6 Souvenir Tak Terlupakan dari Malaysia

Sekarang sudah semakin gampang kalau kita ingin pergi ke luar negeri. Anda tinggal pilih saja mau menggunakan pesawat atau kapal? Semuanya bisa! Pergi wisata ke luar negeri memang sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Khususnya warga negara Indonesia, biasanya negara-negara di kawasan Asia Tenggara menjadi tujuannya. Mulai dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Thailand.

Walaupun terletak di kawasan yang sama, tetapi negara-negara di Asia Tenggara mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Kita bisa memperkaya khasanah dan pengetahuan terhadap negara tersebut melalui souvenir khasnya. Jika kebetulan Anda berniat untuk pergi ke Negeri Jiran, jangan lupa beli oleh-oleh yang khas dari negara tersebut. Malaysia sebenarnya memiliki banyak sekali pilihan souvenir yang bisa dibeli oleh para wisatawan.

souvenir-khas-dari-malaysia.jpg

Namun kali ini kami akan merekomendasikan 7 souvenir terbaik!

  1. Bumbu Kari

Penduduk Malaysia terdiri dari bangsa Melayu, India, Arab, dan China. Jadi wajar sekali kalau kebudayaan yang dimiliki merupakan perpaduan dari beberapa suku bangsa ini. Salah satunya yaitu kari yang berasal dari suku bangsa India. Masakan kari di sini beda dengan kari di Indonesia. Bumbunya jauh lebih kuat dan rasanya pun sangat kaya akan rempah-rempah. Anda bisa membeli bumbu kari untuk dimasak di rumah.

  1. Teripang

Sebenarnya laut di Indonesia jauh lebih luas daripada di Malaysia. Tapi entah kenapa produk hasil laut di Malaysia lebih bervariasi. Teripang juga ada di Indonesia, namun Anda bisa membeli teripang di mana-mana saat berada di Malaysia. Biasanya teripang ini dijual dalam keadaan sudah dikeringkan. Selain diolah menjadi makanan yang lezat, teripang di sini juga banyak digunakan untuk membuat produk kesehatan bernama air teripang dan minyak teripang.

  1. Minyak Pala

Kalau di masyarakat Indonesia sehari-hari menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi sakit kepala, pusing, kembung, dan mual, berbeda dengan masyarakat di Malaysia yang lebih senang memakai minyak pala. Minyak ini mempunyai aroma dan tingkat kehangatan yang berbeda dengan minyak kayu putih. Anda bisa membelinya satu untuk menjajal khasiat dari minyak pala ini.

  1. Cokelat Durian

Cokelat dan durian merupakan dua bahan makanan yang mempunyai rasa yang benar-benar lezat. Mayoritas orang di dunia ini menyukai keduanya. Apa jadinya bila cokelat dan durian ini disatukan menjadi hidangan baru? Wah, rasanya pasti mantap sekali deh. Saking enaknya makanan yang satu ini, Anda wajib mencobanya sendiri untuk bisa merasakannya secara langsung. Kami tidak kuasa menjelaskannya.

  1. Bubuk Kopi

Walaupun di Indonesia juga banyak terdapat perkebunan kopi, tetapi setiap tempat mempunyai kopi dengan sensasi khusus. Karakteristik kopi aceh berbeda dengan kopi jawa atau kopi bali. Begitu pula dengan kopi khas Negara Malaysia ini juga mempunyai karakteristik miliknya sendiri. Kopi malaysia memiliki rasa yang unik, aromanya sangat menarik, dan begitu kaya. Anda wajib membelinya.

  1. Alat Perebus Telur

Saat ini telur rebus setengah matang begitu populer di Malaysia. Masyarakat setempat biasanya mengonsumsi telur rebus ini pada pagi hari sebagai sarapan. Ditambah roti dan segelas susu, menu ini sudah cukup untuk membuat perut merasa kenyang di pagi hari. Khusus untuk pekerja kantor yang sibuk, kini sudah ada alat perebus telur elektrik yang bisa membuat telur setengah matang hanya dengan sekali tekan saja. Anda bisa membawa alat ini untuk dibawa pulang ke Indonesia.