7 Souvenir Asli Bengkulu yang Paling Diminati

Sebagai salah satu kota yang paling terkenal di Pulau Sumatera, Bengkulu mempunyai pesona keindahan tersendiri yang diminati oleh para pelancong. Yang paling khas tentunya adalah bunga rafflesia. Tapi Bengkulu ternyata tidak melulu soal bunga itu saja. Masih banyak tempat wisata lain yang sangat menarik yang dimiliki oleh kota yang satu ini. Misalnya seperti Benteng Marlborough, Taman Wisata Wahana Surya, Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, Monumen Thomas Parr, Pantai Jakat, Pantai Lentera Merah, Rumah Ibu Fatmawati Soekarno, dan masih banyak lagi.

Setelah Anda puas berjalan-jalan di Kota Bengkulu, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa souvenir yang khas ya. Kota Bengkulu ternyata memiliki banyak sekali kerajinan serta makanan dan minuman khas loh. Ini artinya Anda tidak perlu kebingungan kalau mau membeli oleh-oleh yang khas dari Kota Bengkulu. Mulai dari kerajinan yang unik, pernik-pernik yang menarik, hingga jajanan enak yang tidak dapat ditemukan di daerah manapun di Indonesia. Disarankan bawalah uang yang cukup banyak sehingga Anda bisa puas membelinya.

souvenir-khas-dari-bengkulu.jpg

Di bawah ini aneka souvenir khas dari Kota Bengkulu yang bisa Anda beli buat oleh-oleh.

  1. Manisan Terong

Di Kota Bengkulu ada penganan unik berupa manisan terong. Anda tentu biasa memakan terong yang dimasak sayur, digoreng, atau dibakar. Tetapi bagaimana jika terong dibuat manisan? Rasanya pasti unik dan enak. Sekadar bocoran nih kalau manisan terong ini terbuat dari buah terong ungu yang dimasak dengan gula pasir. Kurang lebih rasanya mirip seperti buah kurma.

  1. Lempuk Durian

Lempuk durian terbuat dari daging buah durian yang diolah menjadi lempuk yakni penganan sejenis dodol. Sudah bisa ditebak kalau rasa lempuk durian ini pasti sangat lezat. Pada awalnya, lempuk durian dibuat sekadar untuk mengawetkan buah durian yang begitu berlimpah. Namun ternyata rasa lempuk durian begitu lezat sehingga pada akhirnya orang-orang pun banyak yang membuatnya.

  1. Kue Tart

Pada zaman dahulu, kue tart hanya disajikan untuk para raja dan bangsawan di Kota Bengkulu. Lalu pada perkembangannya kue ini sangat disukai oleh masyarakat. Maka lama-kelamaan kue ini pun banyak dijajakan. Kue tart dibuat dari tepung gandum yang dicampur telur, gula pasir, dan mentega. Tekstur kuenya sangat lembut di dalam dan agak renyah di luarnya. Biasanya kue tart diberi tambahan topping selai nanas.

  1. Kue Perut Punai

Nama jajanannya unik sekali ya, perut punai. Nama ini disematkan karena bentuk kue tersebut melilit-lilit dan melingkar sehingga sekilas mirip seperti perut burung punai. Kue perut punai dibuat menggunakan bahan dasar tepung terigu yang disangrai. Kue ini tersedia dalam dua varian rasa yang berbeda yaitu manis dan gurih. Jangan lupa beli kue ini loh ya kalau bertandang ke Kota Bengkulu karena sangat khas.

  1. Kerajinan Kulit Lantung

Lantung adalah istilah untuk menyebutkan kulit kayu kerap. Kulit kayu ini mempunyai tekstur yang kasar, berserabut, dan warnanya cokelat. Para pengrajin setempat biasa memanfaatkan kulit lantung sebagai bahan baku untuk membuat barang-barang kerajinan tangan. Di antaranya seperti tas, pigura, gantungan kunci, dan miniatur. Anda tentu harus membeli souvenir kulit lantung ini kalau ke Bengkulu.

  1. Batik Besurek

Batik memang merupakan seni yang berasal dari Indonesia. Menariknya adalah setiap daerah di Indonesia mempunyai pakem pembuatan corak batik yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu batik besurek khas dari Bengkulu. Batik besurek memiliki kekhasan pada coraknya dari perpaduan kaligrafi dengan motif lain seperti bunga rafflesia, bulan, relung paku, atau burung kuau.

  1. Sirup Kalamansi

Sirup kalamansi adalah sirup khas Bengkulu yang dibuat dari jeruk kalamansi. Rasanya dominan masam disertai dengan rasa manis di ujungnya. Pokoknya segar banget deh. Selain disajikan dalam kondisi dingin, sirup kalamansi juga bisa diseduh menjadi wedang yang mampu menghangatkan badan. Sirup ini banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh kita. Pasti mantap sekali setelah berjalan-jalan di Bengkulu, kita bisa menikmati secangkir sirup kalamansi.