Daftar Lengkap Souvenir yang Harus Dibawa saat Lamaran

Pernikahan merupakan acara paling sakeral yang akan dilakukan oleh semua orang setidaknya sekali di sepanjang kehidupannya. Pernikahan akan mengikat hubungan Anda dan pasangan di sebuah tali yang resmi, baik oleh agama, masyarakat, maupun negara. Namun sebelum prosesi acara pernikahan tersebut dilaksanakan, biasanya ada prosesi lamaran yang mengawalinya. Di acara ini, Anda bertujuan untuk mengikat pasangan menuju ke pernikahan.

Tentunya pada saat acara lamaran ini, Anda tidak bisa datang ke rumah si perempuan dengan tangan kosong. Anda perlu membawa beberapa souvenir sebagai barang bawaan. Beberapa orang bahkan mempercayai bahwa souvenir sebagai simbol tertentu yang akan mendatangkan kebaikan. Bahkan di beberapa suku bangsa, terdapat aturan-aturan khusus mengenai souvenir apa saja yang harus dibawa pada saat seseorang akan melamar calon istrinya.

Nah, berikut ini daftar lengkap barang-barang yang biasa digunakan sebagai souvenir ketika seseorang hendak melamar pasangannya!

Perhiasan

souvenir-lamaran-cincin.jpg

Yang paling utama tentu adalah perhiasan, atau lebih tepatnya yaitu cincin. Cincin merupakan simbol pengikat dan penanda dari Anda. Cincin yang nantinya akan Anda berikan ke pasangan berfungsi untuk mengikat hubungan Anda semakin erat serta menandai bahwa orang tersebut merupakan calon pasangan Anda. Cincin yang biasa digunakan ialah cincin emas. Walaupun sebenarnya Anda bisa menggunakan cincin dari bahan lainnya. Bahkan kalau mau unik, Anda bisa memberikan cincin dari akar tanaman. Tentunya Anda perlu membuat kesepakatan dulu dengan pihak perempuan agar mereka tidak menggerutu saat menerimanya.

Uang

souvenir-lamaran-uang.jpg

Kalau bisa, Anda juga perlu memberikan uang secukupnya kepada perempuan saat prosesi lamaran ini berlangsung. Dengan uang tersebut, Anda setidaknya telah ikut membantu pihak perempuan untuk membiayai acara lamaran ini. Tentunya acara lamaran juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit, meski biayanya tidak sebesar acara pernikahan. Paling tidak uang ini akan menjadi bukti bahwa Anda siap menanggung biaya kehidupan ketika sudah menikahinya. Uang sebaiknya cukup dimasukkan ke dalam amplop atau bingkisan. Jangan melipat-lipat atau membentuk uang tersebut karena bisa Anda dikenakan hukuman pidana.

Mukena

souvenir-lamaran-mukena-perempuan.jpg

Bagi pemeluk agama islam, Anda perlu memberikan sebuah mukena baru kepada calon istri. Sedangkan untuk pemeluk agama yang lain, Anda bisa menyesuaikannya dengan busana yang biasa dipakai oleh para perempuan pada saat beribadat. Mukena ini begitu penting diberikan supaya pasangan Anda tetap berpegang teguh kepada agama. Hubungan serius antara Anda dengannya diikat oleh agama. Semoga dengan agama yang taat, Anda dan pasangan akan mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Pakaian

souvenir-lamaran-pakaian.jpg

Saat akan melamar seorang perempuan, Anda juga sebaiknya membawa pakaian untuknya. Pakaian berfungsi sebagai busana yang akan membuatnya tampil cantik di mata Anda serta melindungi tubuhnya. Pakaian bisa menjadi simbol dari diri Anda sendiri yang setiap saat akan berusaha menjaganya dengan sepenuh hati. Anda merasa yakin seyakinnya siap melindungi dia dari berbagai marabahaya dan siap pula untuk menciptakan rumah tangga yang bahagia bersama dengannya. Untuk urusan pakaian ini, Anda bisa membelinya bersama pasangan agar tidak salah pilih dan dia pun mau mengenakannya dengan senang hati.

Kosmetik

souvenir-lamaran-alat-kosmetik.jpg

Apalagi yang disukai oleh para perempuan selain kosmetik. Peralatan kosmetik akan membuat dia nampak cantik. Anda pasti akan semakin tertarik dengannya ketika dia memakai kosmetik. Berhubung para pria biasanya tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang kosmetik, Anda sebaiknya mengajak calon istri Anda ketika membeli peralatan ini. Toh, dia sendiri yang nanti akan memakainya, pasti dia tahu betul kosmetik seperti apa yang cocok untuknya. Anda dapat mengemas peralatan kosmetik ini menggunakan wadah yang menarik.

Dompet

souvenir-lamaran-dompet.jpg

Jangan lupa membawa dompet baru sebagai souvenir ketika Anda melamar kekasih ya. Fungsi dompet ini begitu penting untuk dia menyimpan uang. Dompet merupakan simbol amanat yang Anda berikan secara penuh kepadanya untuk mengelola penghasilan Anda dan keuangan keluarga dengan baik. Dia harus mempunyai dompet sendiri untuk mengatur semua uang itu. Anda bisa membelikan sebuah dompet yang ukurannya cukup besar. Misalnya seperti dompet yang bisa difungsikan sebagai tas jinjing. Dia pasti akan sangat menyukainya.

Sandal

souvenir-lamaran-sandal-wanita.jpg

Sandal juga penting dibawa saat Anda pergi melamar kekasih. Alas kaki ini merupakan simbol dari Anda untuk mengajak pasangan melangkahkan kaki bersama-sama. Baik susah maupun senang akan Anda nikmati berdua selama-lamanya. Anda tidak akan pernah mengkhianati kesetiaannya. Anda akan terus berusaha bersama dengannya. Namun ingat, tanyakan dulu berapa nomor sandal calon istri Anda. Jangan sampai salah membelikan sepatu yang terlalu besar atau malah kekecilan sebab dia pasti tidak akan memakainya.

Jajanan

souvenir-lamaran-jajanan-wajik.jpg

Barang bawaan lain yang penting yaitu aneka jajanan pasar. Biasanya jajanan ini disesuaikan dengan suku Anda masing-masing. Misalnya untuk suku Jawa umumnya membawa jajanan yang memiliki rasa manis dan teksturnya lengket sebagai perlambat hubungan Anda bersama pasangan akan senantiasa manis dan erat terus-menerus sampai kakek nenek nanti. Tiga jenis jajanan yang selalu dibawa oleh orang Jawa saat melamar kekasihnya yaitu jenang, gemblong, dan wajik.

Buah-buahan

souvenir-lamaran-buah-pisang.jpg

Jenis souvenir lainnya yang mesti dibawa yaitu buah-buahan. Buah menjadi simbol dari hubungan yang manis serta rumah tangga yang selalu bahagia. Uniknya baik dalam acara lamaran maupun pernikahan, masyarakat biasanya hanya membawa buah-buahan lokal saja. Buah yang paling banyak dipilih yaitu pisang. Bukan cuma satu atau dua tandan buah pisang, melainkan bisa sampai sepuluh tandan buah pisang sekaligus. Anda bisa mengemasnya ke dalam keranjang plastik atau anyaman bambu yang besar.