5 Tips Membeli Parcel Buah yang Segar

Anda perlu tips membeli parcel buah agar bisa memilihnya dengan baik? Parcel buah dapat dijadikan sebagai buah tangan ketika Anda hendak berkunjung ke rumah seseorang. Ini merupakan salah satu bingkisan yang paling aman sebab semua orang pasti menyukai buah. Anda bisa membuat sendiri parcel buah dari buah-buahan segar pilihan. Atau kalau tidak mau repot sendiri, silakan beli saja parcel buah yang sudah jadi.

Untungnya sekarang sudah ada banyak penjual yang menjajakan produk parcel buah, di samping buah-buahan segar. Hal ini akan mempermudah Anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang untuk mendapatkan parcel buah secara praktis. Akan tetapi, Anda perlu memilih parcel buah yang akan dijadikan sebagai buah tangan tersebut dengan teliti. Anda harus mencermati semua buah-buahan yang ada di parcel sehingga tidak salah pilih.

Ada penjual yang menawarkan produk parcel buah yang 100 persen sudah jadi sehingga Anda bisa langsung membawanya pulang. Ada pula penjual yang menawarkan jasa pembuatan parcel buah, di mana Anda bisa memilih buah-buahan yang akan dimasukkan ke parcel sesuka hati. Lalu penjual tersebut akan membuatkan parcel dari buah-buahan pilihan Anda. Kami lebih menyarankan Anda memilih penjual kedua sebab kualitas buah-buahnya lebih terjamin.

tips-membeli-parcel-buah.jpg

Tentunya Anda harus mempelajari bagaimana cara memilih buah yang segar sehingga parcel yang dibuat penjual tadi bisa sempurna.

  1. Warna Buah Tampak Cerah

Buah yang segar selalu memiliki warna yang cerah. Warnanya merata ke seluruh permukaan bagian kulit buah. Kalau bisa hindari mengambil buah yang memiliki bercak-bercak berwarna cokelat atau hitam di kulitnya. Anda bisa membandingkan beberapa buah, lalu membeli buah yang warnanya paling cerah. Buah yang demikian ini tampak menarik saat dikemas dalam sebuah parcel.

  1. Kulit Buah Terlihat Mengkilap

Cobalah mengarahkan lampu senter ke tumpukan buah. Jika Anda perhatikan dengan baik, beberapa buah memiliki kulit yang agak mengkilap ketika terkena cahaya. Sementara buah yang lainnya tetap terlihat kusam. Buah yang mengkilap merupakan buah yang berkualitas bagus. Buah seperti ini cocok sekali digunakan dalam pembuatan parcel. Jadi Anda harus memilih buah tersebut.

  1. Permukaan Kulit Buah Mulus

Setelah berhasil memilih buah berdasarkan warna dan kilaunya, kini waktunya Anda untuk menilai kualitas buah menurut kondisi tekstur permukaan kulitnya. Anda bisa memperhatikan dan merata kulit buah tersebut. Buah yang bermutu baik memiliki lapisan kulit yang mulus, rata, dan utuh. Tidak ada lubang maupun bagian buah yang menonjol. Tidak ada juga bagian buah yang mengalami kerusakan, keriput, dan lembek.

  1. Daging Buah Terasa Keras

Daging buah yang terasa cukup keras saat ditekan menandakan kalau kesegaran buah tadi tidak perlu Anda ragukan lagi. Buah memiliki kandungan air yang cukup sehingga tingkat kematangannya pun pas. Sedangkan buah yang terasa keras saat ditekan artinya buah tersebut masih mentah. Di sisi lain buah yang terasa lembek berarti hampir membusuk. Buah ini mengandung air yang sangat banyak dan tidak awet bila disimpan.

  1. Buah Memiliki Aroma Kuat

Buah yang segar juga bisa diketahui dari aroma yang dikeluarkannya. Semakin segar buah tersebut, maka aromanya pun semakin kuat. Anda bisa mencoba mencium aroma buah yang hendak dipilih terlebih dahulu. Dari sini Anda bisa membedakan apakah buah itu masih segar, sudah disimpan lama, atau hampir busuk. Khusus untuk parcel, pilihlah buah yang benar-benar segar dan baru dipetik dari pohon.

Permainan warna adalah kunci utama untuk membuat parcel buah yang menarik. Anda bisa memanfaatkan buah yang memiliki warna berbeda-beda sehingga parcel tampak semarak. Contohnya Anda bisa mengisi parcel dengan buah naga, mangga, pisang, anggur, jeruk, manggis, dan apel. Sebisa mungkin hindari menggunakan buah-buahan yang warnanya sama dalam satu bingkisan parcel kecuali jika Anda berencana memberikan parcel buah tersebut untuk memperingati acara khusus yang memiliki keidentikan tinggi dengan warna tertentu.