Contoh Souvenir Haji yang Tepat untuk Oleh-oleh

Apakah souvenir yang tepat untuk oleh-oleh haji? Rukun islam berjumlah ada lima. Poin yang kelima adalah menunaikan ibadah haji bagi orang yang mampu. Anda patut bersyukur jika diberikan kemampuan untuk pergi berhaji. Salah satu caranya ialah berbagi rasa kebahagiaan tersebut dengan orang-orang sekitar. Anda bisa mengadakan acara syukuran secara sederhana sebelum kepergian haji yang bakal Anda lakukan.

Anda pasti merasa sangat bahagia saat ini karena impian Anda untuk bisa pergi haji ke Tanah Suci akhirnya bisa terwujud menjadi kenyataan. Setelah Anda selesai menunaikan ibadah haji dan pulang ke rumah dengan selamat, jangan lupa untuk memberikan oleh-oleh kepada para tetangga di lingkungan sekitar tempat tinggal. Oleh-oleh tersebut berupa souvenir khas sehingga orang-orang yang menerimanya bisa ikut merasakan berada di Negara Arab Saudi.

souvenir-oleh-oleh-haji.jpg

Di bawah ini beberapa contoh oleh-oleh yang cocok dijadikan sebagai souvenir haji!

Sarung/Mukena

Umat islam di Indonesia mempunyai busana khusus untuk menunaikan ibadah sholat. Kalau pria biasanya menggunakan sarung, sedangkan para wanita memakai mukena. Jadi Anda bisa menggunakan sarung atau mukena sebagai buah tangan dari berhaji. Faktanya adalah kedua benda ini memang paling populer dijadikan untuk souvenir haji. Anda bisa membeli sarung atau mukena dengan model terbaru supaya orang yang menerimanya mau mengenakannya.

Sajadah

Barang kedua yang paling sering dijadikan souvenir haji ialah sajadah. Sajadah merupakan alas tikar yang khusus digunakan untuk sholat. Sajadah ini biasanya memiliki motif khas islami. Itu sebabnya, Anda bisa menggunakan sajadah sebagai oleh-oleh setelah menunaikan ibadah haji. Sedikit tips dari kami, pilihlah sajadah yang memiliki motif bertema khas Timur Tengah. Hindari sajadah yang coraknya biasa-biasa saja agar souvenir Anda menjadi lebih istimewa.

Kopiah

Kopiah juga sangat pantas dijadikan sebagai souvenir haji. Kopiah atau peci merupakan perlengkapan sholat bagi pria untuk menahan ujung rambut depan supaya tidak menutupi dahi. Pilihlah kopiah yang desain bentuknya seperti yang biasa dipakai oleh orang-orang di Tanah Suci supaya lebih berkesan. Kalau bisa, beli kopiah yang terbuat dari benang kait agar terasa lebih adem dan ukurannya bisa disesuaikan dengan mudah.

Baju

Jika Anda mempunyai anggaran yang cukup banyak, tidak ada salahnya membagi-bagikan baju setelan sebagai oleh-oleh dari pergi haji. Semua orang yang menerimanya pasti akan merasa senang. Sama seperti barang yang lain, kami juga menyarankan Anda membeli baju khas Timur Tengah untuk dipakai sebagai oleh-oleh. Namun tidak ada salahnya juga bila Anda lebih tertarik membeli busana muslim khas Indonesia supaya orang-orang yang menerimanya akan sering mengenakan baju tersebut.

Camilan

Penduduk di Arab Saudi tentu mempunyai penganan khas yang berbeda dari Indonesia. Jadi akan sangat bagus bila Anda memilih camilan sebagai buah tangan setelah pergi berhaji. Ada banyak sekali camilan khas Timur Tengah yang cocok dijadikan oleh-oleh. Misalnya seperti kurma, kacang arab, kismis, buah tin, atau cokelat. Anda bisa mengemas lagi semua camilan tersebut ke dalam plastik yang lebih kecil sehingga semua orang yang Anda kenal bisa mendapatkannya. Jangan lupa lengkapi dengan air zamzam juga ya.

Kosmetik

Selain makanan dan minuman, penduduk di Arab Saudi juga mempunyai bahan-bahan kosmetik tradisional yang khas. Bahan kosmetik tersebut lah yang biasa mereka gunakan untuk merias diri. Mulai dari celak pensil, parfum, sampai dengan lipstik hare pun bisa Anda gunakan untuk oleh-oleh haji buat tetangga di lingkungan sekitar. Kalau bisa lampiri juga alat kosmetik tersebut dengan kertas berisi keterangan cara penggunaannya karena pasti masih banyak yang belum tahu.