Cara Merawat Bunga Potong agar Kesegarannya Bertahan Lama

Siapa pun tak kuasa untuk menolak setangkai bunga potong. Bunga potong merupakan salah satu benda paling indah di dunia ini. Keindahan bunga potong tercipta dari bentuknya yang menarik, warnanya yang cerah, dan aromanya yang harum semerbak. Berkat pesonanya tersebut, bunga potong biasa digunakan sebagai hiasan alami dari suatu ruangan. Cukup menempatkan setangkai bunga potong ini ke dalam vas saja, maka penampilan seisi ruangan pun akan menjadi semakin indah.

Bunga potong banyak tersedia di toko tanaman atau toko bunga khusus. Anda bisa membelinya satuan maupun karangan bunga. Pilihlah bunga potong tersebut dengan teliti supaya Anda bisa mendapatkan bunga yang segar, awet, dan tidak cepat layu. Tugas selanjutnya yaitu merawat bunga potong tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga pesonanya mampu bertahan lama. Lantas, bagaimana sih cara merawat bunga potong yang benar? Apa saja hal-hal yang mesti kita lakukan untuk merawatnya?

cara-merawat-bunga-potong.jpg

Pilihlah Bunga Potong yang Kondisinya Paling Segar

Sebenarnya sah-sah saja apabila Anda memilih bunga potong yang sudah mekar secara sempurna atau kuntum bunga yang telah menampilkan warnanya. Tapi bila Anda menginginkan bunga potong tersebut mampu bertahan cukup lama, sebaiknya sih pilihlah bunga potong yang kondisinya masih kuncup. Bunga potong ini biasanya dibungkus di dalam sebuah cone dari kertas atau plastik. Disarankan untuk memilih bunga potong yang mahkotanya tertutupi cone sehingga terlindungi dan tidak gampang gugur. Ciri-ciri bunga potong yang berkualitas bagus yaitu batangnya bersih, berdiri tegak, kondisinya sehat, berwarna kehijau-hijauan, serta bebas dari hama dan penyakit.

Memotong Bunga Potong untuk Menjaga Kesegarannya

Sebelum diletakkan ke dalam vas, bunga potong mesti dibersihkan bagian bunga dan batangnya terlebih dulu. Bersihkan batang bunga tersebut dengan teliti, buanglah daun-daun yang telah layu, serta lapisan lendir yang menempel di daun dan bunganya. Untuk menjaga kesegarannya, Anda dapat memotong batang bunga secara diagonal memakai gunting tanaman, cutter, atau pisau yang tajam supaya tidak merusak aringannya. Sebab kalau kondisi batang ini rusak, maka penyerapan airnya akan menjadi jelek sehingga bunga potong tersebut bakal cepat membusuk. Anda juga mesti memotong batang bunga ini secara berkala untuk membuatnya lebih tahan lama.

merawat-bunga-potong-segar.jpg

Masukkan Bunga Potong di Vas Bersih yang Berisi Air

Agar kesegaran bunga potong dapat bertahan lama, letakkan bunga ini ke dalam vas yang bersih serta bebas dari bakteri. Sebelum dipakai, vas sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu memakai cairan sabun cuci piring. Karena kotoran dapat menyumbat sirkulasi nutrisi dan air yang dapat menyebabkan bunga potong cepat membusuk. Lantas masukkan air secukupnya ke dalam vas tersebut. Tambahkan 2-3 tetes cairan pemutih pakaian per 1 liter air untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Direkomendasikan pula untuk memasukkan sebongkah arang guna membantu memurnikan air di dalam vas.

Penggunaan air hangat akan membuat kuntum bunga potong cepat mekar. Sedangkan pemakaian air yang dingin sanggup memperlambat perkembangan bunga potong serta membuat proses mekarnya bunga akan berjalan secara lambat. Hal ini akan membuat bunga potong lebih awet. Namun Anda harus ingat kalau penggunaan air dengan suhu yang terlalu ekstrem akan membuat bunga potong cepat rusak. Setelah itu, Anda bisa memasukkan bunga potong ke dalam vas cukup sampai bagian batangnya saja. usahakan bagian daun dari bunga potong tersebut jangan sampai terendam karena dapat membuatnya cepat membusuk.

Letakkan Bunga Potong di Sudut Ruangan yang Paling Tepat

Faktanya posisi penempatan bunga potong juga dapat mempengaruhi tingkat kesegarannya. Jika salah, bunga potong tersebut akan cepat layu, membusuk, mengering, atau berguguran. Sebaiknya sih Anda menghindari penempatan bunga potong di tempat-tempat yang terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Kalau Anda ingin menaruhnya di ruangan yang dilengkapi dengan AC, bunga potong ini harus dikeluarkan di tempat terbuka secara berkala untuk beberapa saat supaya bisa mendapatkan udara yang segar. Pasalnya bunga potong yang terkena AC terus-menerus akan cepat mengering. Sudut ruangan yang paling ideal sebagai tempat peletakan bunga potong yaitu di dekat ventilasi udara.