6 Souvenir Khas Danau Toba yang Paling Spesial

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Bahkan saking besarnya danau ini, permukaan airnya memiliki ombak layaknya di lautan. Danau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini menyajikan panorama alam yang sungguh luar biasa. Keindahannya terbentuk secara natural. Hasil dari perpaduan antara air yang membentang luas, jajaran pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang, rerumputan hijau, dan birunya langit di atas.

Berbagai souvenir khas Danau Toba dan Pulau Samosir banyak dijual di sini. Souvenir-souvenir ini sangat diminati oleh para wisatawan, baik turis lokal maupun mancanegara. Wisatawan itu banyak berbelanja berbagai souvenir yang akan dijadikan oleh-oleh. Bagi Anda yang berwisata ke Danau Toba bisa membeli souvenir-souvenir ini sebagai kenang-kenangan. Sebagian lagi juga bisa dipakai untuk buah tangan bagi keluarga dan sanak saudara di rumah.

Danau Toba sebenarnya mempunyai ragam souvenir yang begitu banyak. Akan tetapi, kami mempunyai beberapa pilihan souvenir yang paling spesial menurut kami. Di antaranya yaitu :

Kain Batik Khas Samosir

souvenir-kain-batik-toba.jpg

Siapa sangka kalau masyarakat di Danau Toba juga mempunyai kain batik khas. Kain batik ini sekilas mirip seperti kain batik khas Suku Jawa, namun memiliki motif dan corak tersendiri. Kain batik khas Samosir ini tampil begitu unik dengan keindahan yang dimilikinya. Bagi Anda yang hobi mengoleksi berbagai kain tradisional, Anda wajib membeli kain batik khas Toba ini. Dijamin deh Anda bakal senang memilikinya. Sebab kain batik ini begitu otentik dan berbeda dari kain batik di belahan Bumi Nusantara yang lainnya.

Kain Ulos

souvenir-kain-ulos-toba.jpg

Tidak hanya kain batik, masyarakat Batak pun memiliki kain otentik yaitu kain ulos. Kain ulos ini hampir sama dengan kain selendang, namun coraknya berbeda. Kain ini biasa digunakan dengan menggantungkannya di pundak sebelah kanan. Masyarakat Batak mengenakan kain ulos pada saat menghadiri acara-acara resmi seperti upacara adat, pernikahan,syukuran, atau pemakaman. Nah di toko souvenir di sekitar Danau Toba, Anda bisa mendapatkan kain ulos ini dengan harga yang terjangkau.

Gantungan Kunci

gantungan-kunci-khas-toba.jpg

Memang kita bisa menemukan gantungan kunci di mana saja. Bahkan di warung sebelah pun produk ini tersedia. Akan tetapi, gantungan kunci yang khas Samosir cuma bifsa Anda temukan di Danau Toba. Gantungan kunci ini umumnya memiliki bentuk berupa miniatur kerajinan khas Suku Batak. Dari mulai rumah adat, alat musik tradisional, hingga kerajinan ukiran. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa memborong produk souvenir ini.

Ukiran-ukiran

souvenir-ukiran-khas-batak.jpg

Di sekitar Danau Toba, Anda juga akan menemukan banyak penjual yang menjajakan aneka produk berupa ukiran. Tidak hanya perabotan rumah tangga saja, tetapi ada juga aksesori dan hiasan dinding. Produk ukiran tersebut tampak indah sekali dan begitu unik. Kalau Anda mengamatinya dengan teliti, tampak ukiran khas Danau Toba ini memiliki motif yang berbeda dari ukiran khas Suku Jawa. Anda harus membelinya sebagai koleksi.

Alat Musik Tradisional Batak

alat-musik-tradisional-batak.jpg

Suku Batak ternyata mempunyai alat musik tradisional yang begitu banyak. Di antaranya yaitu doal, garantung, gondang, ihutan, odap, oloan, panggora, hesek, sarune bolon, sarune bulu, sulim, taganing, dan masih banyak lagi. Masing-masing alat musik tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda serta suara yang dihasilkannya tidak sama. Bentuknya yang unik dan menarik membuat alat musik khas ini cocok sekali dijadikan kenang-kenangan. Anda bisa membeli beberapa alat musik tradisional ini sebagai souvenir.

Miniatur Rumah Adat Batak Toba

miniatur-rumah-adat-batak.jpg

Rumah adat Sumatera Utara yaitu Rumah Balai Batak Toba atau Rumah Bolon. Rumah ini terbagi menjadi dua bagian yaitu jabu parsakitan sebagai tempat penyimpanan barang dan jabu bolon sebagai tempat pertemuan. Rumah Bolon juga tersedia dalam bentuk miniatur yang bisa dibeli oleh para turis seperti Anda ketika berkunjung ke Danau Toba. Rumah ini begitu otentik dan penuh dengan kenangan. Anda bisa membelinya di toko souvenir di sini dengan harga yang terjangkau.