8 Souvenir Khas Bandung yang Paling Dicari Orang

Apakah souvenir khas Bandung yang paling dicari orang? Bandung ialah ibukota Provinsi Jawa Barat. Bandung mempunyai banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi kita semua. Makanan dan minuman dari Bandung juga mempunyai cita rasa yang khas. Aneka kuliner di sini begitu unik sehingga membuat Anda penasaran untuk mencicipinya. Belum lagi soal kerajinan tangannya. Orang Bandung sangat kreatif hingga membuat kita berdecak kagum melihat berbagai kerajinan yang ada.

Jadi kalau kebetulan Anda pergi melancong ke Bandung, kami jamin Anda tak akan mengalami kesulitan dalam memilih souvenir yang pantas untuk dibawa pulang. Sebab pilihan souvenir khas yang dijajakan oleh penjual di sini sangat beragam dan bervariasi. Tidak hanya sebatas kerajinan, makanan dan minuman khas Kota Bandung juga sangat layak untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Jangan lupa bawa uang yang cukup banyak sejak dari rumah. Jangan sampai Anda menyesal karena tidak bisa membeli souvenir.

souvenir-khas-kota-bandung-737174.jpg.jpg

Berikut ini daftar souvenir khas Bandung yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh!

  1. Wayang Golek

Kalau daerah Jogja dan Solo terkenal dengan wayang kulitnya, Bandung mempunyai wayang golek. Wayang golek ialah wayang yang berbentuk boneka sehingga wujudnya sudah 3 dimensi. Secara umum, tokoh-tokoh pada wayang golek tidak jauh berbeda dengan wayang kulit. Namun karakter wayang golek yang paling menonjol ialah Cepot dan Buta sebagai musuhnya. Wayang golek ini biasanya dijual dalam ukuran tinggi 5 cm hingga 2 meter.

  1. Lukisan

Sudah tidak diragukan lagi kalau orang-orang Bandung itu sangat kreatif dan begitu mencintai seni. Bahkan lukisan-lukisan yang dijual oleh pedagang kaki lima pun sangat indah dan memiliki nilai yang tinggi. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual lukisan di sini. Tetapi yang paling khas dari Bandung ialah lukisan karya para seniman asal Jelekong di Kabupaten Bandung. Anda bisa mencari lukisan ini di kawasan Jalan Braga dan sekitarnya.

  1. Angklung

Angklung tentu tidak dapat dipisahkan dari Kota Bandung. Alat musik tradisional yang dibuat dari bahan bambu ini memang sangat khas. Hanya Jawa Barat pada umumnya yang mempunyai alat musik semacam ini. Cara memainkan angklung yaitu dengan menggoyang-goyangkannya sehingga tercipta alunan bunyi yang begitu merdu. Anda sebaiknya membeli angklung untuk dibawa pulang ke rumah dan memperlihatkannya ke keluarga tercinta.

  1. Kaos Khas Bandung

Tidak mau kalah dengan Jakarta sepertinya, Bandung juga mempunyai kaos khas yang bisa Anda beli untuk souvenir liburan. Kaos ini sangat menarik karena mampu merepresentasikan Bandung sebagai kota yang penuh dengan budaya. Tak perlu ragu membeli kaos buatan Bandung ini. Sebab sebagai kota fashion di Indonesia, kaos-kaos di Bandung memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan Anda pun bisa memborongnya banyak sekaligus untuk kemudian dijual lagi di pasar daerah.

  1. Sepatu Cibaduyut

Daerah Cibaduyut terkenal dengan sentra produksi sepatunya yang setara dengan sepatu-sepatu buatan produsen luar negeri. Ada pula tas, dompet, sabuk, sandal, dan lainnya. Mayoritas produk di sini dibuat dari bahan kulit domba. Desainnya keren-keren, terutama untuk sepatunya. Kami jamin mata Anda akan langsung takjub ketika melihat betapa menariknya produk-produk di sini. Anda pasti tidak akan puas kalau belinya cuma satu atau dua saja.

  1. Peuyeum

Peuyeum menjadi makanan khas suku Sunda yang paling terkenal. Olahan panganan ini dibuat dari singkong yang difermentasikan memakai ragi. Peuyeum mempunyai rasa manis yang kuat dengan sedikit rasa asam yang khas. Selain dimakan begitu saja, Anda pun dapat menjadikan peuyeum sebagai bahan baku es campur, pisang bolen, kue, dan colenak. Peuyeum bisa ditemukan di hampir setiap sudut Kota Bandung. Jangan lupa untuk mencoba dulu sebelum membelinya ya.

  1. Pisang Bolen

Salah satu jajanan khas Bandung yang kini sedang naik daun adalah pisang bolen. Pisang bolen ini berupa roti yang di dalamnya diisi dengan buah pisang utuh. Rasanya sangat enak. Perpaduan antara roti yang lembut dan gurih tercampur secara pas dengan buah pisang yang manis dan legit. Cocok sekali bagi Anda untuk membeli pisang bolen buat dibawa pulang ke rumah. Sekarang tersedia pula pisang bolen cokelat, pisang bolen keju, dan pisang bolen durian.

  1. Gepuk

Gepuk adalah kuliner yang dibuat menggunakan daging sapi yang dipukul-pukul sampai gepeng, kemudian ditusuk memakai lidi saat memasaknya. Hal ini membuat bumbu bisa meresap sempurna ke dalam olahan gepuk ini. Gepuk merupakan masakan tradisional Jawa Barat yang bisa Anda jadikan oleh-oleh setelah mampir di Kota Bandung. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai empal. Kuliner gepuk atau empal ini sangat diminati oleh wisatawan.