Aneka Macam Souvenir Khas dari Kota Samarinda

Terdapat  begitu banyak daerah yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Kalimantan. Apalagi kalau Anda berasal dari luar pulau, Anda pasti akan mendapatkan banyak pengalaman baru di sini. Jika ingin melancong ke sini, Anda dapat memulainya dari kota-kota yang menjadi ibukota berbagai provinsi di Pulau Kalimantan. Salah satunya yaitu Samarinda. Samarinda ialah ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur yang kelak bakal menjadi ibukota Negara Indonesia.

Di Samarinda, Anda akan menemukan objek wisata Air Terjun Tanah Merah, Berambai, dan Pinang Seribu. Ada pula Taman Wisata Lembah Hijau, Mahakam Lampion Garden, Botanical Garden Samarinda, serta Tepian Mahakam Park. Khusus bagi Anda yang suka bermain-main dengan air di kolam renang, ada nih Jungle Water World, Kolam Wisata Tjiu Palace. Kalau ingin melihat aktivitas masyarakat adat, pergilah ke Desa Budaya Pampang dan Rumah Ulin Arya.

Setelah puas berjalan-jalan di Samarinda, kini waktunya bagi Anda untuk membeli souvenir sebagai kenang-kenangan. Kira-kira apa saja ya souvenir yang bisa ditemukan di sini?

Sarung Samarinda

souvenir-khas-sarung-samarinda.jpg

Apakah souvenir yang paling terkenal dari Samarinda? Tidak lain yaitu sarung khas Samarinda. Saking terkenalnya, bahkan sarung ini juga laris manis di Pulau Jawa. Sarung ini memiliki motif yang otentik dan berbeda dari lainnya. Begitu pula dengan pembuatannya, terutama produk sarung yang masih dibuat secara tradisional. Jangan lupa untuk memborong sarung samarinda yang banyak ya. Lumayan, harganya jauh lebih murah di daerah asalnya.

Ulop Doyo

ulap-doyo-khas-samarinda.jpg

Ada kerajinan tangan tradisional khas Samarinda yang bersifat ramah lingkungan. Namanya yaitu ulop doyo. Ulop doyo adalah kerajinan yang terbuat dari serat daun tanaman doyo yang diolah sedemikian rupa menjadi kain. Selain dijual dalam bentuk kain, Anda juga bisa membeli berbagai produk olahannya. Contohnya seperti pakaian, tas, dompet, hiasan dinding, sampai kopiah pun ada. Sungguh menarik, kan?

Seraung

souvenir-seraung-khas-samarinda.jpg

Apa itu seraung? Seraung adalah topi khas Suku Dayak. Masyarakat setempat biasa memakai topi ini saat pergi ke ladang atau pasar. Topi seraung memiliki bentuk yang sama seperti caping khas Suku Jawa. Perbedaannya yaitu adanya hiasan motif yang indah di bagian atasnya. Hal ini membuat seraung memiliki keunikan tersendiri dan cocok dijadikan sebagai hiasan. Anda bisa membelinya untuk dikenakan saat pergi atau aksesori ruangan.

Anjat

tas-anjat-khas-samarinda.jpg

Anjat adalah kerajinan berupa tas tradisional yang terbuat dari anyaman rotan. Biasanya tas belanja ini dibuat dari plastik atau bambu, berbeda dengan anjat yang memanfaatkan rotan sebagai bahan bakunya. Unik sekali, kan? Keunikan dari anjat inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Anda bisa menggunakan anjat sebagai tas belanja saat di rumah nanti. Atau kalau mau menjadikannya sebagai hiasan saja sih boleh-boleh saja.

Perisai Kayu

souvenir-perisai-dari-samarinda.jpg

Suku Daya memang terkenal akan kemampuannya dalam memburu binatang di pedalaman hutan. Anda tidak perlu meragukan lagi kehebatan suku ini dalam hal berburu deh. Untuk menunjang aktivitas perburuan binatang, masyarakat Suku Dayak akan membawa peralatan yang komplit. Tidak hanya tombak saja, mereka pun memakai perisai sebagai alat berlindung. Menariknya, perisai khas Suku Dayak ini terbuat dari kayu dan dihiasi dengan motif yang khas.

Miniatur Lamin

miniatur-rumah-lamin-samarinda.jpg

Rumah adat Provinsi Kalimantan Timur disebut rumah lamin. Rumah ini berbentuk panggung. Bahan baku utamanya yaitu kayu solid yang diambil dari pedalaman hutan Kalimantan. Kini Anda bisa mendapatkan rumah lamin, tapi dalam bentuk yang jauh lebih kecil. Miniatur rumah lamin banyak tersedia di toko souvenir di Samarinda. Anda bisa membelinya sebagai salah satu oleh-oleh yang unik dari kota yang satu ini.

Miniatur Sampek

miniatur-sampek-khas-samarinda.jpg

Selain lamin, ada pula sampek. Apakah sampek itu? Sampek adalah alat musik tradisional dari Samarinda. Cara memainkannya yaitu dipetik seperti gitar atau sasando dari Rote. Anda bisa membelinya alat musik sampek ini di berbagai toko souvenir. Harganya sendiri menyentuh sampai angka jutaan rupiah karena keotentikannya. Bila mau membeli sampek yang harganya lebih murah, belilah sampek versi miniaturnya.

Patung Lembuswana

miniautur-patung-lembuswana-samarinda.jpg

Di Samarinda, Anda juga bisa memperoleh souvenir yang unik berupa patung lembuswana. Lembuswana merupakan makhluk mitologi dari Kalimantan Timur. Lembuswana juga menjadi lambang dari Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara. Namun patung lembuswana ukuran besar harganya bisa mencapai jutaan rupiah loh. Kalau sekadar buat souvenir sih, Anda cukup membeli patung lembuswana ini versi miniaturnya saja.

Manik-manik

aksesori-manik-khas-samarinda.jpg

Salah satu kekayaan budaya dari Suku Dayak ialah aksesori tradisionalnya. Suku Dayak memiliki aksesori khas yang sangat otentik dan penuh dengan estetika. Dari mulai gelangnya, kalung, hingga topi etniknya. Aksesori tradisional ini bahkan dapat dipadupadankan dengan busana modern untuk menciptakan kesan unik dan penuh akan daya tarik. Rugi sekali bila Anda pergi ke Samarinda, tetapi tidak membeli aksesori manik-manik ini.

Kaos Khas

kaos-khas-samarinda.jpg

Untuk melengkapi perjalanan wisata Anda di Samarinda, jangan lupa membeli kaos khasnya. Sama seperti daerah-daerah lainnya, Anda juga bisa mendapatkan kaos spesial pada saat di Samarinda. Misalnya kaos yang mainstream seperti I Love Samarinda dan kawan-kawannya atau kaos yang dibuat oleh produsen lokal dengan bahasa tradisionalnya. Pokoknya Anda bisa memborong berbagai kaos yang nyentrik saat di Samarinda.