7 Tips buat Anda untuk Memilih Gaun Pengantin

Apakah Anda sedang berencana memilih gaun pengantin? Pernikahan merupakan salah satu momen paling sakeral di kehidupan setiap manusia. Menikah artinya kita bakal menempuh kehidupan baru bersama pasangan yang pasti berbeda dari sebelumnya. Setelah menikah, kita akan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan rumah tangga. Sikap saling pengertian menyadari bahwa setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan merupakan kunci utama membina rumah tangga yang bahagia.

Kita perlu menyelenggarakan pesta perayaan pada saat menikah. Bukan bermaksud untuk berfoya-foya, tetapi lebih ditujukan untuk mengajak orang lain ikut merasakan kebahagiaan Anda dan pasangan. Anda berdua harus tampil sebaik mungkin di acara tersebut sebagai raja dan ratu sehari. Gunakan busana yang dapat memancarkan daya tarik Anda berdua. Tidak ada salahnya Anda memilih gaun pengantin yang diidam-idamkan sejak dahulu kala karena momen ini hanya bisa Anda rasakan sekali seumur hidup.

tips-memilih-gaun-pengantin.jpg

Kami mempunyai tips-tips yang paling tepat untuk memilih gaun pengantin!

  1. Tentukan Anggaran dari Awal

Rata-rata gaun pengantin dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan harganya kadang-kadang tidak masuk akal. Anda membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membelinya. Lebih baik putuskanlah sejak awal berapa budget yang ingin Anda alokasikan untuk membeli gaun. Pastikan anggaran tersebut tidak melebihi sepertiga dari total biaya pernikahan. Anda harus menyadari bahwa gaun pengantin yang cocok tidak perlu mahal.

  1. Jadilah Diri Anda Sendiri

Ini adalah pernikahan Anda dan pasangan. Jadi Anda bebas mau memilih gaun pengantin yang modelnya seperti apa. Pilihlah gaun yang benar-benar mampu menunjukkan siapa Anda sebenarnya. Misalnya bila Anda suka dengan nuansa yang penuh warna, pilih saja gaun pengantin colorfull namun dengan sentuhan lebih glamor daripada biasanya. Saran dan masukan dari orang-orang sekitar pun dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

  1. Gaun yang Gampang Dikenakan

Tidak sedikit gaun yang begitu menawan tetapi sulit bagi kita untuk mengenakannya. Gaun tersebut dipenuhi dengan aksen dan bagian-bagian yang membuat kita harus memakainya dalam waktu yang lama. Padahal ada banyak kegiatan yang harus Anda lakukan di hari pernikahan. Pastinya kegiatan-kegiatan ini akan menguras banyak tenaga. Itu sebabnya, kami menyarankan bagi Anda untuk memilih gaun yang mudah dikenakan sehingga Anda pun gampang melepaskannya nanti.

  1. Pastikan Ukurannya Pas

Tidak masalah apakah Anda membeli gaun pernikahan tersebut, menjahitnya sendiri atau menyewanya di agen pernikahan. Anda harus memastikan kalau ukurannya sesuai dengan postur tubuh Anda. Jangan sampai gaunnya terlalu kecil sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi kalau ukurannya kebesaran, penampilan Anda menjadi tidak sedap dipandang. Usahakan pilihlah gaun yang benar-benar pas dengan ukuran dan lekuk tubuh Anda.

  1. Bahan yang Tepat dan Nyaman

Tidak ada artinya gaun pernikahan yang cantik kalau Anda merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Jika Anda memaksakan diri memakai gaun ini, Anda justru tidak dapat menikmati acara pernikahan karena terganggu oleh gaun yang tidak nyaman. Sebisa mungkin pilihlah gaun yang terbuat dari bahan yang tepat. Bahan tersebut terasa lembut di kulit, tidak terasa panas, dan mudah menyerap keringat. Bila Anda mempunyai kulit sensitif, hindari gaun yang dilengkapi lace dan aksen bulu.

  1. Warna yang Sesuai Kulit

Anda harus mengerti betul apa warna kulit Anda, lalu pilihlah gaun pengantin yang warnanya sesuai dengan warna kulit Anda. Tidak semua warna cocok untuk kulit berwarna tertentu. Warna gaun yang dipakai oleh si A belum tentu bagus dikenakan oleh Anda jika memiliki warna kulit yang berbeda. Anda harus menyadari betul akan hal ini dan tidak boleh memaksakan diri.

  1. Sesuai dengan Tema Pernikahan

Ini merupakan sebuah kewajiban, di mana Anda harus memilih gaun pengantin yang sesuai dengan tema acara pernikahan. Jangan pernah berani mencoba keluar dari tema hanya karena ingin dianggap unik. Tamu-tamu yang melihatnya justru akan melihat Anda tampak aneh. Ada baiknya Anda juga menyesuaikan gaun yang dipilih dengan lokasi pernikahan. Gaun untuk tempat indoor sebaiknya dibedakan dari gaun untuk tempat outdoor.