasa. Tetapi bagaimana dengan kerupuk lobster, apakah Anda sudah pernah mencobanya? Kalau ingin mencicipi nikmatnya kerupuk lobster, Anda harus singgah dulu ke Kota Surabaya sebab cuma di sini Anda bisa mendapatkannya. Kerupuk lobster pada dasarnya sama seperti kerupuk udang kebanyakan. Perbedaannya hanya terletak pada bahan baku utamanya saja yaitu lobster. Tentunya rasa kerupuk lobster ini jauh lebih sedap daripada kerupuk udang biasa dan ukuran potongannya pun lebih besar.

Rujak Cingur

Siapa yang mau menikmati rujak dengan sensasi yang berbeda? Kalau Anda bosan dengan olahan rujak yang begitu-begitu saja, cobalah sesekali makan rujak cingur. Rujak cingur ini sebenarnya sama seperti rujak-rujak pada umumnya. Isinya berupa potongan buah-buahan segar yang kemudian disiram menggunakan sambal rujak yang bercita rasa pedas dan manis. Perbedaannya terletak pada potongan-potongan cingur (hidung sapi) rebus yang ditambahkan ke dalam rujak ini. Perlu diketahui, cingur mempunyai rasa mirip seperti krecek tetapi lebih kenyal.

Rawon Setan

Kuliner lain yang juga identik dengan Kota Surabaya ialah rawon. Ini merupakan masakan yang dibuat dari daging sapi yang dipotong kotak-kotak kecil, lalu dimasak menjadi sup. Bumbu yang tidak boleh terlewatkan dari masakan rawon yaitu kluwek. Bumbu ini membuat cita rasa sup sapi menjadi lebih gurih, sedap, dan kuahnya berwarna hitam. Kalau ingin mendapatkan rawon yang khas, belilah rawon setan yang dijajakan pada malam hari. Di sini juga bisa Anda jumpai ceker setan yaitu masakan ceker yang diberi bumbu sangat pedas. Mantap pokoknya!