21 Makanan Khas Maluku Ini Enak Banget dan Dijamin Unik

Mumpung Anda masih berada di Maluku, jangan lupa cobain deh makanan-makanan khas dari daerah ini. Kami jamin Anda bakal mendapatkan pengalaman baru setelah berwisata kuliner di Maluku. Karena Maluku mempunyai banyak sekali makanan yang unik dan enak. Khususnya bagi Anda yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat, Anda akan terpesona dengan keunikan makanan-makanan yang ada di sini. Kuliner khas Maluku benar-benar berbeda dan nampak sangat menggiurkan untuk dimakan.

Papeda

papeda-khas-maluku.jpg

Papeda pada dasarnya merupakan bubur sagu. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dilarutkan sedikit demi sedikit menggunakan air. Setelah cukup kental, adonan pun diberi air panas secukupnya. Maka jadilah papeda. Papeda biasanya dinikmati bersama masakan yang berkuah.

Nasi Lapola

nasi-lapola-khas-maluku.jpg

Terbuat dari beras dan kacang tolo, nasi lapola merupakan nasi khas Maluku yang sangat terkenal. Nasi ini juga ditambahi kelapa parut dan garam yang membuat rasanya semakin gurih. Nai lapola ini biasanya dinikmati begitu saja tanpa adanya lauk pauk atau penganan pendamping.

Nasi Kalapa

nasi-kalapa-khas-maluku.jpg

Kalau Jakarta mempunyai nasi uduk, Maluku pun tak mau kalah karena memiliki nasi kalapa. Nasi kalapa ini sama seperti nasi uduk yaitu asi yang dimasak memakai santan sehingga rasanya gurih sekali. Untuk lauknya, nasi kalapa umumnya disajikan dengan ikan asin, telur asin, gorengan, dan sambal colo-colo.

Nasi Jaha

nasi-jaha-khas-maluku.jpg

Nasi jaha adalah penganan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa, lalu dibungkus menggunakan daun pisang muda. Setelah itu, bungkusan ini dimasukkan lagi ke dalam bambu kemudian dibakar hingga matang. Nasi jaha biasanya disajikan untuk sarapan.

Bubur Sagu Ubi

bubur-sagu-khas-maluku.jpg

Mirip seperti kolak ubi, ciri khas bubur sagu ubi yaitu penambahan sagu di dalamnya sehingga membuat kuahnya semakin kental. Komposisinya terdiri dari sagu, ubi, santan kelapa, daun pandan, gula merah, dan gula pasir. Anda juga bisa menambahkan kacang kenari biar lebih nikmat.

Sagu Woku Komo-komo

sagu-woku-komo-khas-maluku.jpg

Menggunakan bahan utama yaitu tepung, pembuatan sagu woku komo-komo ini ditambahi pula dengan jeroan ikan, jahe, bawang putih, dan sereh. Campuran bahan-bahan ini lantas dibungkus memakai daun woku. Sagu woku komo-komo memiliki rasa yang gurih, legit, dan lumer di mulut.

Kasuami

kasuami-khas-maluku.jpg

Dalam bahasa daerah Maluku, kasuami merujuk pada penganan yang terbuat dari ubi parut yang dikukus. Ada 3 macam kasuami yaitu kasuami yang menggunakan gula, kasuami yang dicampur kelapa parut, dan kasuami yang murni tidak ada tambahan rasa apapun. Patut dicoba nih!

Gohu Ikan

gohu-ikan-khas-maluku.jpg

Gohu ikan bisa juga disebut sebagai sashimi dari Ternate. Makanan ini terbuat dari daging ikan tuna segar yang dipotong dadu lalu diberi perasan jeruk nipis, cabai rawit, bawang merah, dan garam. Setelah itu, siramkan minyak kelapa yang sangat panas ke atasnya. Gohu ikan pun siap disajikan.

Ikan Kuah Pala

ikan-kuah-pala-khas-maluku.jpg

Ikan kuah pala berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Hidangan ini dibuat dari daging ikan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas. Yang paling menonjol adalah cita rasa dari palanya. Penggunaan pala membuat makanan ini begitu segar dan memiliki sensasi yang berbeda.

