5 Makanan yang Paling Lezat dari Magetan, Apa Saja Sih?

Apa sih yang paling terkenal dari Kabupaten Magetan? Tidak lain adalah tanaman tebu. Magetan adalah salah satu daerah penghasil gula tebu terbesar di Indonesia. Rata-rata petani di sini menanam tebu pada lahan yang dimilikinya. Didukung dengan pabrik gula yang sudah berdiri sejak zaman Belanda, petani di sini tak mengalami kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya. Selain itu Magetan juga terkenal dengan kerajinan kulitnya loh. Pokoknya kalau Anda mampir ke sini, jangan lupa membeli sepatu kulitnya.

Bagi para pencinta kuliner lezat, Magetan juga memiliki berbagai hidangan yang enak, sedap, mantap, dan pastinya mampu menggoyang lidah Anda. Makanan-makanan asal daerah Magetan ini cukup unik. Beberapa di antaranya sulit Anda temukan di daerah lain. Sedangkan sebagian lagi justru kini semakin menjadi tren karena memang rasanya sangat nikmat. Penasaran apa saja sih makanan-makanan khas tersebut? Kami mempunyai 5 rekomendasi makanan khas yang wajib dicicipi saat berada di Magetan!

Sate Kelinci

sate-kelinci-khas-magetan.jpg

Kalau Anda sedang berada di Magetan, makanan yang harus banget dicoba ialah sate kelinci. Kapan lagi coba Anda dapat merasakan nikmatnya sensasi dari sate kelinci ini? Tenang saja, rasa sate kelinci khas Magetan ini dijamin enak sekali loh. Jika awalnya Anda tidak mau memakannya, justru setelah mencoba gigitan pertama Anda bakal langsung suka dan akan terus menghabiskannya. Sate kelinci ini mempunyai rasa yang mirip seperti sate ayam, namun teksturnya lebih lembut. Disiram dengan bumbu kacang dan kecap, rasa sate kelinci akan semakin mantap. Selamat menikmati!

Sate Jamur

sate-jamur-khas-magetan.jpg

Khusus bagi Anda yang vegetarian nih, atau bagi yang bukan vegetarian sebenarnya juga tetap boleh memakannya sih, ada sate jamur yang siap memuaskan lidah Anda saat berada di Magetan. Tentunya jarang sekali kita bisa menemukan olahan sate yang menggunakan bahan dasar berupa jamur. Cuma di Magetan ini Anda dapat menjumpai penjual sate jamur di mana-mana karena memang menjamur di seantero kota. Biasanya sih jamur yang dipakai ialah jamur tiram. Setelah dibumbui dan dibakar sampai matang, sate jamur lantas diberi bumbu kacang yang gurih, manis, sedikit pedas, Dijamin mantap deh!

Pecel Pincuk

pecel-pincuk-khas-magetan.jpg

Daerah-daerah di Jawa Timur memang terkenal banget dengan sajian pecelnya yang sungguh lezat dan mampu memberikan kepuasan lahir batin. Pecel sendiri merupakan hidangan berupa sayuran-sayuran rebus yang diberi bumbu kacang. Salah satu pecel yang sangat terkenal akan kelezatannya adalah pecel khas Magetan. Pecel Magetan menggunakan bumbu kacang yang rasanya nikmat sekali. Yang membuat spesial dari pecel di sini ialah pemakaian pincuk dari daun pisang sebagai piringnya. Biasanya sih pecel ini disajikan bersama aneka lauk pauk seperti tahu, tempe, dan telur goreng.

Tepo

tepo-khas-magetan.jpg

Apa itu tepo? Tepo adalah makanan khas Magetan yang berisi irisan lontong, tahu goreng, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang yang kental. Sekilas sih tepo ini kurang lebih sama seperti kupat tahu dari Jakarta ya. Namun yang membedakannya, kalau kupat tahu menggunakan kuah santan, beda dengan tepo yang memakai bumbu kacang. Sebagai pelengkap tepo biasanya ditambahkan pula kerupuk atau rempeyek sebagai aksesori untuk merenyahkan suasananya. Paling enak sih menikmati tepo saat siang hari yang panas ya. Ditemani es buah pasti rasanya bakalan semakin indah.

Sempolan

sempolan-khas-magetan.jpg

Sempolan merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang kini sedang booming dan disenangi oleh para kawula muda di Indonesia. Sempolan pada dasarnya mirip seperti cireng (aci goreng) loh. Bedanya yaitu sempolan ditusuk menggunakan bilih-bilih bambu sehingga nampak menyerupai sate. Sempolan terbuat dari adonan tepung gurih yang dikepal pada bilih bambu. Di dalamnya ada isian yang bermacam-macam. Contohnya seperti daging ayam, daging sapi, udang, sosis, gurita, jamur, dan lain-lain. Sempolan ini paling cocok dinikmati saat bersantai sih. Biar lebih menggigit, Anda bisa mencocolnya di saus.