9 Souvenir Oleh-oleh Khas Papua Ini Bagus Banget!

Apa sih souvenir khas Papua itu? Pulau Papua mempunyai keindahan alami yang luar biasa indah. Seakan-akan semua benda yang ada di Pulau Cendrawasih ini memiliki pesona tersendiri yang tiada duanya. Muai dari laut, sungai, danau, sampai hutan sekalipun akan tampak sangat indah jika berada di Pulau Papua. Begitu pula dengan budaya dan kerajinan tangan khas Papua yang penuh pesona. Maka tak heran, Papua selalu digadang-gadangkan sebagai pesaing terberat Bali dalam pariwisatanya.

Kalau Anda pas kebetulan pergi wisata ke Pulau Papua, tentu kurang lengkap bila Anda tidak membeli oleh-oleh khas sebagai souvenir liburannya. Papua mempunyai banyak sekali oleh-oleh khas yang unik, menarik, dan otentik yang pastinya harus Anda beli jika mampir ke sini. Tidak sulit kok untuk mendapatkan benda yang pantas dijadikan sebagai souvenir di Papua. Sebab kuliner serta kerajinan tangan buatan pengrajin setempat tidak bisa Anda temukan di tempat mana pun. Saran kami, siapkan uang yang cukup banyak untuk souvenirnya ya!

souvenir-oleh-oleh-khas-papua.jpg

  1. Mutiara Papua

Mutiara menjadi ikon Pulau Papua. Hal ini disebabkan Pulau Papua memang menjadi salah satu produsen mutiara terbaik di dunia. Banyak sekali petani setempat yang membudidayakan kerang mutiara. Terdapat beberapa ragam mutiara yang dihasilkan oleh petani tersebut. Semuanya tampak bagus, indah, dan berkualitas tinggi. Tak heran harganya pun lumayan mahal. Tetapi setinggi-tingginya harga mutiara di sini, Anda tetap mendapatkan harga murah karena membelinya langsung dari petani.

  1. Sarang Semut

Jangan bayangkan hutan belantara di Pulau Papua kondisinya sama seperti hutan di Pulau Jawa. Hutan di Pulau Papua masih sangat asri. Ada banyak tempat di hutan ini yang belum pernah terjamah oleh manusia. Maka tak heran kalau ukuran sarang semut di Papua sangat besar. Konon katanya sarang semut ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Sarang semut asli Papua merupakan obat herbal yang dicari oleh banyak orang karena dipercaya manjur untuk mengatasi berbagai penyakit.

  1. Kain Papua

Papua juga mempunyai kain khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Kain ini sangat bagus, desainnya begitu indah, dan memiliki kualitas yang baik. Anda bisa memilihnya sebagai souvenir perjalanan yang sangat mengesankan. Kebanyakan kain khas Papua ini dihiasi dengan motif berupa ukiran khas suku Asmat, burung cendrawasih, tifa, dan sebagainya. Pemandangan alam selalu menjadi ciri khas dari motif kain ini. Biasanya kain khas Pulau Papua ini juga dihiasi dengan warna-warni yang cerah.

  1. Tas Noken

Noken adalah tas tradisional asli Papua. Tas ini biasa digunakan oleh penduduk Pulau Papua sebagai wadah hasil panen tanaman, menggendong anak, dan lain-lain. Noken biasanya dibuat dari akar dan kulit tanaman yang dianyam sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Pada mulanya, noken diwarnai menggunakan bahan-bahan alami. Namun agar lebih awet, kuat, dan tahan lama, noken pun diwarnai memakai pewarna tekstil. Saat ini, noken tersedia juga dalam desain yang lebih modern.

  1. Papeda Sagu

Suku Asmat memang mempunyai makanan khas yaitu papeda yang terbuat dari sagu yang dicampur air hangat hingga akhirnya membentuk adonan yang kenyal. Paling pas menyantap papeda dengan sup ikan. Tetapi Anda bakal kesulitan kalau membawa papeda yang sudah dimasak ke rumah. Sebaiknya beli saja tepung sagu dari penduduk setempat yang baru memanen sagu dari pohonnya. Kemudian Anda bisa belajar cara membuat papeda yang benar dari penduduk Papua agar rasanya lebih otentik.

  1. Keripik Keladi

Keladi masih satu keluarga dengan tanaman talas. Rasanya pun tak jauh berbeda. Menariknya masyarakat di Papua banyak yang membudidayakan tanaman ini. Oleh masyarakat setempat, keladi ini diolah menjadi berbagai macam panganan. Salah satunya ialah keripik. Keripik keladi khas Papua paling sering diburu oleh wisatawan yang singgah ke pulau ini. Rasanya enak dan gurih. Kurang lebih mirip seperti keripik kentang, tetapi lebih tebal dan padat.

  1. Abon Gulung

Kuliner khas Papua selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat mampir ke sini ialah abon gulung. Abon gulung ini sebenarnya adalah roti gulung yang di dalamnya berisi abon. Ada beberapa jenis abon yang digunakan. Di antaranya seperti daging sapi, ayam, dan ikan tuna. Selain itu, ada pula varian rasa unik yaitu abon bercampur keju, lada, atau cokelat. Pokoknya Anda tidak bisa menemukan abon gulung di tempat lain. Sehingga camilan ringan ini wajib dibeli.

  1. Topeng Asmat

Topeng yang biasa dibuat oleh para pengrajin asal suku Asmat pun sangat-sangat unik. Bahkan topeng ini begitu disukai di luar negeri. Tidak sedikit toko online internasional seperti eBay, Amazon, dan Alibaba yang menawarkan topeng unik khas suku Asmat. Kami sangat merekomendasikan Anda membeli topeng ini kalau pergi ke Pulau Papua. Selain bisa menjadi hiasan yang menarik di rumah, Anda juga bisa menjualnya ke orang lain dengan harga yang sangat tinggi.

  1. Gantungan Kunci

Anda juga bisa mendapatkan gantungan kunci yang unik di Pulau Papua. Pas banget kalau kebetulan Anda termasuk salah satu kolektor gantungan kunci yang dibeli di berbagai objek wisata. Beberapa gantungan kunci di Papua sangat menarik dan pantas untuk dikoleksi. Contohnya adalah gantungan kunci berbentuk Pulau Papua, kerajinan khas Papua, binatang, burung, hingga tanaman asli Papua. Kami yakin Anda akan mendapatkan banyak koleksi menarik di sini.

  1. Miniatur Honai

Rumah adat suku Asmat adalah honai. Jadi cocok sekali bagi Anda untuk membawa honai ke rumah. Namun Anda tentu tidak bisa membawa honai yang sebenarnya ke rumah karena pasti akan menghabiskan banyak biaya. Sebagai alternatifnya, silakan Anda beli saja miniatur berbentuk rumah adat khas Papua ini. Tersedia banyak pilihan miniatur honai yang dijual oleh toko souvenir setempat. Disarankan pilih miniatur yang terbuat dari kayu atau bambu agar kekhasannya tetap terjaga.