8 Souvenir Pengajian Pernikahan yang Bagus dan Bermanfaat

Prosesi pernikahan memang memiliki serangkaian acara yang cukup panjang.  Mulai dari acara lamaran sampai acara pernikahan, terdapat beberapa acara yang perlu diselenggarakan di tengah-tengahnya. Salah satunya yaitu acara pengajian pernikahan. Tujuannya yaitu mengharap ridha Allah semoga acara pernikahan yang akan Anda laksanakan dapat berjalan dengan lancar serta keluarga baru milik Anda dan pasangan senantiasa bebahagia. Acara pengajian ini umumnya hanya dihadiri oleh keluarga besar saja.

Namanya juga acara pengajian pernikahan sehingga isi acara pengajian ini berupa pembahasan tentang serba-serbi pernikahan. Di sini Anda akan mendapatkan petuah bagaimana cara membangun keluarga yang bahagia dunia dan akhirat. Setelah acara pengajian selesai biasanya akan berlanjut ke acara makan-makan. Berulah kemudian souvenir pun dibagi-bagikan sebagai buah tangan dari acara tersebut. Lantas, apa saja sih barang-barang yang cocok dijadikan sebagai souvenir acara pengajian pernikahan?

Al Quran

souvenir-pengajian-pernikahan-al-quran.jpg

Al Quran merupakan bingkisan yang paling tepat digunakan sebagai souvenir untuk berbagai acara yang bertemakan islami. Al Quran adalah buku tuntunan hidup semua pemeluk agama islam. Semua orang islam membutuhkan Al Quran. Sehingga cocok sekali kalau Anda menghadiahkannya kepada para tamu yang hadir di pengajian pernikahan Anda. Sebenarnya Al Quran yang dipilih tidak perlu buku yang ada terjemahannya. Lebih baik belilah Al Quran yang cukup besar sehingga orang-orang mau membacanya.

Sarung & Mukena

souvenir-pengajian-pernikahan-sarung.jpg

Pilihan kedua souvenir pengajian pernikahan yang paling sesuai dengan tema acara ini yaitu sarung dan mukena. Biasanya para pria lebih memilih memakai sarung daripada celana panjang saat hendak sholat karena lebih praktis. Sehingga sarung pemberian Anda ini pasti akan diterima oleh para tamu dengan senang hati. Sedangkan untuk mukena merupakan pakaian yang wajib dikenakan oleh para wanita saat sholat untuk menutupi auratnya. Mukena yang dipilih tidak harus yang berwarna putih. Anda dapat menghadiahkan mukena yang cantik.

Sajadah

souvenir-pengajian-pernikahan-sajadah.jpg

Anda juga bisa memberikan sajadah untuk oleh-oleh buat para tamu yang hadir di pengajian pernikahan nanti. Sebagai alas ketika sholat, semua orang islam pasti membutuhkannya. Sehingga para tamu Anda pasti merasa senang tatkala mendapatkan sajadah baru. Kami sarankan kepada Anda untuk memberi sajadah yang modern atau sajadah yang bergaya etnik supaya kelihatan unik. Jangan lupa menuliskan nama Anda dan pasangan di balik sajadah tersebut.

Tasbih

souvenir-pengajian-pernikahan-tasbih.jpg

Tidak hanya haji dan umroh saja yang bisa menggunakan souvenir tasbih, tapi semua acara yang dibuat dengan nuansa islami pun cocok memakainya. Termasuk acara pengajian pernikahan pun cocok sekali menggunakan souvenir berupa tasbih. Nantinya tasbih ini bisa digunakan oleh para tamu Anda ketika sedang berdzikir dan berdoa kepada Allah. Lebih baik berikanlah tasbih yang ukurannya agak besar agar orang-orang yang menerimanya mau menggunakan tasbih tersebut. Tak jarang tasbih yang berukuran kecil hanya berakhir di tempat penyimpanan saja karena sulit digunakan.

Makanan Tradisional

souvenir-pengajian-pernikahan-makanan.jpg

Anda pun dapat menggunakan makanan-makanan tradisional sebagai souvenir pengajian pernikahan. Anda bisa menyesuaikan jenis menu makanan yang dipilih sesuai suku bangsa dari keluarga besar Anda. Misalnya jika Anda merupakan orang Jawa, Anda dapat memakai berbagai masakan tradisional khas Jawa. Contohnya antara lain gudeg, krecek, telur pindang, opor ayam, dan lain-lain. Biar kesan etniknya semakin terasa, gunakan besek untuk mengemas makanan-makanan ini.

Roti dan Kue

souvenir-pengajian-pernikahan-kue.jpg

Souvenir selanjutnya yang cocok sekali diberikan saat acara pengajian pernikahan yaitu roti dan kue. Tak masalah apakah Anda menggunakan roti/kue yang modern atau tradisional. Kami yakin para tamu Anda akan merasa senang medapatkan roti dan kue ini. Bingkisan ini juga sekaligus dapat menjadi pencuci mulut setelah para undangan tersebut menikmati makanan yang Anda sajikan setelah acara pengajian sudah selesai. Pilihlah roti/kue yang jenisnya bervariasi, lalu kemas memakai tas yang cantik.

Peralatan Makan

souvenir-pengajian-pernikahan-mug.jpg

Peralatan makan juga bisa digunakan sebagai souvenir pengajian pernikahan yang Anda selenggarakan. Berbagai macam peralatan makan ini akan menjadi souvenir yang sangat berguna. Anda dapat memilih souvenir berupa piring, mangkuk, gelas, baskom, hingga panci sekali pun. Peralatan makan ini sebagai simbol dari kehidupan baru yang akan Anda jalani setelah menikah nanti. Harapannya keluarga Anda dan pasangan diberi kecukupan dan kemudahan dalam mencari rezeki.

Foto Keluarga Besar

souvenir-pengajian-pernikahan-foto.jpg

Acara pengajian pernikahan memang biasanya cuma dihadiri oleh keluarga besar saja. Sebab acara ini bersifat kekeluargaan. Di sini Anda perlu mendapatkan restu dari seluruh anggota keluarga Anda supaya dapat menjalani kehidupan baru secara harmonis. Kalau mau membuat souvenir yang unik, Anda dapat menggunakan foto keluarga besar Anda yang dipotret secara bersama-sama. Kalau tidak ada berkasnya, Anda bisa melakukan editting sederhana memakai muka setiap orang yang disusun membentuk pohon silsilah keluarga, karikatur, atau model lainnya. Kemudian masukkan foto ini ke dalam figura yang manis.