5 Kerajinan Tangan Khas dari Pulau Madura yang Paling Menarik

Jangan pandang sebelah mata Pulau Madura. Walaupun pamornya masih kalah jauh dibandinkan dengan Pulau Bali yang terletak di sebelah timurnya, tetapi Pulau Madura mempunyai panorama alam yang tidak kalah indah. Ternyata Pulau Madura ini juga memiliki pantai yang menarik, kebudayaan yang unik, serta pesona kerajinan tangan yang begitu otentik. Yap, di Pulau Karapan Sapi ini, Anda bisa menemukan aneka cinderamata yang cocok dibeli sebagai souvenir untuk dibawa pulang.

Pulau Madura mempunyai cukup banyak produk kerajinan tangan yang menarik untuk dibawa pulang. Masyarakat di sini sepertinya kreatif sekali dalam memanfaatkan barang-barang dari alam untuk dibuat menjadi suatu karya seni yang bernilai tinggi. Walaupun masih mendapatkan sedikit sentuhan dari Pulau Jawa, kerajinan tangan khas Pulau Madura ini juga memiliki gayanya tersendiri. Faktor keunikan ini pula yang membuatnya begitu otentik. Anda pasti akan sangat menyukainya.

Sebenarnya sih kita bisa mendapatkan berbagai produk kerajinan tangan yang menarik di Pulau Madur. Namun dari sekian banyaknya produk-produk tersebut, kami merekomendasikan tiga produk yang paling menarik. Di antaranya yaitu :

Kerajinan Batok Kelapa

batok-kelapa-khas-pulau-madura.jpg

Di Madura, masyarakatnya pintar sekali memanfaatkan batok kelapa untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bernillai seni tinggi. Berbagai souvenir yang menarik dibuat menggunakan batok kelapa ini. Tak hanya peralatan dapur saja, batok kelapa juga kerap digunakan untuk membuat aneka cinderamata. Misalnya yaitu gantungan kunci, miniatur bangunan, patung, sampai aksesori ruangan. Pokoknya Anda bisa menemukan kerajinan batok kelapa yang unik dan menarik di sini deh. Jadi jangan lupa siapkan uang yang banyak untuk memborongnya.

Tikar Daun Lontar dan Pandan

tikar-khas-pulau-madura.jpg

Kerajinan tangan selanjutnya yang dapat Anda temukan di Pulau Madura yaitu tikar tradisional. Tikar ini terbuat dari daun lontar atau daun pandan yang dianyam sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tikar yang nyaman digunakan. Sampai saat ini, kita masih dapat menemukan produk anyaman tikar daun di Pulau Madura ini dengan mudah. Umumnya harga tikar dari daun lontar sedikit lebih mahal daripada tikar daun pandan karena memiliki struktur yang lebih kuat. Anda yang mau membelinya, kami sarankan pergilah ke pasar tradisional terdekat. Anda bisa menawar harganya di sini.

Kain Batik Tradisional

kain-batik-khas-pulau-madura.jpg

Ternyata Pulau Madura juga mempunyai kerajinan batik khas dari daerah ini. Batik khas Pulau Madur ini mempunyai ciri-ciri dan kekhasan yang berbeda dari batik-batik asal daerah lain. Kain batik khas Madura terinspirasi dari keadaan sosial masyarakatnya. Setidaknya terdapat 4 jenis batik asal pulau ini yaitu batik sampang, batik sumenep, batik pamekasan, dan batik tanjung bumi. Masing-masing kerajinan batik ini memiliki nilai yang istimewa sehingga Anda harus memilikinya.

Batik sampang mempunyai motif burung merak dengan dominasi warna merah. Sedangkan batik sumenep menggunakan corak yang menyerupai motif batik jagad asmara dan motif ayam guling. Lain lagi dengan batik pamekasan yang dihiasi dengan motif berupa garis-garis melintang yang simetris. Motif ini membuat siapa pun yang mengenakannya akan terlihat lebih berkharisma. Sementara itu, batik tanjung bumi terkenal dengan motif gentongannya. Keunikan dari batik ini yaitu warna kainnya justru akan semakin bagus dan cerah setelah dicuci beberapa kali.

Senjata Tradisional Celurit

celurit-khas-pulau-madura.jpg

Apakah senjata tradisional khas dari suku Madura? Jawabannya tidak lain yaitu celurit. Masyarakat lokal sering menyebut senjata ini dengan nama carok. Sedangkan di dalam bahasa indonesia, celurit disebut pula sabit. Bagi masyarakat Madura, celurit tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat di sini. Sebagai souvenir, selain Anda bisa membeli celurit asli, jangan lupa juga untuk membeli kerajinan  celurit berupa miniatur yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga nampak lebih menarik untuk dipajang.

Pakaian Adat Madura

pakaian-adat-khas-pulau-madura.jpg

Pulau Madura juga mempunyai pakaian adat masyarakat yang sudah terkenal. Saat ini pakaian tersebut biasanya dikenakan dalam upacara-upacara penting atau saat lomba karapan sapi. Pakaian adat madura untuk para pria yaitu kaos putih yang dihiasi motif berupa garis-garis horizontal berwarna merah. Para pria di sini juga kerap menggunakan ikat kepala dari kain batik. Sedangkan pakaian adat untuk para wanita Madura yaitu pakaian batik khas yang disebut samper sebagai bawahan serta kain kebaya untuk bagian atasannya.