Ikan Komu Asar

ikan-asar-khas-maluku.jpg

Ikan komu ialah sebutan untuk ikan tuna, ikan cakalang, dan ikan tongkol. Sedangkan asar berarti asap. Jadi ikan komu asar ini merupakan ikan tuna yang diasap terlebih dulu. Barulah kemudian ikan dimasak menggunakan rempah-rempah khas Maluku. Pengasapan membuat rasa ikan ini semakin lezat.

Kohu-kohu

kohu-kohu-khas-maluku.jpg

Jika urap biasanya terbuat dari irisan sayur-sayuran rebus yang dicampur bumbu kelapa parut, berbeda dengan kohu-kohu yang menggunakan suwiran ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Biasanya kohu-kohu disajikan bersama singkong, ubi, atau talas yang direbus.

Rujak Natsepa

rujak-natsepa-khas-maluku.jpg

Rujak natsepa pada dasarnya sama saja sih seperti rujak-rujak yang lainnya. Rujak ini terbuat dari buah-buahan segar yang dipotong-potong tipis, lalu disiram dengan bumbu rujak. Bumbu yang dipakai rujak natsepa inilah yang membuatnya istimewa karena menggunakan kacang kenari, bukan kacang tanah.

Gatang Kenari

Gatang kenari merupakan sebutan lain untuk kepiting kenari. Kepiting kenari adalah kepiting endemik dari Kepulauan Maluku dan sekitarnya. Kepiting ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari kepiting biasanya. Beberapa restoran menyajikan menu gatang kenar ini sebagai hidangan yang mewah.

Kasbi Komplet

Kasbi komplet ialah hidangan yang terdiri dari menu utama yaitu singkong, ubi, atau talas rebus yang disajikan bersama menu pendamping yaitu sayur jantung pisang, ikan bakar bumbu rica-rica, kangkung tumis, bunga pepaya tumis, dan kohu-kohu ikan puri. Anda juga bisa menikmatinya bersama dengan sambal colo-colo saja.

Kue Asida

Kue asida adalah kue yang terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum yang ditambah dengan gula merah. Kue ini merupakan kue tradisional Maluku yang biasanya muncul setiap Bulan Ramadhan. Kue asida memiliki rasa yang manis dan legit. Biasanya disajikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Kue Sagu

Kue sagu sendiri merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Ambon. Kue ini dibuat dari sari pati batang sagu. Secara tradisional, kue sagu ini dibuat dengan metode sangrai. Namun kini kue sagu juga ada yang dibuat melalui proses pemanggangan memakai oven.

Kue Kenari

kue-kenari-khas-maluku.jpg

Salah satu kue kering khas Kota Ambon yang sangat terkenal yaitu kue kenari. Ini merupakan kue kering berbentuk lembaran-lembaran yang bertabur kacang kenari. Ada pula kue kering yang menggunakan campuran kacang kenari dan kacang almond.

Ampas Terigu

ampas-terigu-khas-maluku.jpg

Ampas kok dijadikan oleh-oleh sih? Jangan salah sangka dulu ya. Istilah ampas ini sebenarnya hanya sebutannya saja kok. Ampas terigu merupakan roti khas Ambon yang terbuat dari tepung terigu. Roti ini biasanya dikonsumsi saat sore hari sebagai teman dalam meminum teh hangat.

Manisan Pala

manisan-pala-khas-ambon.jpg

Belum sah ke Ambon kalau belum membeli pala. Selain pala mentah berupa rempah-rempah, tersedia pula aneka olahan pala contohnya seperti manisan pala dan asinan pala. Kapan lagi coba Anda mencicipi kenikmatan pala selain di Ambon?

Acar Kuning

acar-khas-maluku.jpg

Acar kuning boleh dibilang sebagai acar yang komplit. Isinya antara lain mentimun, wortel, cabai, nanas, bawang merah, rebung, dan kecipir. Bahan-bahan ini lantas dimasak sebentar menggunakan bumbu acara, Warnanya kuning karena acar ini memakai kunyit sebagai bumbu utamanya.

Sambal Colo-colo

sambal-colo-colo-khas-maluku.jpg

Maluku mempunyai sambal khas yang bernama sambal colo-colo. Sambal ini berisi irisan cabai rawit, bawang merah, tomat muda, jeruk nipis, dan garam. Semua campuran bahan-bahan ini lantas disiram dengan air panas. Biar rasanya lebih nikmat, tambahkan sedikit kecap manis.