Cara Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak

Bagaimana cara mempersiapkan pesta ulang tahun anak? Walaupun kelihatannya sepele, pesta ulang tahun merupakan salah satu momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh setiap orang sepanjang hidupnya. Tidak terkecuali pula dengan si buah hati Anda. Dia akan terus mengingat bagaimana Ayah dan Bundanya membuatkan perayaan ulang tahun spesial khusus untuk dirinya. Dia pun akan semakin mengerti bahwa betapa kedua orang tuanya menyayanginya dengan sepenuh hati.

Apabila Anda saat ini mempunyai tabungan dalam jumlah yang lumayan, tidak ada salahnya Anda sekali-kali menyenangkan hati si kecil dengan mengadakan pesta ulang tahun untuknya. Jika dihitung-hitung, anggaran yang perlu dikeluarkan untuk menggelar pesta ulang tahun anak tidak terlalu banyak kok. Malahan manfaat yang akan didapatkan dari perayaan ulang tahun tersebut jauh lebih besar. Kami jamin seratus persen anak Anda bakal merasa sangat gembira dan begitu antusias saat mendengarnya.

pesta-ulang-tahun-anak.jpg

Pesta ulang tahun anak tidak perlu dibuat terlalu mewah. Poin yang paling penting adalah suasana pesta sangat kental dengan dunia anak sehingga semua tamu yang hadir bisa menikmatinya. Silakan ikuti saran-saran dari kami berikut ini untuk mendapatkan inspirasinya!

Tentukan Tema yang Tepat

Semua pesta harus mempunyai tema yang matang. Supaya tidak salah pilih, Anda harus melibatkan anak untuk menentukan tema pesta ulang tahunnya. Ingat ya Ayah dan Bunda tidak seluruh anak memiliki selera yang sama seperti orang tuanya. Anda harus menghargai pendapat si kecil agar mereka tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri, berani berpendapat, dan menghargai teman-temannya. Anak-anak biasanya suka sekali dengan tema yang berkaitan dengan animasi, kartun, superhero, boneka, binatang, dan tumbuh-tumbuhan.

Buat Daftar Tamu yang Realistis

Agar Anda bisa mendapatkan gambaran seberapa besar pesta yang akan dibuat, catatlah daftar tamu yang akan diundang secara realistis. Anak-anak biasanya akan mengundang teman bermain, teman kelas, dan teman kursus ke acara ulang tahunnya. Usahakan semua anak yang dikenal baik oleh buah hati Anda mendapatkan undangan. Sebab tak jarang seseorang akan merasa sakit hati apabila tidak diundang ke pesta ultah temannya. Ayah dan Bunda sebaiknya memahami dengan kondisi ini.

Susun Daftar Acara Hiburan

Anak-anak selalu aktif setiap saat. Mereka akan cepat merasa bosan apabila disuruh diam saja. Jadi supaya suasana di pesta ulang tahun Anak Anda terasa menyenangkan, buatlah susunan acara yang sarat akan hiburan. Ada banyak sekali pilihan acara yang bisa diterapkan pada pesta ulang tahun anak-anak. Misalnya seperti pertunjukan sulap, badut, kuis berhadiah, topeng monyet, trampolin, bongkar pasang, dan sebagainya. Kalau perlu libatkan pula orang-orang dewasa yang mengantarkan anaknya untuk turut serta memeriahkan acara dengan games khusus.

Catat Barang-barang yang Harus Dibeli

Setelah beres dengan urusan tema pesta, daftar tamu, dan susunan acara, kini Anda harus berbelanja barang untuk mewujudkan rencana tersebut. Anda harus mencatatnya di atas kertas atau menu notes pada smartphone agar tidak sampai melupakannya. Okelah kalau saat ini Anda bisa mengingat semuanya dengan gamblang, tetapi dalam kurun waktu 5-6 jam lagi pasti ada beberapa item yang terlupa. Jadi jangan pernah malas untuk mencatat daftar belanjaan.

Makanan dan Minuman yang Pas

Poin yang wajib ada di setiap acara pesta ulang tahun akan adalah makanan dan minuman. Pilih bahan makanan yang memang sangat disukai oleh anak-anak seperti ayam goreng, nugget, sosis, dan kentang goreng. Anda tidak boleh kekurangan menu yang satu ini. Ada baiknya sediakan makanan dan minuman dalam jumlah yang lebih banyak dari jumlah tamu undangan yang bakal hadir.

Jangan Lupakan Souvenir

Jangan biarkan para tamu pulang dengan tangan kosong. Anda harus memberikan oleh-oleh sebagai bentuk ucapan terima kasih banyak. Yap, souvenir merupakan barang wajib yang harus Anda sediakan buat pesta ulang tahun si buah hati. Anda tidak harus memilih souvenir yang harganya mahal kok. Lebih baik pilihlah souvenir yang mampu memberikan kesan mendalam bagi para penerimanya. Contohnya souvenir berupa foto anak Anda bersama teman-teman sekelasnya yang dibingkai di dalam pigura yang menarik.