Daftar Oleh-oleh yang Khas Banget Malang

Kabupaten Malang di Jawa Timur selalu menarik perhatian untuk dikunjungi. Tidak hanya panorama alam dan kemajuan daerahnya saja yang patut ditelusuri, tetapi keramahan warga setempat pun sungguh membekas di lubuk hati. Malang kini telah berhasil menjelma dari daerah yang biasa-biasa saja menjadi destinasi wisata yang menawarkan sejuta pesona. Maka tak heran, banyak orang yang berbondong-bondong memilih berlibur ke Malang.

Setelah puas menikmati pesona yang dimiliki oleh Kabupaten Malang, jangan lupa membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah serta pengingat tentang momen indah yang Anda alami selama berlibur di Malang. Untungnya tidak sulit menemukan oleh-oleh yang khas dari Malang. Pilihannya pun banyak sekali dari mulai makanan, minuman, hingga souvenir. Anda pasti akan puas berbelanja oleh-oleh di sini.

oleh-oleh-khas-malang.jpg

Makanan dan Minuman

Kabupaten Malang dan sekitarnya mempunyai berbagai macam makanan dan minuman yang khas banget. Di antaranya meliputi :

  1. Keripik

Sudah menjadi rahasia umum kalau Malang itu gudangnya keripik. Aneka jenis keripik bisa Anda temukan dengan mudah di sini. Mulai dari keripik yang biasa-biasa saja seperti keripik singkong, keripik kentang, atau keripik tempe sampai keripik-keripik yang unik misalnya keripik nangka, keripik mangga, keripik ikan, keripik usus, dan keripik ceker. Pokoknya Anda pencinta keripik pasti puas banget deh.

  1. Sari Apel

Malang mempunyai perkebunan apel yang sangat luas. Maka jangan heran kalau ada banyak sekali produk olahan apel yang tersedia di sini. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah sari buah apel. Sari apel merupakan minuman yang terbuat dari air sari murni buah apel. Sekilas tampilannya mirip teh, namun rasa dan aromanya sangat berbeda. Sari apel bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Malang.

  1. Ledre Bangka

Sebenarnya ledre merupakan penganan khas dari Kabupaten Bojonegoro. Namun tak sedikit para pedagang di Kota Malang yang menjajakannya. Nikmatnya ledre sudah terbukti membuat para wisatawan untuk selalu membelinya ketika pergi ke Malang. Ledre menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Bentuknya kotak, tipis, dan terasa renyah. Meski begitu, rasa pisangnya sangat kuat.

  1. Bakpao Telo

Dalam bahasa jawa, ubi jalar disebut telo. Masyarakat di Malang biasa mengganti tepung terigu dengan ubi jalar/telo sebagai bahan dasar pembuatan bakpao. Sudah bisa ditebak kalau cita rasa bakpao dari telo ini jauh lebih legit daripada bakpao biasa. Selain itu, warnanya juga lebih menarik sesuai dengan warna ubi jalar yang dipakai. Dan tentunya bakpao telo ini jauh lebih menyehatkan.

Souvenir

Setelah puas memborong makanan dan minuman, jangan lupa untuk membeli juga souvenir berupa cenderamata sebagai oleh-oleh. Malang mempunyai banyak sekali kerajinan tangan yang cocok Anda bawa pulang. Misalnya seperti :

  1. Keramik

Kabupaten Malang juga menjadi salah satu sentra industri pembuatan keramik di Indonesia. Ada banyak sekali pengrajin keramik di daerah ini. Pusatnya sendiri terletak di Desa Dinoyo, Kota Malang. Berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari bahan keramik ada di sini. Anda yang memang sangat menyukai keramik pasti dimanjakan dengan banyaknya ragam pilihan bentuk keramik yang ada.

  1. Topeng

Wayang topeng malangan adalah kebudayaan asli dari Kabupaten Malang. Wayang ini menjadi tradisi budaya sekaligus religiulitas masyarakat setempat sejak Kerajaan Kanjuruhan masih berkuasa. Itu sebabnya, topeng wayang malangan ini sekarang telah dinobatkan sebagai salah satu souvenir asli Malang. Tidak hanya dalam bentuk topeng berukuran besar, topeng ini juga tersedia berupa gantungan kunci dan hiasan dinding.

  1. Batik

Kota Batik memang ada di Pekalongan. Tetapi beberapa daerah di Indonesia sekarang mengembangkan motif batik khas daerahnya masing-masing. Seperti Kabupaten Malang yang sudah berhasil menciptakan motif batik baru yaitu Malang Kucecwara. Di dalam motif ini, tersimpan filosofi yang sangat mendalam tentang adat istiadat di Malang dan sekitarnya.

  1. Tenun

Kabupaten Malang pun tidak mau kalah dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Indonesia. Saat ini, Malang sudah mempunyai beberapa motif tenun khas daerahnya. Salah satunya adalah motif topeng malangan. Bagi Anda yang tertarik membeli kain tenun dengan motif topeng malangan khas dari Kabupaten Malang, kami sarankan pergilah ke daerah Tlogomas, Kota Malang.

  1. Kaos

Seakan tak mau kalah dengan Jogja yang sudah mempunyai kaos dagadu yang menjadi identitasnya, Malang pun memiliki kaos khas yaitu ngalam. Kaos ngalam umumnya didesain dengan gaya anak muda yang bertuliskan kata-kata indah tentang Malang dan sekitarnya. Anda bisa membeli kaos ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan para kerabat. Mereka pasti akan senang menerimanya.