8 Tips Memilih Buket Bunga untuk Pernikahan Anda

Salah satu aksesori yang mesti ada pada pesta pernikahan bergaya modern ialah buket bunga. Memang benar kalau buket bunga ini sebenarnya bukan kebudayaan asal Indonesia. Namun saat ini penggunaan buket bunga sudah marak dilakukan pada berbagai pesta pernikahan di dalam negeri. Sehingga buket bunga pun menjadi aksesori yang lumrah dipakai. Bahkan di beberapa tema pernikahan, buket bunga menjadi aksesori yang wajib ada di dalam acara pernikahan.

Buket bunga berbeda dengan karangan bunga ya. Walaupun sama-sama terbuat dari rangkaian bunga, buket bunga jauh lebih istimewa. Biasanya buket bunga dibuat dari potongan-potongan bunga dengan kualitas terbaik yang dirangkai oleh seorang profesional, lalu dibungkus menggunakan kain beludru, kain sutera, atau kain yang lembut. Sehingga tak heran kalau harganya pun menjadi lebih mahal. Anda mesti memilih buket bunga ini dengan teliti dan hati-hati ya.

buket-bunga-pernikahan.jpg

Memilih buket bungat mesti dilakukan dengan bijaksana agar Anda berhasil mendapatkan buket bunga yang tepat. Niscaya buket bunga tersebut akan terus dikenang oleh Anda dan pasangan, beserta para tamu undangan. Di bawah ini semua faktor yang mesti Anda perhatikan dalam memilih buket bunga!

Tema Pernikahan

Anda tentunya memiliki satu ide tersendiri mengenai tema pernikahan yang ingin diusung, kan? Untuk mewujudkan tema tersebut menjadi kenyataan, maka semua benda yang berhubungan dengan acara pernikahan harus disesuaikan berdasarkan tema pernikahan. Termasuk pada pemilihan buket bunganya. Wajib hukumnya bagi Anda untuk memilih buket bunga berdasarkan tema pernikahan yang diusung. Jangan sampai pernikahan aneh menjadi terlihat aneh gara-gara buket bunganya tidak sesuai.

Gaun Pengantin

Anda juga tidak boleh melupakan tentang gaun pengantin dalam memilih buket bunga. Pastikan Anda memilih buket bunga yang sesuai dengan gaun pengantin yang bakal Anda kenakan nantinya. Pemilihan buket bunga ini harus disesuaikan berdasarkan motif, gaya, warna, dan detail gaun. Usahakan antara buket bunga dan gaun pengantin harus bisa saling melengkapi. Keberadaan buket bunga di genggaman tangan Anda mesti dapat mempermanis pesona gaun yang dipakai.

memilih-buket-bunga-pernikahan.jpg

Karakteristik Bunga

Sebelum membeli buket bunga, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu karakteristik dari bunga-bunga yang hendak dipilih. Sebab beberapa jenis bunga mempunyai makna tertentu yang mendalam. Contohnya seperti bunga mawar yang menjadi simbol dari sebuah cinta serta kasih sayang. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bentuk bunga tersebut dan ukurannya. Pilihlah buket bunga yang akan melengkapi dan terlihat harmonis dengan gaun pengantin dan tata rias wajah Anda.

Musim Mekar

Tahukah Anda, sebagian besar tumbuh-tumbuhan bunga di Indonesia akan bermekaran di akhir musim kemarau. Bunga-bunga ini nampak begitu cantik dan manis sekali. Jika kebetulan tanggal pernikahan ada di musim tersebut, maka Anda akan mendapatkan banyak pilihan jenis bunga yang bisa digunakan untuk membuat buket bungat. Selain itu, harganya pun bakal jauh lebih murah. Tapi Anda tak perlu khawatir sebab kini sudah kok metode buatan yang bisa dipakai untuk merangsang bunga agar cepat mekar.

Kepribadian Diri

Mempertimbangkan kepribadian diri sendiri juga sangat penting ketika memilih buket bunga. Usahakan buket bunga tersebut mampu mencerminkan kepribadian Anda yang begitu anggun, dinamis, sportif, bersemangat, atau penuh energi. Silakan Anda bisa menilai kepribadian diri Anda sendiri. Kemudian pilih buket bunga yang sesuai dengan tipe kepribadian tersebut. Biarkan semua para tamu undangan mampu mengenal Anda dengan lebih baik melalui pesona dari buket bunga tersebut.

memilih-buket-bunga.jpg

Selera Pribadi

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih buket bunga yaitu Anda harus menentukannya menurut selera pribadi. Pertimbangkan selera Anda terhadap suatu jenis bunga yang menurut Anda menarik. Tak perlu sungkan dengan orang lain. Bagaimanapun buket bunga yang sesuai dengan selera pribadi ini akan membuat Anda merasa nyaman ketika memegangnya. Anda bakal lebih percaya diri ketika memegangi buket bunga tersebut. Keberadaan buket bunga yang sesuai selera ini akan membuat Anda nyaman.

Kesatuan Rasa

Tidak ada salahnya Anda meminta pendapat pasangan dalam memilih buket bunga. Walaupun laki-laki biasanya tidak terlalu tertarik dengan buket bunga, namun setidaknya Anda perlu memastikan bahwa dia pun suka dengan pilihan Anda. Tentunya bakal lebih membantu apabila pasangan Anda juga mau memberikan sarannya dalam pemilihan buket bunga ini. Dengan demikian, buket bunga tadi memang benar-benar mampu menggambarkan rasa cinta Anda berdua.

Bunga yang Segar

Pemilihan toko bunga yang tepat untuk membeli buket bunga juga perlu Anda pertimbangkan. Sebab kenyataannya tidak sedikit toko bunga di luar sana yang memberikan pelayanan secara asal-asalan ke para konsumennya. Bunga yang digunakan untuk membuat buket bunga tersebut tidak sepenuhnya segar, melainkan dicampur dengan bunga yang berkualitas rendah. Sebaiknya sih Anda meminta saran kepada sanak saudara dan kenalan untuk memberikan rekomendasi toko bunga terdekat yang mampu membuat buket bunga dari kuntum-kuntum bunga yang segar.