5 Souvenir Khas dari Bandung dan Jawa Barat

Berwisata dapat dilakukan ke mana saja. Biasanya kita berwisata untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Entah itu pengalaman, kenalan, makanan, atau sekadar foto untuk diunggah ke media sosial. Untungnya kita tinggal di Indonesia yang notabene mempunyai sejuta pesona. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang dimiliki oleh Indonesia. Setiap daerah ini bangga dengan adat istiadat dan kebudayaan yang mereka punyai.

Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya dalam mengembangkan potensi. Daerah yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini memiliki segudang pesona yang kebanyakan didominasi oleh kebudayaan tradisional yang mereka miliki. Misalnya seperti angklung, wayang golek, dan peuyeum. Hal ini membuat wisatawan yang datang ke Kota Bandung tidak kesusahan mencari souvenir khas.

souvenir-khas-dari-bandung.jpg

Anda juga mungkin berencana pergi ke Bandung sebentar lagi? Daftar barang di bawah ini wajib Anda beli sebagai souvenir!

  1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat. Cara memainkan angklung yaitu menggoyangkannya beberapa kali supaya mengeluarkan suara. Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini khas sekali. Merdu dan menenangkan inilah kesan utama yang Anda dapatkan ketika mendengar suara alunan angklung. Bahkan dunia pun telah mengakuinya. Jangan lupa belilah angklung saat Anda melancong ke Bandung.

  1. Wayang Golek

Seakan tidak mau kalah dengan Suku Jawa yang mempunyai kesenian wayang kulit, Suku Sunda pun mempunyai wayang yang menjadi identitasnya yaitu wayang golek. Wayang golek adalah wayang yang berbentuk boneka 3 dimensi. Biasanya wayang ini dibuat dari material kayu. Di dalamnya terdapat tokoh yang cukup banyak. Anda bisa membeli wayang golek untuk dikoleksi atau diberikan ke kerabat dekat.

  1. Fashion

Kota Bandung mendapatkan julukan sebagai Parisnya Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab dunia fashion di sini memang sangat berkembang. Ada banyak sekali item fashion menarik di Kota Bandung yang bahkan belum ada di kota-kota lainnya. Tidak sedikit pula produk tersebut merupakan kreasi lokal alias buatan asli pengrajin di Bandung. Anda tidak boleh kelewatan membeli kaos, celana, jaket, atau sepatu.

  1. Makanan

Ada banyak sekali pilihan makanan yang khas dari Bandung. Bahkan karena saking banyaknya, kami sendiri bingung mau merekomendasikan yang mana. Ada makanan tradisional. Banyak pula makanan modern ala Amerika dan Eropa. Semuanya lezat dan nikmat. Dijamin Anda tidak akan menyesal setelah membelinya. Cuma bila Anda ingin mencoba makanan yang Bandung banget, belilah makanan dari tepung kanji.

  1. Bunga

Bandung juga dikenal sebagai Kota Bunga. Julukan ini diperoleh sebab di sini memang ada banyak sekali penjual tanaman bunga. Kondisi cuaca di Bandung yang cenderung dingin membuat sebagian besar tanaman bisa tumbuh subur di tempat ini. Beberapa tanaman impor yang berasal dari luar negeri pun dapat ditanam di Bandung. Jangan lupa membeli bunga yang unik saat Anda bertandang ke kota ini.