7 Souvenir Khas Bogor Berupa Barang Unik

Pergi wisata akan semakin sempurna jika Anda membeli souvenir khas untuk oleh-oleh. Kalau Anda kebetulan berwisata ke Kota Bogor, ada banyak sekali pilihan souvenir yang bisa dibeli di sini. Baik itu makanan maupun barang unik, semuanya ada. Anda pasti akan merasa senang saat memilihnya. Apalagi di sini juga banyak terdapat tempat wisata menarik yang pastinya mempunyai oleh-oleh yang khas tersendiri.

Anda mungkin sudah terbiasa dengan makanan khas dari Kota Bogor seperti asinan, maccaroni panggang, atau roti unyil. Nah, kalau mau berburu souvenir yang lain daripada biasanya, coba belilah barang-barang yang unik. Selain Anda pasti merasa lebih puas, barang-barang pun akan lebih awet. Barang-barang ini tidak akan habis karena Anda tidak mungkin memakannya. Lalu, apa sajakah barang-barang unik yang bisa didapatkan di Kota Bogor?

souvenir-khas-kota-bogor.jpg

Berikut ini souvenir-souvenir yang bisa Anda beli di Kota Bogor!

  1. Batik Bogor

Ternyata Bogor pun mempunyai kain batik dengan motif khas daerahnya sendiri. Motif batik khas Kota Bogor ini dikenal dengan sebutan motif hujan gerimis dan motif kujang kijang. Motif batik hujan gerimis terinspirasi oleh kondisi cuaca di Bogor yang memang sangat sering hujan. Maklum saja karena Bogor terletak di dataran tinggi. Sedangkan motif batik kujang kijang terinspirasi oleh senjata tradisional Suku Sunda yaitu kujang, serta kijang merupakan ikon binatang dari Istana Bogor.

  1. Kaos Unchal

Siapa bilang tidak ada kaos yang menjadi ciri khas dari Kota Bogor? Eh, ternyata Bogor juga memiliki kaos yang telah menjadi khas daerahnya loh. Tak lain yaitu kaos unchal. Dalam bahasa sunda, unchal berarti kijang. Tidak jauh berbeda dari kaos khas Jogja atau Surabaya, kaos unchal merupakan kaos khas anak muda yang berisi tulisan-tulisan lucu dan kreatif. Sebagian besar berisi tentang kebanggaan menjadi orang Bogor.

  1. Kujang

Kujang merupakan senjata tradisional yang dimiliki oleh Suku Sunda. Jika Suku Jawa mempunyai keris, maka Suku Sunda memiliki kujang yang menjadi senjata sekaligus kebanggaannya. Maka kalau pergi ke Kota Bogor, Anda bisa membeli kujang. Biasanya kujang asli masih dijual di pasar tradisional hingga ke pasar loak. Sementara itu, kujang yang dijual di toko souvenir berupa barang replika sehingga aman.

  1. Miniatur Bangunan

Ada banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Bogor. Bangunan tersebut mengandung kisah perjuangan betapa gigihnya para pahlawan tempo dulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tiga di antaranya yang paling dikenal yaitu Istana Bogor, Prasasti Batu Tulis, dan Monumen Kujang. Anda bisa membawa aura historis dari bangunan-bangunan tersebut dengan membeli miniaturnya.

  1. Kijang

Ada salah satu istana kepresidenan yang dimiliki oleh Republik Indonesia yang berada di Kota Bogor. Istana tersebut bernama Istana Bogor. Jika dibandingkan dengan istana-istana yang lainnya, Istana Bogor mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan ini berupa banyaknya satwa yang tinggal di dalam lingkungan Istana Bogor. Yang paling menjadi perhatian tentu adalah kijang. Itu sebabnya, Bogor mempunyai cinderamata  yang khas yaitu segala sesuatu yang berbentuk kijang.

  1. Bunga Bangkai

Bogor juga mempunyai cagar alam yang terbesar di Indonesia bernama Kebun Raya Bogor. Kebun raya ini terletak tidak jauh dari Istana Bogor. Namanya juga kebun raya, maka pasti ada banyak sekali tumbuh-tumbuhan di sini. Salah satu tanaman yang menjadi maskot Kebun Raya Bogor ialah bunga bangkai. Bunga ini cocok juga dijadikan souvenir saat Anda pergi ke Kota Bogor.

  1. Khas Istana

Kota Bogor patut berbangga karena menjadi salah satu tempat berdirinya istana kepresidenan Republik Indonesia. Jangan lupa Anda mampir ke istana ini. Ya kendati cuma melihatnya dari luar pagar saja, lumayan untuk menambah pengalaman baru. Setelah puas menikmati indah dan megahnya Istana Bogor, cobalah membeli souvenir yang khas dari istana tersebut. Biasanya ada label bertuliskan Istana Bogor di sana.