Cara Membedakan Bunga Potong yang Segar dan Tidak

Apa yang paling indah di dunia ini? Pasti Anda setuju kalau salah satunya ialah bunga. Bunga merupakan keindahan yang terbentuk secara alami. Bunga menjadi bukti nyata bahwa alam memang begitu indah. Bunga mempunyai pesona berwarna-warni yang membuatnya sangat menarik. Bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Ada bunga yang berukuran kecil, namun tidak sedikit pula yang mempunyai ukuran raksasa. Soal aromanya boleh diadu deh. Beberapa bunga bahkan sering dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum.

Keindahan bunga disukai oleh semua orang. Sebab tidak hanya menarik untuk dilihat saja, tetapi bunga pun mampu memberikan manfaat yang lain. Bunga sanggup menyegarkan pikiran, menghilangkan rasa stres, menciptakan perasaan bahagia, sampai meningkatkan konsentrasi kita. Beberapa bunga bahkan kerap dijadikan sebagai simbol untuk mengungkapkan perasaan tertentu kepada orang lain. Contohnya seperti bunga sebagai ungkapan rasa cinta, kasih sayang, permintaan maaf, persahabatan, dan lain-lain. Mangkanya bunga ini laris manis di pasaran.

memilih-bunga-potong-yang-segar.jpg

Memilih bunga, apalagi bunga potong, membutuhkan trik tersendiri agar Anda bisa mendapatkan bunga potong yang masih segar. Sebab bunga potong yang sudah tidak segar lagi alias layu maka tak akan awet serta cepat mengalami kerusakan.

Ciri-ciri Bunga Potong yang Segar

Bunga potong yang segar mempunyai ciri-ciri yang jelas dan berbeda dari bunga potong yang tak segar. Bunga yang segar memiliki tekstur kelopak bunga yang kuat, kokoh, dan terasa sedikit keras. Bentuk kelopak bunga tersebut utuh, tidak sobek, tidak mempunyai bercak hitam, serta tidak kering. Warnanya juga cerah dan jelas, tidak pudar seperti kemerah-merahan atau kekuning-kuningan. Bunga potong yang segar ini mampu bertahan lama di dalam vas, serta tetap kelihatan indah.

Ciri-ciri Bunga Potong yang Tidak Segar

Bunga potong yang sudah tidak segar lagi sebaiknya tidak dibeli meskipun penjualnya telah memberikan diskon yang cukup besar. Sebab keindahan bunga tersebut tidak mampu bertahan lama dan akan cepat mengalami kerusakan. Ciri-ciri bunga potong yang sudah tidak segar di antaranya memiliki kelopak yang terasa lembek atau nampak lembab di bagian bawahnya. Kelopak tersebut berwarna pudar, tidak utuh, sobek, ada bercak hitamnya, atau sebagian terlihat seperti terbakar.

tips-memilih-bunga-potong.jpg

Cara Membedakan Bunga Potong yang Segar dan Tidak Segar

Dibutuhkan kejelian yang cukup tinggi dalam memilih bunga potong supaya Anda berhasil mendapatkan bunga yang benar-benar masih segar. Tenang saja. Lama-kelamaan Anda pasti akan terbiasa kok.

  1. Perhatikan bagian bawah kelopak bunga potong tersebut. Jika masih segar, kelopaknya memiliki tekstur yang kuat dan terasa sedikit keras. Sebaliknya untuk bunga potong yang sudah tak segar, bagian bawah kelopak bunga ini terasa lebih lembek atau lembab.
  2. Jangan lupa memperhatikan warna kelopak si bunga potong. Bunga potong yang segar memiliki warna kelopak yang cerah. Sebisa mungkin hindari memilih bunga dengan warna kelopak yang sudah memudar, transparan, atau kecokelat-cokelatan.
  3. Perhatikan pula kondisi kelopak bunga, terutama keutuhan bentuknya. Usahakan Anda memilih bunga potong dengan kelopak yang sempurna karena berpengaruh terhadap keindahannya. Jangan memilih bunga yang kelopaknya tidak utuh, sobek, ada bercak, kering, atau terbakar.
  4. Periksa batang bunga potong dengan teliti sebab Anda bisa mengetahui tingkat kesegarannya dari sini. Bunga yang segar memiliki batang yang kuat, bersih, hijau terang, tanpa bercak, serta tidak berlubang. Batang ini akan berubah menjadi lembek dan berwarna kecokelatan bila sudah tak segar lagi.
  5. Bunga yang menyertai bunga potong juga bisa menjadi pertanda kesegarannya. Bunga potong yang segar mempunyai daun yang berwarna hijau segar, utuh, dan kuat. Jangan pernah membeli bunga jika daunnya sudah menguning, kecokelatan, atau berbintik-bintik halus.
  6. Anda juga harus memperhatikan daun kecil yang tumbuh di antara tangkai dan kelopak bunga. Daun kecil ini harus nampak sehat, segar, dan berwarna hijau terang. Jikalau daun ini terlihat gelap, hijau tua, ada bercak, berwarna merah di sekelilingnya, berarti bunga tadi sudah disimpan cukup lama.
  7. Penjual biasanya akan meletakkan produk-produk bunga potongnya di dalam vas yang telah diisi air. Anda dapat memeriksa air di dalam vas tersebut untuk mengetahui kesegaran bunga. Air di vas ini harus terlihat segar. Jika airnya sudah berbau, keruh, atau berlendir, artinya bunga tadi sudah tak segar.

ciri-ciri-bunga-potong-segar.jpg

Tips Membeli Bunga Potong

Ketika hendak membeli bunga potong, sebaiknya pilihlah bunga yang kondisinya masih kuncup alias belum mekar sempurna.