5 Tips Dasar dalam Memilih Souvenir Pernikahan

Anda sedang berniat untuk memilih souvenir pernikahan? Wah pasti saat ini Anda merasa bahagia sekali ya karena tidak lama lagi akan menikah dengan sang pujaan hati. Acara pernikahannya harus diselenggarakan sebaik mungkin tuh. Kalau bisa jangan biasa-biasa saja karena cuma  sekali dalam seumur hidup. Buatlah sebuah pesta pernikahan yang mampu memberikan kesan begitu mendalam sehingga dapat menjadi salah satu penyatu dalam berumah tangga nanti.

Apalah artinya sebuah pesta pernikahan tanpa adanya souvenir? Yap, souvenir wajib ada di setiap acara pernikahan. Souvenir inilah yang nantinya akan menjadi buah tangan yang akan dibagikan kepada para tamu yang hadir. Oleh karena itu, souvenir harus dipilih dengan sebaik-baiknya supaya dapat memberikan kesan yang tepat. Pemilihannya tidak boleh terlalu berlebihan. Paling tidak souvenir tersebut harus mampu menggambarkan siapa Anda dan pasangan serta apa impian rumah tangga yang ingin dicapai kelak.

memilih-souvenir-pernikahan.jpg

Catat tips-tips dasar dalam memilih souvenir pernikahan dari Souveniria berikut ini!

  1. Tentukan Anggaran secara Tepat

Pembelian souvenir ternyata menjadi anggaran terbanyak kedua setelah konsumsi. Setidaknya ada 3 kategori souvenir berdasarkan nilainya. Di antaranya yaitu souvenir murahan, souvenir biasa, dan souvenir eksklusif. Perlu diperhatikan bahwa kami mengelompokkan souvenir-souvenir tersebut menurut nilainya, bukan harganya. Souvenir dikatakan murahan jika tampilannya biasa-biasa saja. Namun souvenir murahan ini bisa dibuat menjadi biasa atau eksklusif dengan memberikan sentuhan tertentu. Misalnya bila Anda memilih souvenir berupa alat tulis, buatlah menjadi lebih bernilai dengan menghiasi pegangannya dan mengemasnya menggunakan wadah yang menarik.

  1. Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Bakalan lucu sekali apabila souvenir pernikahan yang Anda pilih tidak ada hubungannya dengan tema pernikahan yang diusung. Contohnya pada saat Anda mengusung tema pernikahan yang menggambarkan seputar kehidupan masyarakat jawa, maka pilihlah souvenir yang erat kaitannya dengan kebudayaan jawa. Di antaranya seperti batik, kerajinan kayu, gantungan kunci rumah joglo, miniatur delman, blangkon, miniatur keris, dan lain-lain. Kalau bisa hindari souvenir dari kebudayaan lain, kecuali bila kebudayaan tersebut merupakan kebudayaan asli pasangan Anda.

  1. Gambaran Anda dan Pasangan

Tidak ada salahnya bersikap loyal terhadap diri sendiri. Hal ini bukanlah suatu bentuk pemborosan, melainkan penghargaan kepada diri sendiri karena selama ini sudah bekerja keras. Dalam pesta pernikahan Anda, pilihlah souvenir yang Anda mau. Sebuah souvenir yang bisa menggambarkan tentang kebahagiaan diri Anda dan pasangan. Kemudian diskusikan dengan pasangan apakah dia setuju atau tidak. Kritik dan saran dari orang lain bisa Anda gunakan untuk memantapkan hati dalam memilih souvenir tersebut.

  1. Jangan Beli Sesuai Jumlah Undangan

Anda mungkin saat ini hanya menyebar undangan pernikahan sebanyak 500 lembar. Namun jangan kaget apabila dalam pesta pernikahan nanti jumlah tamu yang datang bisa mencapai 3 kali lipatnya. Kasus ini lumrah terjadi. Penyebabnya adalah beberapa tamu mengajak keluarga kerabatnya atau ada kenalan-kenalan Anda yang belum diberikan undangan. Jangan lupakan juga orang-orang yang turut menyukseskan acara pernikahan Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan loh ada tamu tidak dikenal yang turut hadir memeriahkan acara pesta ulang tahun Anda. So, sediakanlah souvenir dengan jumlah yang lebih banyak dari jumlah undangan.

  1. Desain yang Unik dan Berguna

Pemilihan souvenir pernikahan yang tepat itu bukan perkara mahal-mahalan harganya. Tetapi kekuatan kesan yang dimilikinya. Souvenir pernikahan dikatakan bagus apabila dapat memberikan kesan mendalam sehingga tamu yang merawatnya akan terus menjaga souvenir pernikahan tersebut. Contoh souvenir yang kini sedang menjadi tren ialah pot dengan tanaman kecil di dalamnya. Anda bisa membayangkan sendiri bila tanaman yang Anda berikan tadi dirawat dengan baik oleh penerimanya dan tumbuh besar, artinya cinta Anda dan pasangan telah tumbuh di mana-mana.