6 Souvenir Paling Tepat untuk Acara Siraman Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting bagi kehidupan manusia. Kita akan mendapatkan pasangan hidup di sini yang menjadi pendamping sampai akhir hayat. Pernikahan memungkinkan kita untuk menciptakan sebuah keluarga sendiri. Oleh karenanya, prosesi pernikahan terdiri dari serangkaian prosesi yang harus dijalankan secara serius. Di beberapa suku bangsa, pernikahan mempunyai beberapa rangkaian acara sebelum akhirnya pernyataan janji setia diucapkan.

Di Suku Jawa misalnya, terdapat acara siraman sebelum pernikahan dilangsungkan. Tujuan dari prosesi ini yaitu membersihkan jiwa dan raga dari calon pengantin sebelum menuju ke jenjang kehidupan baru. Sehingga calon pengantin tersebut menjadi benar-benar siap dengan kehidupan barunya nanti. Acara siraman ini biasanya dilakukan beberapa hari sebelum dilaksanakannya pernikahan. Acara ini sendiri bersifat umum, di mana sanak saudara akan turut hadir menyaksikannya.

souvenir-acara-siraman-pernikahan.jpg

Anda bisa mengundang seluruh anggota keluarga besar dan para kerabat dekat untuk menghadiri acara siraman Anda dan pasangan. Jangan lupa setelah acara ini selesai, Anda dapat menghadiahkan souvenir ke para tamu tersebut. Souvenir pemberian Anda akan menjadi barang kenang-kenangan yang sangat spesial. Di bawah ini beberapa ide souvenir yang cocok diberikan setelah proses siraman dilaksanakan.

Perlengkapan Mandi

Berhubung siraman merupakan acara yang bertujuan untuk membersihkan diri, maka souvenir yang digunakan pun sebaiknya berupa barang-barang yang masih berhubungan. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan perlengkapan mandi kepada para tamu. Contohnya yaitu sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi, sabun wajah, dan lain-lain. Dengan demikian bukan hanya Anda dan pasangan yang bersih setelah prosesi acara siraman ini, tetapi juga semua orang yang turut hadir menyaksikannya.

Aksesori Kamar Mandi

Kalau Anda menginginkan souvenir siraman yang unik tetapi masih berhubungan dengan suasana dari acara siraman, cobalah memberikan aksesori kamar mandi. Aksesori kamar mandi ini mencakup semua barang yang dapat digunakan di dalam kamar mandi. Pilihannya tidak terbatas. Misalnya yaitu tempat sabun, rak alat mandi, lemari penyimpanan, sampai gayung sekalipun. Supaya penampilannya semakin menarik, Anda bisa memilih aksesori yang bentuknya unik dan tidak biasa.

Handuk yang Lembut

Handuk yang lembut juga bisa menjadi souvenir yang premium di acara siraman Anda berdua. Handuk memang selalu dibutuhkan untuk mengeringkan diri setelah kita selesai mandi. Jadi handuk masih ada hubungannya dengan ritual siraman. Sebisa mungkin hadiahkan para tamu yang datang berupa handuk yang tebal dan teksturnya lembut. Anda bisa memilih handuk yang berwarna putih bersih agar terkesan premium, elegan, dan mewah. Jangan lupa tulis inisial nama Anda dan pasangan di sana.

Parfum/Minyak Wangi

Pilihan lain souvenir yang cocok diberikan ketika siraman pernikahan yaitu parfum. Parfum mempunyai aroma wangi yang sungguh semerbak. Harumnya parfum ini membuat kita merasa lebih percaya diri setelah menggunakannya. Buatlah acara siraman Anda dipenuhi dengan aroma yang harum mewangi. Anda dapat memilih parfum/minyak wangi sebagai souvenir acara tersebut. Pilih jenis aroma yang kira-kira disukai oleh semua orang yang nantinya hadir di acara Anda.

Bubuk Jamu Instan

Berhubung siraman merupakan acara tradisional khas Suku Jawa, maka Anda bisa memakai minuman tradisional dari Jawa sebagai oleh-oleh untuk para tamu undangan. Tidak lain yaitu jamu tradsional yang memang erat sekali dengan kebudayaan Jawa. Anda bisa memberikan sepaket bubuk jamu instan yang mempunyai berbagai rasa. Dari mulai beras kencur, kunyit asam, jahe gula aren, dan sebagainya. Anda bisa mengemas souvenir jamu ini menggunakan tas bergaya etnik.

Peralatan Make Up

Satu lagi souvenir yang cocok diberikan untuk acara siraman pernikahan. Anda juga dapat memilih alat make up sebagai souvenir dari acara tersebut. Peralatan make up ini akan membuat para tamu Anda tampil lebih menarik setelah menggunakannya. Pesona dirinya semakin memancar serta terlihat lebih menarik di mata lawan jenis. Sehingga para tamu undagan pasti akan menerimanya dengan senang hati. Anda bisa menghadiahkan sepaket peralatan make up dari brand yang biasa Anda gunakan.