5 Hadiah untuk Kenaikan Kelas Si Anak Pintar

Apakah hadiah yang cocok untuk kenaikan kelas anak-anak? Salah satu momen yang paling membahagiakan bagi para orang tua adalah saat penerimaan buku rapor anak-anaknya. Perasaan waswas dan deg-degan sama-sama dialami oleh orang tua dan anaknya. Kemudian setelah buku rapor diterima, perasaan tersebut berganti menjadi gembira serta bahagia melihat nilai-nilai anak yang sangat memuaskan. Kebahagiaan ini akan semakin berlipat ganda manakala si anak ternyata menjadi juara kelas.

Sebagai bentuk penghargaan atas usaha yang dilakukan oleh si buah hati, Anda bisa memberikan suatu hadiah yang dapat membuatnya lebih bersemangat dalam belajar. Tetapi Anda tidak boleh menjadikan hadiah ini sebagai iming-iming supaya anak mau belajar ya Ayah dan Bunda. Sebab faktanya anak-anak yang sering dijanjikan hadiah kalau mau belajar justru akan tumbuh menjadi pribadi yang malas. Mereka hanya akan mau melakukan suatu pekerjaan apabila diberi imbalannya.

kado-untuk-kenaikan-kelas.jpg

Nah, di sinilah kepintaran Anda sebagai orang tua diperlukan. Jangan pernah sekalipun menjanjikan kepada anak bahwa Anda akan memberikannya hadiah. Anda cukup melihat bagaimana nilai-nilai di dalam buku rapornya. Jika nilai tersebut dirasakan oleh Anda memuaskan, maka berikanlah hadiah sebagai kejutan. Dengan begini anak Anda memang betul-betul sadar mau belajar demi mendukung kecerdasan otaknya. Berikut ini ide-ide kado yang pantas diberikan kepada anak jikalau berhasil naik kelas.

  1. Pakaian Pilihan Anak

Pakaian mungkin kedengarannya biasa saja ya? Tetapi berbeda kalau Anda membebaskan si anak untuk memilih sendiri pakaian yang dia mau. Pasti mereka akan merasa puas sekali setelah mendapatkan pakaian impiannya selama ini. Yap, kali ini Anda harus memberi kebebasan kepada si anak untuk membeli pakaian favoritnya. Biarkan mereka memiliki pakaian tersebut walaupun Anda merasa pakaian itu tampak aneh atau tidak ada gunanya. Misalnya anak laki-laki biasanya suka dengan kostum superhero dan anak perempuan lebih memilih ekor ikan duyung.

  1. Buku Cerita Anak

Anda tentu menginginkan si anak suka membaca buku sebab buku merupakan jembatan ilmu pengetahuan. Anak harus mau membaca buku agar dia bisa mendapatkan wawasan baru. Selama ini anak Anda mungkin sudah disibukkan dengan buku pelajarannya. Anda bisa memberikan penyegaran dengan membelikan buku-buku cerita anak yang dilengkapi gambar berwarna-warni. Anak Anda pasti akan menyukainya dan merawatnya dengan sepenuh hati. Usahakan Anda membaca dulu isi dari buku tersebut untuk memastikannya cocok untuk anak-anak.

  1. Seragam Sekolah Baru

Di tahun ajaran yang baru bukan berarti seragam sekolah anak Anda harus semuanya baru ya. Biarkan si kecil tetap memakai seragam sekolah lamanya yang masih layak dikenakan. Hal ini akan menumbuhkan sikap mencintai benda-benda yang dimilikinya sehingga dia akan merawat benda tersebut. Kalau ingin memberikannya seragam baru, silakan belikan satu atau dua benda saja. Misalnya cukup baju, tas, atau sepatunya saja. Cara ini tetap akan membuat penampilannya menarik.

  1. Alat-alat Olahraga

Sebaiknya Anda mengasah bakat terpendam yang dimiliki oleh anak sejak dini. Caranya dengan membelikan alat olahraga yang disukainya sebagai hadiah kenaikan kelas. Contohnya seperti bola sepak, bola basket, raket bulutangkis, sepatu roda, sepeda, baju renang, dan lain-lain. Peralatan olahraga ini juga akan membuat anak bisa menyegarkan otaknya dengan bermain-main setelah belajar seharian di sekolah.

  1. Gadget atau Laptop

Sekarang merupakan zaman digital. Semua pekerjaan dapat dilakukan dengan bantuan teknologi sehingga berjalan lebih efektif dan efisien. Jangan biarkan anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang tidak tahu teknologi. Oleh karena itu, Anda bisa menghadiahkan sebuah perangkat gadget seperti smartphone, komputer, atau laptop untuknya. Adanya alat-alat elektronik ini di rumah membuat anak Anda terbiasa mengoperasikannya. Letakkan alat ini di ruang tamu atau ruang keluarga sehingga Anda bisa tetap mengawasinya.