7 Kerajinan Tangan Khas Semarang, Mana yang Paling Anda Suka?

Kalau Anda pergi ke Semarang di Jawa Tengah, jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya. Souvenir khas Semarang tidak cuma lumpia saja kok. Masih ada banyak sekali makanan khas Semarang yang sangat menarik untuk dibawa pulang. Contohnya yaitu bandeng presto, tahu gimbal, tahu bakso, dan lain-lain. Kalau Anda sedang tidak ingin membeli oleh-oleh berupa makanan, Semarang juga mempunyai banyak sekali kerajinan tangan khas yang cocok dibawa pulang.

Berikut ini macam-macam kerajinan tangan khas Semarang yang cocok dijadikan sebagai souvenir.

Kain Batik

batik-kerajinan-khas-semarang.jpg

Kain batik memang berasal dari Jawa Tengah. Maka tak heran, setiap daerah di provinsi ini mempunyai kain batik dengan motif khasnya tersendiri. Begitu pula dengan Semarang yang memiliki ragam batik yang cukup banyak. Kain batik khas Semarang mempunyai motif yang mencerminkan kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Beberapa motif batik asli Semarang yang paling khas di antaranya motif wewe gombel, lawang sewu, dan tugu muda.

Ada sejumlah batik khas dari Semarang di antaranya :

  • Batik Gemawang

Batik gemawang berasal dari Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kota Semarang. Batik di sini terkenal karena proses pembuatannya yang seratus persen dibuat menggunakan metode tulis manual memakai tangan (handmade). Batik gemawang merupakan batik tulis yang memiliki nilai seni begitu tinggi. Batik ini bersifat unik dan diproduksi secara terbatas.

  • Batik Adisty

Batik adisty dikenal pula sebagai batik alas penggaron. Ini merupakan salah satu batik khas dari Semarang yang sangat terkenal. Batik adisty mempunyai ciri khas yaitu motifnya berbentuk flora (tumbuh-tumbuhan) yang ada di Hutan Penggaron. Contohnya seperti cemara, mahoni, pinus, bunga kasturi, dan lompong. Biasanya batik adisty memakai warna-warna yang ceria.

  • Batik Asem Tugu

Kota Semarang juga mempunyai kain batik khas yakni batik asem tugu. Apa itu batik asem tugu? Kekhasan dari batik ini yaitu motifnya mengadopsi bagian-bagian dari tanaman asam jawa, dari mulai daun, buah, bunga, hingga bijinya. Selain itu, batik asem jawa ini juga menggunakan motif yang terinspirasi dari berbagai tugu yang ada di Kota Semarang.

  • Batik Lawang Sewu

Batik lawang sewu merupakan varian batik terbaru dari Kota Semarang. Sesuai namanya, batik ini menggunakan bentuk lawang sewu sebagai motif utama kainnya. Berbagai gambar gedung lawang sewu memenuhi semua bagian dari batik ini. Kesan uniknya sungguh terasa sebab cukup jarang kain batik yang mengadopsi motif dari bangunan.

Kaos Semarangan

kaos-kerajinan-khas-semarang.jpg

Sama seperti kota-kota lainnya, Semarang juga mempunyai kaos khas yang cocok banget untuk dibawa pulang. Selain tulisan I Love Semarang tentunya, ada banyak sekali motif yang dimiliki oleh kaos yang satu ini. Mayoritas sih kata-kata mutiara atau kata-kata lucu dalam bahasa jawa. Ada pula kaos dengan gambar berupa landmark khas Kota Semarang dan daerah di sekitarnya. Saat Anda berlibur di Semarang, maka jangan lupa membeli berbagai kaos khas yang unik dan menarik ini.

Miniatur Tugu muda

tugumuda-kerajinan-khas-semarang.jpg

Kota Semarang memang mempunyai berbagai bangunan yang ikonik. Selain Masjid Raya Jawa Tengah, Gedung Lawang Sewu, dan Simpang Lima, bangunan tugu muda tentunya sangat identik dengan kota yang satu ini. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk membawa pulang tugu muda. Sebenarnya bukan bangunan asli tugu muda sih karena pasti akan sangat merepotkan untuk mengangkutnya. Melainkan souvenir berupa miniatur tugu muda. Ada pula berbagai peralatan makan yang dihiasi dengan gambar tugu muda.

Kerajinan Bordir

bordir-kerajinan-khas-semarang.jpg

Kerajinan khas Semarang berikutnya yang menarik untuk dibawa pulang yaitu kerajinan bordir. Para pengrajin tekstil di Jawa Tengah, khususnya Semarang, memang sangat lihai dalam memperindah kain. Salah satunya terlihat dari begitu banyaknya produk kain khas Semarang, termasuk kain yang dihiasi dengan berbagai hiasan bordir yang indah. Pada umumnya, kerajinan bordir ini disematkan di pakaian-pakaian yang resmi.

Kerajinan Eceng Gondok

kerajinan-eceng-gondok.jpg

Salah satu objek wisata menarik yang terletak di Semarang yaitu Rawa Pening. Nah, danau rawa pening ini banyak ditumbuhi oleh eceng gondok. Daripada eceng gondok tersebut dibiarkan begitu saja mencemari lingkungan air, masyarakat setempat pun mengolahnya menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomis yang tinggi. Di Semarang, Anda dapat menemukan aneka produk kerajinan tangan yang sepenuhnya terbuat dari eceng gondok yang dianyam.

Kerajinan Relief Kuningan

relief-kerajinan-khas-semarang.jpg

Bagi Anda pencinta karya seni etnik dan klasik, sekali-kali sempatkanlah waktu ke Semarang hanya untuk mencari kerajinan relief kuningan. Boleh dibilang kalau Semarang merupakan gudangnya kerajinan relief termasuk relief yang terbuat dari material kuningan. Kerajinan ini sungguh istimewa karena masih memakai logam kuningan murni sebagai bahan bakunya. Kini Anda tinggal memilih sendiri produk kerajina relief yang ingin dibawa pulang ke rumah.

Tote Bag Canvas

totebag-kerajinan-khas-semarang.jpg

Kalau Anda mencari souvenir khas Semarang yang trendi, maka pilihlah produk tote bag yang terbuat dari kain canvas. Tote bag ini menggunakan canvas sebagai bahan bakunya. Menariknya adalah tote bag canvas tersebut dihiasi dengan gambar-gambar yang nyentrik dan eye-catching khas Semarang. Rata-rata ialah gambar yang berisi tentang suasana khas Kota Semarang lengkap dengan landmark dan aktivitas khas dari masyarakatnya.