Contoh Menu Makanan Resepsi Pernikahan Jawa

Anda perlu contoh makanan resepsi pernikahan bertema Jawa? Pesta pernikahan wajib dilengkapi menu makanan yang menjadi suguhan bagi para tamu. Anda harus memilih menu tersebut dengan baik dan menyesuaikannya dengan tema acara pernikahan. Contohnya jika Anda menyelenggarakan pesta pernikahan dengan tema adat istiadat Jawa, maka makanan-makanan yang tersaji pun harus berasal dari kuliner khas Jawa.

Tetapi masakan khas Jawa apa saja ya yang cocok dihidangkan pada saat pesta pernikahan?

  1. Gudeg

Gudeg adalah menu yang wajib ada kalau Anda mengadakan resepsi pernikahan ala Jawa. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dipotong-potong lalu dimasak dengan santan kental. Rasa yang dominan dari masakan ini ialah gurih dengan rasa manis sedikit di ujung lidah. Menu ini menggambarkan sikap masyarakat Jawa yang lemah lembut. Sebaiknya hidangkan gudeg kering agar tamu tidak repot saat menikmatinya.

contoh-menu-makanan-resepse.jpg

  1. Soto Pacitan

Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai soto yang khas. Begitu pula dengan masyarakat Jawa yang memiliki beberapa varian soto seperti soto pacitan, soto kudus, soto kendal, soto semarang, dan lain-lain. Namun di antara soto itu semua, kami menyarankan pilihlah soto pacitan yang sudah terkenal akan kelezatannya. Soto ini berisi irisan kentang goreng, tahu, kacang merah, dan kol yang ditemani sambal petai.

  1. Rawon

Sudah tidak diragukan lagi kalau rawon memiliki cita rasa yang sungguh lezat. Kuliner ini terbuat dari potongan daging sapi yang diberi bumbu kluwek sehingga membuat kuahnya terasa lebih sedap dan berwarna hitam. Sebelum disajikan, rawon biasanya ditambahi dengan taoge dan daun melinjo yang telah direbus. Kami jamin semua tamu yang datang ke acara pernikahan Anda akan merasa puas setelah menyantap rawon.

  1. Ayam Kalasan

Salah satu olahan ayam khas Jawa yang paling cocok dihidangkan di prasmanan pesta pernikahan ialah ayam kalasan. Ayam kalasan dibuat dengan mengungkep ayam dengan bumbu khusus terlebih dahulu, lalu membakar atau menggorengnya. Setelah itu, ayam yang telah masak ini disajikan bersama bumbu kalasan. Rasanya sangat enak dan mampu membuat siapa pun yang merasakannya hanyut dalam kentalnya budaya Jawa.

  1. Empal Gentong

Empal gentong sekilas mirip sekali seperti gulai. Bumbu-bumbu yang digunakan pun hampir sama. Bedanya adalah empal gentong cenderung menggunakan jeroan sapi sebagai bahan bakunya. Penyajiannya pun harus menggunakan gentong yakni sejenis kuali dari tanah yang ukurannya sangat besar. Rasanya sudah pasti sangat lezat dan sanggup menggoyang lidah siapa saja.

  1. Sate

Aneka olahan sate yang disajikan pastinya akan membuat semua tamu Anda merasa sangat gembira. Kenapa? Sebab sate sudah terkenal akan kelezatannya. Hampir semua orang juga menyukai olahan daging yang ditusuk lalu dibakar ini. Anda bisa memilih sate ayam, sate kambing, atau sate sapi untuk dihidangkan kepada para tamu. Sempurnakan rasa sate tersebut dengan bumbu kacang yang khas dari daerah Jawa.

  1. Baceman

Bacem-baceman juga selalu ada di setiap pesta pernikahan yang mengusung nuansa Jawa. Hal ini dikarenakan menu baceman memang sangat kental dengan budaya Jawa. Baceman adalah olahan makanan yang umumnya terbuat dari tahu dan tempe yang direbus di dalam bumbu dari gula jawa. Sebelum disajikan, tahu dan tempe yang telah dibacem tadi digoreng sebentar agar rasa gurihnya lebih keluar.