20 Souvenir Khas Jakarta, Makanan dan Kerajinan Tangan

Apa sih souvenir yang khas dari Jakarta? Sebagai ibukota dari Negara Indonesia, Jakarta bisa menjadi gambaran umum bagaimana kondisi pariwisata dari negara kita tercinta ini. Pesona dari Kota Jakarta ini langsung dapat mencerminkan daya tarik Indonesia yang sesungguhnya. Anda tentu sudah tahu kalau penduduk asli Jakarta berasal dari suku Betawi. Nah, kalau pas kebetulan Anda melancong ke Jakarta, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Betawi sebagai souvenir perjalanan.

Betawi sebagai suku asli Jakarta memiliki beragam kuliner khas dan kerajinan tangan yang menarik sekali. Makanan, minuman, dan cenderamata ini begitu otentik sehingga Anda pasti akan langsung dibuat terpesona olehnya. Jalan-jalan ke Jakarta belum lengkap kalau tidak membeli souvenir liburan buat orang-orang di rumah. Tidak usah bingung karena Jakarta mempunyai segudang barang dan jajanan yang siap Anda jadikan oleh-oleh. Pokoknya bakal unik dan menarik sekali deh.

souvenir-khas-jakarta-betawi.jpg

Berikut ini beberapa contoh souvenir yang khas banget dengan Jakarta, meliputi :

  1. Akar kelapa adalah kue legendaris khas Betawi. Nama lainnya ialah kue poncrot. Kue ini dibuat dari adonan tepung ketan, tepung beras, mentega, telur, dan gula yang digoreng sampai garing. Rasanya gurih dan sedikit manis.
  2. Aneka souvenir bernuansa ondel-ondel juga identik sekali dengan Jakarta. Ondel-ondel merupakan boneka raksasa yang menjadi pertunjukan bagi masyarakat Betawi. Anda bisa membeli topeng, miniatur, boneka, atau gantungan berbentuk ondel-ondel.
  3. Roti buaya merupakan roti yang dibuat dalam bentuk buaya. Aslinya roti ini hanya dipakai sebagai hantaran pernikahan. Namun tidak ada salahnya Anda sebagai turis membeli roti ini sebagai oleh-oleh buat orang di rumah.
  4. Miniatur Monas tentu sangat pas dijadikan sebagai oleh-oleh ketika Anda pulang liburan dari Provinsi Jakarta. Monumen Nasional adalah sebuah landmark paling terkenal yang menjadi ikon ibukota Negara Indonesia ini.
  5. Dodol juga ada yang khas Betawi yaitu dodol yang dibuat dari ketan putih dan ketan hitam. Cita rasanya perpaduan dari manis dan gurih. Dodol Betawi memiliki tekstur yang kenyal dan begitu lembut di mulut.
  6. Bajaj merupakan kendaraan khas yang hanya ada di Kota Jakarta. Bajaj ini berupa kendaraan roda tiga yang biasanya dihiasi dengan warna oranye. Miniatur berbentuk bajaj akan menjadi souvenir liburan yang paling pas.
  7. Kue geplak termasuk salah satu kue tradisional asli Jakarta. Kue ini wajib dibawa dalam seserahan pengantin pria ketika ke rumah wanita yang akan dinikahinya. Kue geplak dibuat dari beras, berwarna putih, memiliki rasa yang manis, dan teksturnya lembut.
  8. Boneka abang none adalah boneka yang terdiri dari sepasang pria dan wanita yang menjadi duta pariwisata Provinsi Jakarta. Boneka abang none termasuk souvenir yang paling sering diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke kota ini.
  9. Bir pletok bukanlah minuman beralkohol. Bir pletok termasuk semacam jamu yang dibuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, serai, pandan, dan lain-lain yang direbus lama. Anda bisa menjajal bir pletok saat pergi ke Jakarta.
  10. Kaleng kerupuk yang ukurannya jauh lebih kecil dari ukuran sebenarnya kini menjadi souvenir khas Jakarta yang paling unik. Isi dari kaleng kerupuk ini bukan kerupuk, tapi berbagai camilan ringan atau permen.
  11. Kembang goyang ialah kue yang rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Kue ini berbentuk kembang/bunga. Cara membuatnya dengan menggoyang-goyangkan cetakan yang telah berisi adonan di dalam minyak panas.
  12. Kebaya khas Betawi adalah pakaian tradisional khas suku Betawi. Jika dibandingkan dengan kebaya khas Jogja, kebaya ini jauh lebih sederhana. Kebaya Betawi memiliki pesona yang sangat indah dan cocok dipadukan dengan bawahan modern.
  13. Kue semprong berbentuk tabung yang panjang dan kopong di tengahnya. Sekilas mirip seperti semprong yaitu alat bantu yang biasa dipakai untuk menghembuskan udara ke tungku. Kue semprong ini terasa gurih dan teksturnya crispy.
  14. Kaos bertuliskan I Love Jakarta pasti sangat bagus dijadikan untuk souvenir liburan dari Jakarta. Pilihan warnanya ada bermacam-macam. Pilihlah desain kaos yang paling sesuai dengan selera fashion Anda.
  15. Biji ketapang bukan biji dari buah ketapang ya. Biji ketapang ini merupakan sebutan dari kue yang terbuat dari campuran tepung terigu dan parutan kelapa. Adonan lantas dibentuk menyerupai biji ketapang, lalu digoreng hingga matang.
  16. Tape uli adalah tape yang dibuat dari ketan putih atau ketan hitam. Sama seperti tape lainnya, tape ini dibuat melalui proses fermentasi ketan menggunakan ragi. Tape uli memiliki rasa yang segar sedikit asam. Apalagi jika disajikan dalam kondisi dingin.
  17. Kerak telur tentunya menjadi masakan khas Betawi yang paling terkenal. Jajanan ini dibuat dari telur yang dicampur ketan dan bumbu khusus. Lalu dimasakan hingga benar-benar matang sampai membentuk kerak di bawahnya.
  18. Keripik buah yang dibuat dari aneka buah yang diiris tipis-tipis, lalu digoreng sampai renyah begitu dicari sebagai oleh-oleh dari Jakarta. Tidak hanya singkong dan kentang, ada pula keripik dari nangka, nanas, apel, salak, dan mangga.
  19. Telur gabus keju tergolong salah satu kue legendaris dari Betawi. Kue ini dibuat dari adonan tepung sagu, keju, telur, garam, dan mentega. Setelah itu, adonan ini dibuat menjadi bentuk bulat panjang lalu digoreng.
  20. Aneka miniatur dari patung-patung yang terdapat di Kota Jakarta juga dapat dijadikan sebagai souvenir yang sangat tepat. Patung-patung ini akan senantiasa mengingatkan Anda akan perjalanan liburan ke Jakarta yang sangat menyenangkan.