8 Makanan Khas Kota Bogor untuk Souvenir

Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan. Julukan tersebut didapatkan karena memang intensitas dan curah hujan di kota ini sangat tinggi. Hujan sering sekali terjadi di Bogor. Kadang-kadang hujan turun secara mendadak. Jika kondisi cuaca di pagi hari cukup cerah, bukan tidak mungkin hujan akan turun di sore atau malam harinya. Saking seringnya Kota Bogor dilanda hujan, Anda wajib membaya payung apabila berwisata ke sini.

Kota Bogor memang kotanya hujan. Tetapi kondisi tersebut tidak mengurangi minat wisatawan untuk bermain-main ke kota ini. Justru kondisi tadi menjadi keunggulan tersendiri bagi Bogor. Jalan-jalan ke Kota Bogor akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Kondisi cuaca di sini tak begitu panas sehingga aktivitas di luar ruangan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, banyaknya objek wisata di sini juga sangat menarik perhatian wisatawan.

makanan-khas-kota-bogor.jpg

Untungnya Kota Bogor juga mempunyai makanan khas. Makanan ini selain dapat dinikmati di tempat, juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut ini daftar makanan yang khas dari Kota Bogor!

  1. Asinan Bogor

Tentu saja makanan khas yang paling tersohor dari Kota Bogor adalah asinan. Asinan Bogor terbuat dari sayur-mayur dan buah-buahan. Bahan-bahan ini dipotong-potong kecil, lalu disiram kuah. Kuah inilah yang menjadikan asinan Bogor sangat khas dan tak bisa ditemukan di tempat yang lainnya. Kuahnya mempunyai perpaduan antara rasa gurih, asam, manis, dan pedas. Pokoknya terasa ramai dan segar.

  1. Roti Unyil

Kota Bogor juga mempunyai roti yang menjadi identitasnya. Namanya yaitu roti unyil. Dinamakan roti unyil karena ukuran roti ini jauh lebih kecil daripada roti yang normal. Sehingga roti ini cocok sekali dibawa pulang untuk dijadikan sebagai souvenir. Ukuran yang kecil membuat roti unyil bisa disantap sebagai camilan dan teman minum teh. Ada berbagai variasi rasa seperti cokelat, keju, kacang hijau, vanila, dan nanas.

  1. Macaroni Panggang

Siapa sangka pasta yang merupakan bahan makanan khas Italia bisa menjelma menjadi makanan khas dari Kota Bogor? Namanya adalah macaroni panggang. Makanan khas ini terbuat dari pasta berjenis macaroni yang diberikan bumbu lezat yang khas, lalu dipanggang sampai matang. Membayangkannya saja Anda sudah tahu betapa enaknya sensasi dari hidangan macaroni panggang ini.

  1. Mochi Bogor

Mochi Bogor atau dikenal pula dengan sebutan Mochibo (Mochinya Bogor) adalah penganan khas dari Kota Bogor yang cukup terkenal. Mochi Bogor terbuat dari adonan tepung beras ketan yang membungkus buah-buah lokal dari Bogor seperti talas, pala, nanas, dan stroberi. Hal ini tentu sangat unik, kreatif, dan menarik sekali. Mochibo kini sedang digandrungi oleh mayoritas turis karena rasanya yang enak.

  1. Bolu Lapis Talas

Petani di Kota Bogor memang banyak yang menanam talas. Maka tak heran bila stock talas di kota ini begitu banyak. Saking banyaknya jumlah ketersediaan talas di pasar, Bogor pun mendapatkan julukan sebagai Kota Talas. Berbagai inovasi terus dilakukan untuk memasarkan talas agar nilai jualnya lebih tinggi. Salah satunya yaitu mengolah talas menjadi bolu lapis. Dijamin rasa bolu lapis talas ini berbeda dari biasanya.

  1. Pia Apel

Pia atau pie juga menjadi salah satu kuliner andalan dari Kota Bogor. Pia yang paling khas Bogor yaitu pia rasa apel. Ternyata pohon apel tidak hanya bisa tumbuh dengan baik di Kota Malang, tetapi di Kota Bogor juga. Pia apel ini mempunyai rasa yang begitu nikmat. Anda akan menemukan sensasi tekstur yang garing dan renyah luar serta rasa selai apel yang lembut di bagian dalamnya.

  1. Kacang Bogor

Kota Bogor ternyata tidak melulu soal talas loh. Kota ini juga mempunyai kacang yang sangat khas. Saking khasnya, bahkan kacang ini diberi nama sebagai kacang bogor. Perlu Anda ketahui, kacang bogor berbeda dari kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang hijau. Kacang ini berbentuk bulat dan berwarna ungu di bagian dalamnya. Kacang bogor biasanya dimasak dengan cara direbus atau dipanggang.

  1. Ubi Bakar Cilembu

Ubi bakar cilembu tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ubi yang mempunyai rasa sangat lezat ini ternyata berasal dari Kota Bogor loh. Maka tak heran, Anda dapat menemukan penjual ubi bakar cilembu dengan mudah di sini. Apalagi jika Anda pergi ke kawasan Puncak, maka ubi bakar ini menjadi salah satu menu yang wajib dinikmati. Ubi bakar cilembu begitu istimewa karena memiliki rasa yang manis dan bertekstur legit.