6 Oleh-oleh Khas Indonesia untuk Orang Bule

Senang sekali ya rasanya apabila negeri kita tercinta, Indonesia Raya, dikenal oleh negara lain sebagai sebuah negara yang baik, masyarakatnya ramah, dan mempunyai panorama alam yang begitu indah. Kenyataannya sebentar lagi impian tersebut akan menjadi sebuah kenyataan. Kini sudah banyak sekali turis dari negara lain yang sengaja pergi melancong ke Indonesia untuk menikmati pesona kebudayaannya. Kita menyebutnya sebagai orang bule.

Ada banyak sekali orang bule yang pergi ke Indonesia untuk mengunjungi objek-objek wisata yang menarik. Di antaranya seperti Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Sebagai warga negara yang baik, kita harus memanfaatkan peluang tersebut untuk mempromosikan kebudayaan yang kita miliki. Contohnya apabila ada orang bule yang merupakan kenalan Anda di luar negeri datang berkunjung, jangan lupa untuk memberikannya oleh-oleh sebagai cinderamata.

Kami mempunyai beberapa saran oleh-oleh yang paling tepat diberikan untuk orang bule, di antaranya :

Kain

kain-batik-untuk-bule.jpg

Indonesia merupakan sebuah negara yang unik karena terdiri dari begitu banyak suku bangsa. Setidaknya lebih dari 400 suku bangsa bersatu padu tinggal di Indonesia, dari wilayah Sabang sampai Merauke. Menariknya setiap suku tersebut memiliki kain tradisionalnya sendiri. Contohnya seperti suku jawa dengan kain batik, suku dayak yang mempunyai kain tenun, suku batak yang mempunyai kain ulos, dan sebagainya.

Kain tradisional ini memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Apalagi untuk produk kain yang masih dibuat menggunakan tangan dan alat bantu tradisional, bukan buatan pabrik, pesonanya sangat menarik di hati. Kain tersebut sarat akan nilai seni dan nilai historis di setiap rajutannya. Inilah yang membuatnya istimewa. Anda dapat menghadiahkan kain tradisional ini sebagai sebuah souvenir untuk para bule. Mereka pasti akan sangat menyukainya.

Makanan

makanan-untuk-bule.jpg

Makanan khas Nusantara juga terkenal akan kelezatannya. Bahkan rendang yang notabene merupakan makanan tradisional suku batak telah berhasil menjadi makanan yang paling lezat di dunia. Kita patut berbangga karena memiliki cita rasa yang begitu tinggi. Makanan Indonesia memang begitu otentik. Karakteristik utamanya yaitu pemakaian bahan makanan yang segar, kuah dari santan, dan cita rasa yang pedas.

Selain rendang, ada begitu banyak kuliner lain yang sangat pantas diberikan ke orang bule sebagai oleh-oleh. Misalnya yaitu gudeg, soto, rawon, sate, empal, dendeng, pempek, atau bahkan ikan asin. Anda juga bisa menggunakan jajanan tradisional seperti kue talam, apem, bolu, lapis legit, bika ambon, dan yang lain sebagai oleh-oleh. Bahkan bahan makanan yang masih mentah, namun hanya dapat ditemukan di Indonesia pun dapat Anda gunakan. Contohnya seperti terasi, tempoyak, durian, belimbing, atau kedondong.

Minuman

jamu-untuk-bule.jpg

Minuman khas dari Indonesia juga sangat layak dijadikan sebagai buah tangan untuk orang asing loh. Mereka pasti akan menyukai minuman tersebut karena begitu unik dan tidak dapat ditemukan di negara lainnya. Rata-rata minuman khas di Indonesia menggunakan rempah-rempah untuk menambah cita rasanya. Indonesia mempunyai minuman khas berupa minuman hangat dan minuman dingin.

Tidak hanya berguna untuk melawan dahaga saja, minuman tersebut juga mempunyai khasiat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh maupun menyembuhkan dari berbagai penyakit. Contoh yang paling mudah yaitu jamu. Hanya Indonesia yang memiliki jamu. Jamu di sini juga memiliki banyak variasi. Ada jamu beras kencur, jamur jahe, jamu kunyit asam, jamu pahitan, dan lain-lain. Kalau tidak suka jamur, Anda bisa memberikan minuman dingin seperti es buah, es cendol, es selendang mayang, es campur, dan sebagainya.

Kerajinan

gelang-etnik-untuk-bule.jpg

Sebenarnya sangat mudah untuk menemukan barang yang otentik dan asli Indonesia buat dihadiahkan kepada orang bule sebagai oleh-oleh. Salah satunya Anda bisa memakai produk kerajinan tangan buatan para pengrajin lokal. Memang ada banyak sekali produk kerajinan tradisional asli dari Indonesia. Mayoritas produk tersebut terbuat dari bahan baku yang cuma bisa ditemukan di Indonesia saja.

Misalnya kerajinan yang kini sedang digandrungi oleh kalangan anak muda Indonesia yaitu gelang etnik yang terbuat dari tali, manik-manik, atau biji-bijian. Cuma di Indonesia Anda bisa menemukan gelang yang unik seperti ini. Ada pula produk kerajinan tangan yang terbuat dari cangkang kerang, kayu pohon, atau limbah yang diolah dengan sangat apik menjadi produk yang sangat menarik. Belilah kerajinan ini sebagai oleh-oleh.

Miniatur

miniatur-monas-untuk-bule.jpg

Selain keunikan pada kain tradisionalnya, Indonesia juga mempunyai ragam rumah adat yang banyak sekali. Tidak seperti negara lain yang hanya mempunyai satu atau dua rumah adat saja. Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah tradisional yang khas daerahnya sendiri. Masing-masing rumah adat tersebut saling berbeda satu sama lain serta begitu otentik. Teman Anda yang bule pasti merasa kagum dengan pesona rumah tersebut.

Tentu saja Anda tidak bisa memberikan rumah adat sebagai oleh-oleh. Selain karena harganya yang sangat mahal, ukurannya yang begitu besar juga tidak memungkinkan untuk bisa dibawa pulang. Jadi Anda bisa mengambil jalan alternatif dengan memberikan sebuah miniatur rumah adat kepada orang bule tersebut. Selain miniatur rumah adat, Anda juga bisa menggunakan miniatur bangunan lanskap yang begitu menarik, khas dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya yaitu monas, gedung sate, tugu suroboyo, tugu khatulistiwa, dan lain-lain.

Senjata

keris-untuk-bule.jpg

Kalau mau yang lebih ekstrem lagi, cobalah gunakan senjata tradisional khas Indonesia sebagai souvenir. Jangan tanya lagi soal keragaman khasanah budaya d Indonesia. Sebab tak ada negara lain yang mampu menandinginya. Termasuk soal senjata khas pun Indonesia memiliki banyak sekali. Faktanya adalah setiap suku bangsa di sini mempunyai senjata tradisional yang otentik. Contohnya yaitu keris, celurit, mandau, bambu runcing, dan lain-lain.

Cuma memang teman Anda akan mengalami kesulitan pulang kalau membawa senjata tradisional di dalam kopernya. Terutama pada saat berada di bandara, dia tidak bisa melewati petugas keamanannya karena mungkin bakal dituduh akan melakukan tindak pidana kejahatan. Jadi hendaknya Anda memberikan senjata tradisional ini dalam bentuk miniatur saja sehingga aman dibawa ke mana pun.