Daftar Lengkap Hantaran Pernikahan Khas Suku Sunda

Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling sakeral di kehidupan seseorang. Pernikahan akan membawa kita ke kehidupan baru. Sebuah keluarga kecil milik kita sendiri akan tercipta melalui prosesi pernikahan tersebut. Sehingga wajar apabila kita harus mempersiapkan pernikahan ini dengan sebaik-baiknya. Persiapan ini hendaknya mencakup keseluruhan proses pernikahan. Termasuk pada saat acara saserahan juga. Siapkan barang-barang yang akan dibawa sebagai hantaran dengan baik.

Biasanya hantaran pernikahan disesuaikan dengan suku bangsa calon mempelai pria. Tujuannya untuk menunjukkan identitas asli Anda kepada keluarga besar calon mempelai wanita. Contohnya kalau Anda merupakan orang sunda, maka bawalah hantaran pernikahan khas suku sunda. Begitu pula jikalau Anda adalah orang jawa, orang batak, orang bugis, dan lain-lain. Umumnya acara saserahan pada suku sunda dilaksanakan pada 3-7 hari sebelum tanggal perhelatan acara pernikahan.

Di dalam adat kebudayaan sunda, saserahan mempunyai makna yang sangat mendalam. Prosesi ini dilangsungkan dengan pemberian serangkaian barang-barang yang dibutuhkan dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Secara adat istiadat, acara ini termasuk wajib dilakukan. Meski di bidang agama, tidak ada yang namanya saserahan. Acara saserahan mengandung arti pembekalan dalam berumah tangga. Sehingga barang-barang yang dipakai pun memiliki fungsi yang krusial.

Khususnya bagi Anda yang merupakan orang sunda, ada beberapa barang yang biasa digunakan untuk hantaran pernikahan yaitu :

Perlengkapan Ibadah

hantaran-pernikahan-sunda-quran.jpg

Barang nomor satu yang harus ada di dalam setiap acara saserahan yaitu perlengkapan ibadah. Karena agama memang harus menjadi pondasi utama dalam berumah tangga. Kunci sukses kebahagiaan dalam menjalin rumah tangga yaitu menjaga agama semua anggota keluarganya. Itu sebabnya, perlengkapan ibadah menjadi barang yang harus dibawa saat saserahan. Tak terkecuali pula dalam suku bangsa sunda. Tentunya jenis perlengkapan ibadah yang dipilih harus sesuai dengan agama yang dianut oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika Anda beragama islam, maka barang-barang yang perlu dibawa antara lain mukena, sajadah, Al Quran, dan tasbih.

Perhiasan

hantaran-pernikahan-sunda-cincin.jpg

Perhiasan menjadi simbol atas penghargaan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Oleh sebab itu, semakin banyak dan besar perhiasan yang diberikan menunjukkan semakin sayangnya rasa cinta calon mempelai pria kepada wanita pujaan hatinya. Jenis perhiasan yang paling sering dipilih yaitu cincin emas. Kemudian bila ingin memberikan jenis perhiasan yang lainnya bisa juga memberikan kalung, gelang, dan anting-anting. Sebenarnya sih bahannya tidak perlu harus emas. Kalau ingin unik, Anda bisa juga memakai anyaman bahan-bahan alami. Tapi harus dirundingkan dulu ya!

Kebaya dan Kain Batik

hantaran-pernikahan-sunda-batik.jpg

Untuk mengusung jati diri serta rasa bangga terhadap kebudayaan sendiri, janga lupa untuk membawa kebaya serta kain batik. Bukan hanya masyarakat jawa dan betawi saja yang mempunyai kebaya dan batik, tapi suku sunda pun memilikinya. Kebaya merupakan pakaian tradisional wanita bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa, termasuk suku sunda. Begitu pula dengan kain batik yang merupakan kain tradisional. Biar lebih menarik dan melambangkan keindahan yang perkasa, kebaya dan kain batik ini umumnya dibentuk menjadi burung merak.

Kosmetik dan Alat Mandi

hantaran-pernikahan-sunda-handuk.jpg

Barang lain yang juga perlu dibawa ketika acara saserahan yaitu peralatan kosmetik dan perlengkapan mandi. Keduanya tidak boleh terlupakan sebab memiliki makna yang sangat penting. Alat-alat kosmetik merupakan simbol keindahan dari seorang wanita. Calon istri Anda bakal senantiasa terlihat cantik serta memikat hati dengan menggunakan peralatan kosmetik tersebut. Sedangkan alat mandi membuatnya dapat menjaga kebersihan badan. Selain sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan shampo, Anda pun perlu memberikan sebuah handuk yang cantik.

Alas Kaki dan Pakaian

hantaran-pernikahan-sunda-pakaian.jpg

Buatlah calon mempelai wanita semakin senang dengan hadiah berupa sepatu yang Anda bawa ketika acara saserahan dilaksanakan. Sepatu pemberian Anda ini akan membuatnya semakin mantap dalam melangkahkan kakinya bersama dengan Anda. Jangan lupa menanyakan nomor sepatu pasangan Anda ya biar tidak salah beli. Kemudian untuk jenis pakaian yang dibeli dapat disesuaikan dengan model pakaian yang biasa dikenakan oleh pasangan Anda. Untuk saat ini, gamis menjadi pakaian yang paling banyak diberikan ke calong mempelai wanita saat saserahan.

Pakaian Dalam

Unik sekali memang. Sebuah acara saserahan memang tidak terlepas dari pakaian dalam yang diberikan oleh calon mempelai laki-laki ke calong mempelai perempuan. Pakaian dalam ini menyimbolkan tentang hubungan antara keduanya yang semakin intim setelah diberlangsungkannya acara saserahan ini. Untuk pengemasannya, Anda bisa membentuk pakaian dalam tersebut menjadi bunga, burung, atau bentuk lain yang unik supaya wujudnya tersamarkan. Kalau tetap merasa tidak enak, Anda juga bisa menaruh semua pakaian dalam ini di dalam tas.

Makanan Ringan

hantaran-pernikahan-sunda-makanan.jpg

Jangan lupa juga untuk membawa makanan ringan saat acara saserahan. Setidaknya makanan ringan ini akan menjadi suguhan bagi para tamu yang hadir. Sehingga Anda pun turut menyambut para tamu yang telah sudi datang di acara saserahan Anda berdua. Untuk jenis makanan ringannya disarankan memilih makanan-makanan yang rasanya manis serta memiliki tekstur yang kenyal dan legit. Hal ini bisa menjadi simbol dari rumah tangga yang bahagia dan harmonis, manis selama-lamanya.

Buah-buahan

hantaran-pernikahan-sunda-buah.jpg

Tentu barang bawaan lainnya yang tidak boleh lupa dibawa yaitu buah-buahan segar. Buah-buahan ini memang cocok sekali dibawa untuk acara apapun. Termasuk untuk acara saserahan pun Anda tak boleh melupakannya. Anda bisa memilih buah-buahan lokal maupun impor untuk dibawa. Disarankan untuk mengemasnya di dalam sebuah keranjang yang cantik supaya pesona buah ini bakal terlihat semakin menarik.